UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Ada kesepakatan luas bahwa Pengetahuan Pedagogis Konten Matematika (MPCK) telah menjadi salah satu sumber utama untuk mengajar matematika secara efektif. Penelitian kualitatif ini menyelidiki keberadaan MPCK guru sekolah dasar dalam praktik pengajaran matematika tentang rasio dan proporsi. Data dikumpulkan dari observasi pengajaran yang direkam video dari tiga guru sekolah dasar dengan tingkat Pengetahuan Konten Matematika (MCK) dan MPCK yang berbeda, sebagaimana ditentukan oleh tes kertas dan pensil. Sebuah instrumen observasi video yang mempertimbangkan kerangka faktor MPCK untuk pengajaran rasio dan proporsi digunakan untuk mengeksplorasi keberadaan MPCK dalam praktik pengajaran guru. Data dianalisis menggunakan pendekatan keseluruhan-ke-sebagian pada data berbasis video terhadap tiga komponen praktik pengajaran guru tentang rasio dan proporsi, yaitu fitur tingkat tugas, pengajaran strategi pemecahan masalah, dan pengetahuan tentang pemahaman konseptual siswa. Hasil menunjukkan bahwa semua komponen MPCK guru dapat diamati dalam praktik pengajaran secara tepat atau tidak tepat karena perbedaan tingkat MPCK guru (Baik, Sedang, dan Rendah). Semua faktor MPCK diaktifkan oleh guru yang baik dalam pengajarannya, yang secara tepat berbeda dari guru sedang dan rendah. Guru sedang membutuhkan lebih banyak kesempatan untuk mempelajari fitur tingkat tugas rasio dan proporsi. Bukti ini membuka peluang untuk merancang jalur pembelajaran bagi guru sekolah dasar in-service yang mempertimbangkan integrasi seimbang antara MPCK dan MCK.

Penelitian ini menunjukkan keberadaan MPCK dalam pengajaran matematika alami guru, dengan tiga bentuk transformasi langsung MPCK ke dalam praktik pengajaran berdasarkan tingkat pengetahuan guru (Baik, Sedang, dan Rendah).Guru yang baik mengaktifkan seluruh faktor MPCK secara tepat, sementara guru sedang membutuhkan lebih banyak kesempatan untuk memahami fitur tingkat tugas dan strategi pemecahan masalah rasio dan proporsi.Guru rendah perlu menghubungkan dan meningkatkan MCK serta MPCK-nya terkait konten rasio dan proporsi, menekankan pentingnya integrasi seimbang antara pengetahuan konten dan pedagogi dalam pendidikan guru matematika.

Penelitian lanjutan dapat mempertanyakan bagaimana pelatihan berbasis jalur pembelajaran dapat dirancang untuk membantu guru sekolah dasar yang memiliki tingkat MPCK rendah atau sedang mengembangkan kemampuan mengenali dan merespons kesalahpahaman siswa dalam topik rasio dan proporsi, terutama ketika mereka mengandalkan hafalan rumus alih-alih pemahaman konseptual. Selain itu, studi baru bisa mengeksplorasi bagaimana penggunaan video reflektif oleh guru sendiri—dengan bimbingan mentor—dapat meningkatkan kesadaran mereka terhadap praktik pengajaran yang tidak efektif, seperti memberikan tugas yang tidak mendorong pemikiran produktif siswa. Terakhir, penelitian ini juga bisa menguji apakah integrasi simulasi pengajaran berbasis kasus dalam program pengembangan profesional guru, yang meniru interaksi nyata antara guru dan siswa dalam masalah rasio dan proporsi, dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan guru untuk menghubungkan pengetahuan konten matematika dengan strategi pedagogis yang sesuai, sehingga mengurangi ketergantungan pada buku teks dan memperkuat respons terhadap kebutuhan belajar individu siswa.

File size680.21 KB
Pages18
DMCAReportReport

ads-block-test