STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Pertumbuhan pentingnya Building Information Modeling (BIM) dalam industri arsitektur, teknik, dan konstruksi menekankan perlunya integrasinya ke dalam pendidikan vokasi. Penelitian ini mengevaluasi program Design Modeling dan Building Information di SMK Negeri 1 Bengkalis dengan menelaah tiga aspek, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, data dikumpulkan dari guru dan siswa melalui survei, observasi, serta analisis dokumen. Hasil menunjukkan aspek perencanaan memperoleh skor rata‑rata 88,8 % (Baik) dengan kekuatan pada perencanaan pelajaran dan struktur kurikulum; aspek pelaksanaan memperoleh skor 82 % (Baik) namun masih memerlukan peningkatan keterlibatan siswa dan pemanfaatan teknologi; aspek penilaian memperoleh skor 85 % (Sangat Baik) namun masih terdapat ruang untuk pengembangan lebih lanjut. Kesimpulannya, program pembelajaran secara umum telah diterapkan dengan baik, namun diperlukan peningkatan dalam integrasi alat digital, penguatan relevansi industri, serta promosi pembelajaran berpusat pada siswa.
Implementasi program Design Modeling dan Building Information di SMK Negeri 1 Bengkalis secara umum efektif pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian, dengan perencanaan yang terstruktur baik dan penilaian yang menunjukkan pencapaian kompetensi siswa.Namun, pelaksanaan masih menghadapi kendala dalam keterlibatan siswa serta integrasi teknologi digital.Oleh karena itu, diperlukan peningkatan integrasi alat digital dan strategi pembelajaran berbasis industri untuk menyelaraskan program dengan tuntutan evolusi sektor AEC.
Penelitian selanjutnya dapat menyelidiki sejauh mana penggunaan perangkat lunak BIM tingkat lanjut mempengaruhi peningkatan kompetensi teknis siswa di sekolah vokasi, dengan membandingkan kelompok yang diberi akses penuh terhadap alat tersebut versus kelompok kontrol. Selanjutnya, diperlukan kajian mengenai efektivitas model pembelajaran blended yang menggabungkan kuliah tatap muka, pembelajaran berbasis proyek, serta teknologi augmented reality atau virtual reality dalam memperkuat pemahaman konseptual BIM. Selain itu, penelitian longitudinal dapat menelusuri dampak kurikulum berbasis BIM terhadap keberlanjutan karir lulusan, mengukur tingkat penempatan kerja, kepuasan industri, dan kesesuaian kompetensi yang dimiliki oleh alumni dalam konteks proyek konstruksi nyata. Metode campuran kuantitatif‑kualitatif, meliputi survei, observasi kelas, wawancara dengan pemangku kepentingan industri, serta analisis portofolio proyek siswa, akan memberikan gambaran komprehensif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan dasar empiris bagi kebijakan pendidikan vokasi yang lebih responsif terhadap kebutuhan digitalisasi industri AEC. Dengan demikian, integrasi teknologi BIM, pendekatan pembelajaran inovatif, dan evaluasi hasil jangka panjang dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kualitas lulusan.
- Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1165/1/012024Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human iopscience iop article 10 1088 1742 6596 1165 1 012024
- Technical education teachers' perception of higher-order thinking skills and their ability to implement... journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/54335Technical education teachers perception of higher order thinking skills and their ability to implement journal uny ac index php jpv article view 54335
- [2102.01631] Supporting Real Demands in Software Engineering with a Four Steps Project-Based Learning... doi.org/10.48550/arXiv.2102.016312102 01631 Supporting Real Demands in Software Engineering with a Four Steps Project Based Learning doi 10 48550 arXiv 2102 01631
- Investigating Building Information Modelling (BIM) Adoption in Vocational High School Learning | Atlantis... doi.org/10.2991/978-2-38476-198-2_155Investigating Building Information Modelling BIM Adoption in Vocational High School Learning Atlantis doi 10 2991 978 2 38476 198 2 155
- [1712.06034] Study on the Best Uses of Technology in Support of Project-Based Learning. study best uses... arxiv.org/abs/1712.060341712 06034 Study on the Best Uses of Technology in Support of Project Based Learning study best uses arxiv abs 1712 06034
| File size | 247.75 KB |
| Pages | 7 |
| Short Link | https://juris.id/p-6E |
| DMCA | Report |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Data dikumpulkan melalui tes, observasi aktivitas, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil menunjukkan peningkatanData dikumpulkan melalui tes, observasi aktivitas, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil menunjukkan peningkatan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Rendahnya tingkat keterlibatan dan prestasi siswa pada model pembelajaran inovatif di bidang ekonomi vokasional menjadi latar belakang penelitian ini.Rendahnya tingkat keterlibatan dan prestasi siswa pada model pembelajaran inovatif di bidang ekonomi vokasional menjadi latar belakang penelitian ini.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Keberhasilan pendidikan vokasi dalam bidang kuliner sangat bergantung pada tersedianya fasilitas praktik yang memadai, khususnya infrastruktur laboratorium.Keberhasilan pendidikan vokasi dalam bidang kuliner sangat bergantung pada tersedianya fasilitas praktik yang memadai, khususnya infrastruktur laboratorium.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini menyediakan kerangka konseptual komprehensif untuk implementasi AR dalam pendidikan kejuruan serta rekomendasi untuk penelitian dan implikasiPenelitian ini menyediakan kerangka konseptual komprehensif untuk implementasi AR dalam pendidikan kejuruan serta rekomendasi untuk penelitian dan implikasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG 0 telah menimbulkan kesenjangan keterampilan yang signifikan antara kompetensi lulusan dan kebutuhan industri, sehingga menuntut pendekatan inovatif dalam0 telah menimbulkan kesenjangan keterampilan yang signifikan antara kompetensi lulusan dan kebutuhan industri, sehingga menuntut pendekatan inovatif dalam
UNYUNY Keterampilan ini membantu individu dalam memahami konteks dan pesan melalui membaca. Bagi siswa dengan disabilitas belajar, menguasai keterampilan pemahamanKeterampilan ini membantu individu dalam memahami konteks dan pesan melalui membaca. Bagi siswa dengan disabilitas belajar, menguasai keterampilan pemahaman
UNYUNY Sebanyak 12 guru pendidikan jasmani berpartisipasi dalam wawancara mendalam serta wawancara foto‑elicitation. Transkrip verbatim diperoleh dari semuaSebanyak 12 guru pendidikan jasmani berpartisipasi dalam wawancara mendalam serta wawancara foto‑elicitation. Transkrip verbatim diperoleh dari semua
UNYUNY Konsep sangkan paraning dumadi mengajak manusia untuk selalu mengingat asal-usul dan tujuan akhir kehidupannya, sementara manunggaling kawula Gusti mendorongKonsep sangkan paraning dumadi mengajak manusia untuk selalu mengingat asal-usul dan tujuan akhir kehidupannya, sementara manunggaling kawula Gusti mendorong
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Karya ini memberikan contoh nyata tentang keberanian, kesungguhan pengorbanan, dan semangat perjuangan yang patut diteladani. Dalam konteks pembelajaranKarya ini memberikan contoh nyata tentang keberanian, kesungguhan pengorbanan, dan semangat perjuangan yang patut diteladani. Dalam konteks pembelajaran
UNYUNY Wawancara mengungkapkan bahwa TaRL memfasilitasi guru dalam membagi dan mengatur kelompok kelas secara lebih efektif berdasarkan kebutuhan dan kemampuanWawancara mengungkapkan bahwa TaRL memfasilitasi guru dalam membagi dan mengatur kelompok kelas secara lebih efektif berdasarkan kebutuhan dan kemampuan
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mataPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata
UNYUNY Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan divalidasi menggunakan teknik member checking dan peer debriefing. Analisis tematik mengungkapkan beberapaData dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan divalidasi menggunakan teknik member checking dan peer debriefing. Analisis tematik mengungkapkan beberapa