UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPeluang untuk belajar (OTL) merupakan salah satu aspek penting dalam mencapai tujuan proses pembelajaran. Terdapat tiga dimensi OTL yang disebutkan dalam literatur dan digunakan sebagai kerangka dalam artikel ini: waktu instruksional (IT), konten yang diajarkan selama instruksi (CC), dan kualitas instruksi (QI). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kesenjangan kemampuan matematika antara siswa madrasah dan non-madrasah di Indonesia serta kontribusi ketiga aspek OTL terhadap skor matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei silang dengan instrumen laporan diri. Data diperoleh dari survei peserta Seleksi Nasional Siswa Baru untuk Madrasah Aliyah Negeri (MAN-IC) tahun 2021, yang melibatkan 8.258 peserta, terdiri dari 4.842 siswa madrasah dan 3.416 siswa non-madrasah. Data dianalisis menggunakan pemodelan persamaan struktural tingkat ganda (SEM). Hasil menunjukkan bahwa (a) terdapat kesenjangan skor kemampuan matematika antara siswa madrasah dan non-madrasah sebesar -27, dengan rata-rata skor siswa madrasah lebih rendah daripada siswa non-madrasah, dan (b) waktu yang diinvestasikan dalam pembelajaran secara signifikan memengaruhi terjadinya kesenjangan skor kemampuan matematika, sedangkan cakupan materi dan kualitas pembelajaran tidak berpengaruh terhadap kesenjangan tersebut. Temuan ini menyarankan pentingnya Kementerian Agama mempertimbangkan penambahan durasi pelajaran matematika di madrasah sambil merestrukturisasi alokasi pelajaran Islam.
Terdapat kesenjangan kemampuan matematika antara siswa madrasah dan non-madrasah di Indonesia, yang secara signifikan dipengaruhi oleh waktu belajar matematika yang lebih singkat di madrasah (dimensi IT dalam OTL).Cakupan materi (CC) dan kualitas pengajaran (QI) tidak berkontribusi terhadap kesenjangan ini, kemungkinan besar karena dampak pembelajaran daring selama pandemi yang mengurangi efektivitas kedua dimensi tersebut.Untuk mendapatkan hasil yang lebih stabil, diperlukan penelitian lanjutan dalam kondisi normal (pasca-pandemi) yang mengkaji ketiga dimensi OTL secara lebih mendalam.
Penelitian lanjutan dapat menggali bagaimana peningkatan durasi pelajaran matematika di madrasah secara sistematis memengaruhi pencapaian akademik siswa, terutama jika dikombinasikan dengan pelatihan guru dalam metode pembelajaran aktif yang berfokus pada pemahaman konsep, bukan hafalan. Selain itu, penting untuk meneliti peran teknologi pendidikan dalam meningkatkan kualitas interaksi belajar matematika di madrasah pasca-pandemi, misalnya melalui platform digital yang dirancang khusus untuk memfasilitasi diskusi, umpan balik, dan penyelesaian soal kolaboratif secara efektif. Terakhir, perlu dikaji sejauh mana penyesuaian kurikulum madrasah—dengan mengurangi beban pelajaran Islam yang berlebihan—dapat menciptakan ruang yang lebih seimbang untuk pengembangan literasi matematika tanpa mengorbankan identitas keislaman sekolah, sehingga siswa tidak lagi mengalami kelebihan beban dan dapat belajar matematika secara mendalam.
- Please sign in. please sign czasopisma.marszalek.com.pl/pl/10-15804/tner/3004-tner2018313Please sign in please sign czasopisma marszalek pl pl 10 15804 tner 3004 tner2018313
- Learning outcome of mathematics and science: Features of Indonesian madrasah students | Jurnal Penelitian... journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/24881Learning outcome of mathematics and science Features of Indonesian madrasah students Jurnal Penelitian journal uny ac index php jpep article view 24881
- Implementation of online education during the global Covid-19 pandemic: Prospects and challenges | Jurnal... journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/42646Implementation of online education during the global Covid 19 pandemic Prospects and challenges Jurnal journal uny ac index php cp article view 42646
| File size | 526.45 KB |
| Pages | 14 |
| Short Link | https://juris.id/p-6w |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY 3)/, serta pengaruh negatif bahasa ibu yang tidak membedakan bunyi alveolar dan alveopalatal secara ketat. Di Vietnam, terutama di Hanoi, bunyi-bunyi seperti3)/, serta pengaruh negatif bahasa ibu yang tidak membedakan bunyi alveolar dan alveopalatal secara ketat. Di Vietnam, terutama di Hanoi, bunyi-bunyi seperti
UNYUNY pertama, anak yang bermain dengan media permainan literat menunjukkan kemampuan membaca dan menulis awal yang lebih tinggi dibandingkan yang menggunakanpertama, anak yang bermain dengan media permainan literat menunjukkan kemampuan membaca dan menulis awal yang lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan
UNYUNY Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggul dalam akurasi tetapi kurang efisien secara komputasi. Pendekatan deep learning lebihPenelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggul dalam akurasi tetapi kurang efisien secara komputasi. Pendekatan deep learning lebih
UNYUNY Permainan daring semakin populer di kalangan remaja maupun orang dewasa. Studi ini bertujuan untuk menilai dampak permainan daring terhadap kesejahteraanPermainan daring semakin populer di kalangan remaja maupun orang dewasa. Studi ini bertujuan untuk menilai dampak permainan daring terhadap kesejahteraan
UNYUNY Persepsi keamanan kerja guru sekolah swasta berada di bawah tingkat sedang. Pandangan guru tentang iklim sekolah umumnya pada tingkat sedang, dengan perilakuPersepsi keamanan kerja guru sekolah swasta berada di bawah tingkat sedang. Pandangan guru tentang iklim sekolah umumnya pada tingkat sedang, dengan perilaku
UNYUNY Peningkatan tersebut terlihat pada dimensi konseptual, prosedural, dan afektif, di mana kelompok eksperimen menunjukkan retensi materi yang lebih tinggiPeningkatan tersebut terlihat pada dimensi konseptual, prosedural, dan afektif, di mana kelompok eksperimen menunjukkan retensi materi yang lebih tinggi
UNYUNY Artikel ini juga menilai upaya dan dukungan yang diberikan oleh mitra Barat dalam meningkatkan pendidikan di Ethiopia. Sistem pendidikan tradisional EthiopiaArtikel ini juga menilai upaya dan dukungan yang diberikan oleh mitra Barat dalam meningkatkan pendidikan di Ethiopia. Sistem pendidikan tradisional Ethiopia
UNYUNY Pemahaman bacaan merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai. Keterampilan ini membantu individu dalam memahami konteks dan pesan melalui membaca.Pemahaman bacaan merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai. Keterampilan ini membantu individu dalam memahami konteks dan pesan melalui membaca.
Useful /
UNYUNY Temuan ini menunjukkan perlunya universitas meningkatkan aksesibilitas materi pembelajaran digital, menyediakan lingkungan ujian yang adil dan sesuai,Temuan ini menunjukkan perlunya universitas meningkatkan aksesibilitas materi pembelajaran digital, menyediakan lingkungan ujian yang adil dan sesuai,
UNYUNY Metode yang digunakan meliputi pulping, bleaching, dan pembuatan lembaran kertas, kemudian dibandingkan dengan kertas komersial. Hasilnya menunjukkan bahwaMetode yang digunakan meliputi pulping, bleaching, dan pembuatan lembaran kertas, kemudian dibandingkan dengan kertas komersial. Hasilnya menunjukkan bahwa
UNYUNY Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari 5 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikanInstrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari 5 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
UNYUNY Pemahaman terhadap aspek penjelasan dikembangkan dari kombinasi data yang dikumpulkan dan pengetahuan yang sudah ada serta ilmuwan yang melakukan prosedurPemahaman terhadap aspek penjelasan dikembangkan dari kombinasi data yang dikumpulkan dan pengetahuan yang sudah ada serta ilmuwan yang melakukan prosedur