STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Pertumbuhan pentingnya Building Information Modeling (BIM) dalam industri arsitektur, teknik, dan konstruksi menekankan perlunya integrasinya ke dalam pendidikan vokasi. Penelitian ini mengevaluasi program Design Modeling dan Building Information di SMK Negeri 1 Bengkalis dengan menelaah tiga aspek, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, data dikumpulkan dari guru dan siswa melalui survei, observasi, serta analisis dokumen. Hasil menunjukkan aspek perencanaan memperoleh skor rata‑rata 88,8 % (Baik) dengan kekuatan pada perencanaan pelajaran dan struktur kurikulum; aspek pelaksanaan memperoleh skor 82 % (Baik) namun masih memerlukan peningkatan keterlibatan siswa dan pemanfaatan teknologi; aspek penilaian memperoleh skor 85 % (Sangat Baik) namun masih terdapat ruang untuk pengembangan lebih lanjut. Kesimpulannya, program pembelajaran secara umum telah diterapkan dengan baik, namun diperlukan peningkatan dalam integrasi alat digital, penguatan relevansi industri, serta promosi pembelajaran berpusat pada siswa.
Implementasi program Design Modeling dan Building Information di SMK Negeri 1 Bengkalis secara umum efektif pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian, dengan perencanaan yang terstruktur baik dan penilaian yang menunjukkan pencapaian kompetensi siswa.Namun, pelaksanaan masih menghadapi kendala dalam keterlibatan siswa serta integrasi teknologi digital.Oleh karena itu, diperlukan peningkatan integrasi alat digital dan strategi pembelajaran berbasis industri untuk menyelaraskan program dengan tuntutan evolusi sektor AEC.
Penelitian selanjutnya dapat menyelidiki sejauh mana penggunaan perangkat lunak BIM tingkat lanjut mempengaruhi peningkatan kompetensi teknis siswa di sekolah vokasi, dengan membandingkan kelompok yang diberi akses penuh terhadap alat tersebut versus kelompok kontrol. Selanjutnya, diperlukan kajian mengenai efektivitas model pembelajaran blended yang menggabungkan kuliah tatap muka, pembelajaran berbasis proyek, serta teknologi augmented reality atau virtual reality dalam memperkuat pemahaman konseptual BIM. Selain itu, penelitian longitudinal dapat menelusuri dampak kurikulum berbasis BIM terhadap keberlanjutan karir lulusan, mengukur tingkat penempatan kerja, kepuasan industri, dan kesesuaian kompetensi yang dimiliki oleh alumni dalam konteks proyek konstruksi nyata. Metode campuran kuantitatif‑kualitatif, meliputi survei, observasi kelas, wawancara dengan pemangku kepentingan industri, serta analisis portofolio proyek siswa, akan memberikan gambaran komprehensif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan dasar empiris bagi kebijakan pendidikan vokasi yang lebih responsif terhadap kebutuhan digitalisasi industri AEC. Dengan demikian, integrasi teknologi BIM, pendekatan pembelajaran inovatif, dan evaluasi hasil jangka panjang dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kualitas lulusan.
- Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1165/1/012024Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human iopscience iop article 10 1088 1742 6596 1165 1 012024
- Technical education teachers' perception of higher-order thinking skills and their ability to implement... journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/54335Technical education teachers perception of higher order thinking skills and their ability to implement journal uny ac index php jpv article view 54335
- [2102.01631] Supporting Real Demands in Software Engineering with a Four Steps Project-Based Learning... doi.org/10.48550/arXiv.2102.016312102 01631 Supporting Real Demands in Software Engineering with a Four Steps Project Based Learning doi 10 48550 arXiv 2102 01631
- Investigating Building Information Modelling (BIM) Adoption in Vocational High School Learning | Atlantis... doi.org/10.2991/978-2-38476-198-2_155Investigating Building Information Modelling BIM Adoption in Vocational High School Learning Atlantis doi 10 2991 978 2 38476 198 2 155
- [1712.06034] Study on the Best Uses of Technology in Support of Project-Based Learning. study best uses... arxiv.org/abs/1712.060341712 06034 Study on the Best Uses of Technology in Support of Project Based Learning study best uses arxiv abs 1712 06034
| File size | 247.75 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kinerja guru memainkan peran penting dalam menentukan kualitas pendidikan. Namun, banyak sekolah masih menghadapi tantangan terkait produktivitas guruKinerja guru memainkan peran penting dalam menentukan kualitas pendidikan. Namun, banyak sekolah masih menghadapi tantangan terkait produktivitas guru
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kesimpulannya, kedua media tersebut efektif dalam meningkatkan keterampilan menendang, meskipun tidak ada metode yang terbukti lebih unggul. Temuan penelitianKesimpulannya, kedua media tersebut efektif dalam meningkatkan keterampilan menendang, meskipun tidak ada metode yang terbukti lebih unggul. Temuan penelitian
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Umpan balik dari pemberi kerja menunjukkan kepuasan moderat terhadap kesiapan lulusan, khususnya dalam inovasi, literasi digital, dan keterampilan kolaboratif.Umpan balik dari pemberi kerja menunjukkan kepuasan moderat terhadap kesiapan lulusan, khususnya dalam inovasi, literasi digital, dan keterampilan kolaboratif.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini secara sistematis mengkaji implementasi teknologi Augmented Reality (AR) dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan selama periodePenelitian ini secara sistematis mengkaji implementasi teknologi Augmented Reality (AR) dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan selama periode
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Strategi yang dikembangkan meliputi optimalisasi rotasi praktik, penguatan pembelajaran berbasis proyek, serta peningkatan kemitraan industri. PenelitianStrategi yang dikembangkan meliputi optimalisasi rotasi praktik, penguatan pembelajaran berbasis proyek, serta peningkatan kemitraan industri. Penelitian
UNYUNY Sebanyak 463 mahasiswa berpartisipasi dalam eksperimen. Pada tahap awal, penelitian menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh penulis untuk mengumpulkanSebanyak 463 mahasiswa berpartisipasi dalam eksperimen. Pada tahap awal, penelitian menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh penulis untuk mengumpulkan
UNYUNY Peserta terdiri dari 53 mahasiswa tahun pertama dari Departemen Kimia di sebuah universitas negeri di Kota Malang. Pemahaman mahasiswa tentang penyelidikanPeserta terdiri dari 53 mahasiswa tahun pertama dari Departemen Kimia di sebuah universitas negeri di Kota Malang. Pemahaman mahasiswa tentang penyelidikan
UNYUNY Hasil penelitian menemukan beberapa nilai karakter dan filosofis dalam naskah tersebut, yaitu: 1) nilai spiritual, termasuk laku prihatin, nglaras ati,Hasil penelitian menemukan beberapa nilai karakter dan filosofis dalam naskah tersebut, yaitu: 1) nilai spiritual, termasuk laku prihatin, nglaras ati,