UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPeluang untuk belajar (OTL) merupakan salah satu aspek penting dalam mencapai tujuan proses pembelajaran. Terdapat tiga dimensi OTL yang disebutkan dalam literatur dan digunakan sebagai kerangka dalam artikel ini: waktu instruksional (IT), konten yang diajarkan selama instruksi (CC), dan kualitas instruksi (QI). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kesenjangan kemampuan matematika antara siswa madrasah dan non-madrasah di Indonesia serta kontribusi ketiga aspek OTL terhadap skor matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei silang dengan instrumen laporan diri. Data diperoleh dari survei peserta Seleksi Nasional Siswa Baru untuk Madrasah Aliyah Negeri (MAN-IC) tahun 2021, yang melibatkan 8.258 peserta, terdiri dari 4.842 siswa madrasah dan 3.416 siswa non-madrasah. Data dianalisis menggunakan pemodelan persamaan struktural tingkat ganda (SEM). Hasil menunjukkan bahwa (a) terdapat kesenjangan skor kemampuan matematika antara siswa madrasah dan non-madrasah sebesar -27, dengan rata-rata skor siswa madrasah lebih rendah daripada siswa non-madrasah, dan (b) waktu yang diinvestasikan dalam pembelajaran secara signifikan memengaruhi terjadinya kesenjangan skor kemampuan matematika, sedangkan cakupan materi dan kualitas pembelajaran tidak berpengaruh terhadap kesenjangan tersebut. Temuan ini menyarankan pentingnya Kementerian Agama mempertimbangkan penambahan durasi pelajaran matematika di madrasah sambil merestrukturisasi alokasi pelajaran Islam.
Terdapat kesenjangan kemampuan matematika antara siswa madrasah dan non-madrasah di Indonesia, yang secara signifikan dipengaruhi oleh waktu belajar matematika yang lebih singkat di madrasah (dimensi IT dalam OTL).Cakupan materi (CC) dan kualitas pengajaran (QI) tidak berkontribusi terhadap kesenjangan ini, kemungkinan besar karena dampak pembelajaran daring selama pandemi yang mengurangi efektivitas kedua dimensi tersebut.Untuk mendapatkan hasil yang lebih stabil, diperlukan penelitian lanjutan dalam kondisi normal (pasca-pandemi) yang mengkaji ketiga dimensi OTL secara lebih mendalam.
Penelitian lanjutan dapat menggali bagaimana peningkatan durasi pelajaran matematika di madrasah secara sistematis memengaruhi pencapaian akademik siswa, terutama jika dikombinasikan dengan pelatihan guru dalam metode pembelajaran aktif yang berfokus pada pemahaman konsep, bukan hafalan. Selain itu, penting untuk meneliti peran teknologi pendidikan dalam meningkatkan kualitas interaksi belajar matematika di madrasah pasca-pandemi, misalnya melalui platform digital yang dirancang khusus untuk memfasilitasi diskusi, umpan balik, dan penyelesaian soal kolaboratif secara efektif. Terakhir, perlu dikaji sejauh mana penyesuaian kurikulum madrasah—dengan mengurangi beban pelajaran Islam yang berlebihan—dapat menciptakan ruang yang lebih seimbang untuk pengembangan literasi matematika tanpa mengorbankan identitas keislaman sekolah, sehingga siswa tidak lagi mengalami kelebihan beban dan dapat belajar matematika secara mendalam.
- Please sign in. please sign czasopisma.marszalek.com.pl/pl/10-15804/tner/3004-tner2018313Please sign in please sign czasopisma marszalek pl pl 10 15804 tner 3004 tner2018313
- Learning outcome of mathematics and science: Features of Indonesian madrasah students | Jurnal Penelitian... journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/24881Learning outcome of mathematics and science Features of Indonesian madrasah students Jurnal Penelitian journal uny ac index php jpep article view 24881
- Implementation of online education during the global Covid-19 pandemic: Prospects and challenges | Jurnal... journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/42646Implementation of online education during the global Covid 19 pandemic Prospects and challenges Jurnal journal uny ac index php cp article view 42646
| File size | 526.45 KB |
| Pages | 14 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Temuan utama menunjukkan hubungan positif signifikan antara kolaborasi industri-universitas, penerapan program sertifikasi profesional, dan keterlibatanTemuan utama menunjukkan hubungan positif signifikan antara kolaborasi industri-universitas, penerapan program sertifikasi profesional, dan keterlibatan
UNYUNY Makna inklusi, pendidikan jasmani inklusif, dan pengajaran inklusif menjadi landasan yang membantu guru mengatasi tantangan dan melaksanakan praktik yangMakna inklusi, pendidikan jasmani inklusif, dan pengajaran inklusif menjadi landasan yang membantu guru mengatasi tantangan dan melaksanakan praktik yang
UNYUNY Data dikumpulkan menggunakan tes keterampilan hidup dan kuesioner skala sikap; validitas instrumen diuji dengan formula Lawshe dan reliabilitas denganData dikumpulkan menggunakan tes keterampilan hidup dan kuesioner skala sikap; validitas instrumen diuji dengan formula Lawshe dan reliabilitas dengan
UNYUNY Pemahaman terhadap aspek prosedur penyelidikan dapat memengaruhi hasil mengalami peningkatan terendah karena aspek ini tidak muncul secara eksplisit selamaPemahaman terhadap aspek prosedur penyelidikan dapat memengaruhi hasil mengalami peningkatan terendah karena aspek ini tidak muncul secara eksplisit selama
Useful /
UNYUNY Rata-rata yang dikumpulkan melalui survei dianalisis menggunakan metode statistik inferensial. Mahasiswa di kelompok eksperimen menggunakan rencana pelajaranRata-rata yang dikumpulkan melalui survei dianalisis menggunakan metode statistik inferensial. Mahasiswa di kelompok eksperimen menggunakan rencana pelajaran
UNYUNY Perkembangan ini dapat dicapai secara efektif melalui proses pembelajaran yang tepat di taman kanak-kanak. Penelitian ini bertujuan mengungkap pendekatanPerkembangan ini dapat dicapai secara efektif melalui proses pembelajaran yang tepat di taman kanak-kanak. Penelitian ini bertujuan mengungkap pendekatan
UNYUNY Penelitian menghasilkan kompetensi dasar Pendidikan Ideologi Pancasila untuk jenjang SD (kelas 1–6) yang disusun melalui pendekatan sosiokultural danPenelitian menghasilkan kompetensi dasar Pendidikan Ideologi Pancasila untuk jenjang SD (kelas 1–6) yang disusun melalui pendekatan sosiokultural dan
UNYUNY Temuan ini menegaskan relevansi konsep resiliensi, lingkungan keluarga, dan regulasi diri dalam memprediksi hasil belajar serta mendorong perluasan penelitianTemuan ini menegaskan relevansi konsep resiliensi, lingkungan keluarga, dan regulasi diri dalam memprediksi hasil belajar serta mendorong perluasan penelitian