STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Di era transformasi digital pendidikan, meningkatkan kompetensi digital guru menjadi tantangan kritis. Penelitian ini menyelidiki efektivitas pelatihan Google Workspace for Education dalam meningkatkan kompetensi digital guru di SMA Negeri 11 Padang, sekolah yang sedang bersiap menjadi Google Reference School. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dengan melibatkan 40 guru sebagai responden melalui kuesioner terstruktur. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas dan linearitas, serta korelasi Pearson. Hasil menunjukkan korelasi positif kuat (r = 0,891, p < 0,001) antara pelatihan dan kompetensi digital guru, menunjukkan bahwa pelatihan secara signifikan meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan alat digital untuk mengajar, kolaborasi, dan manajemen kelas. Selain itu, konten pelatihan, metode, dan keterlibatan guru ditemukan memainkan peran krusial dalam membentuk hasil yang efektif. Temuan ini mendukung gagasan bahwa pelatihan yang terstruktur dan selaras secara pedagogis sangat penting untuk mempersiapkan pendidik dengan keterampilan digital yang relevan. Disimpulkan bahwa pelatihan Google Workspace berfungsi sebagai intervensi strategis yang efektif untuk meningkatkan kompetensi mengajar digital di pendidikan menengah.
Pelatihan Google Workspace for Education memiliki dampak signifikan dan positif terhadap peningkatan kompetensi digital guru di SMA Negeri 11 Padang.Korelasi kuat antara partisipasi dalam pelatihan dan peningkatan keterampilan digital menunjukkan bahwa pelatihan yang terstruktur, relevan, dan berorientasi praktik memainkan peran penting dalam mempersiapkan guru mengintegrasikan teknologi ke dalam praktik pengajaran.Peningkatan ini juga mendukung tujuan strategis sekolah untuk menjadi Google Reference School, membuktikan bahwa pengembangan profesional yang selaras dengan inisiatif digitalisasi institusional dapat menghasilkan transformasi yang bermakna dan berkelanjutan dalam lingkungan pendidikan.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji bagaimana pelatihan Google Workspace for Education memengaruhi perubahan perilaku mengajar guru dalam jangka panjang, misalnya dengan memantau integrasi alat-alat digital dalam rencana pelajaran selama satu tahun setelah pelatihan. Selain itu, penting untuk mengeksplorasi peran kepemimpinan sekolah dalam mendukung atau menghambat penerapan kompetensi digital yang telah diperoleh, dengan membandingkan sekolah yang memiliki kepala sekolah pro-digital versus yang tidak. Terakhir, penelitian bisa memperluas fokus dari satu sekolah ke jaringan sekolah lain yang juga sedang menuju status Google Reference School, untuk melihat apakah pola peningkatan kompetensi dan dampaknya terhadap transformasi digital konsisten di berbagai konteks sosial dan sumber daya, serta bagaimana faktor-faktor seperti akses internet atau dukungan teknis memengaruhi keberhasilan pelatihan di tingkat institusional.
- Teacher Training in Lifelong Learning—The Importance of Digital Competence in the Encouragement... doi.org/10.3390/su12072852Teacher Training in Lifelong LearningAiThe Importance of Digital Competence in the Encouragement doi 10 3390 su12072852
- Improving Digital Competency for Educators and Education Personnel Through Google Workspace for Education... ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/amalee/article/view/4019Improving Digital Competency for Educators and Education Personnel Through Google Workspace for Education ejournal insuriponorogo ac index php amalee article view 4019
- Integration of Technology to Learning-Teaching Processes and Google Workspace Tools: A Literature Review.... doi.org/10.3390/su13095018Integration of Technology to Learning Teaching Processes and Google Workspace Tools A Literature Review doi 10 3390 su13095018
- DEVELOPMENT OF DIGITAL COMPETENCE OF PEDAGOGICAL STAFF IN DISTANCE LEARNING BASED ON CLOUD SERVICES |... journal.iitta.gov.ua/index.php/itlt/article/view/4722DEVELOPMENT OF DIGITAL COMPETENCE OF PEDAGOGICAL STAFF IN DISTANCE LEARNING BASED ON CLOUD SERVICES journal iitta gov ua index php itlt article view 4722
| File size | 236.71 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini mengkaji efektivitas model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar pada mata pelajaranPenelitian ini mengkaji efektivitas model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini menyimpulkan bahwa program pembelajaran PJOK Fase C di Kecamatan Air Hangat Barat berjalan cukup baik, namun memerlukan perbaikan pada fasilitas,Penelitian ini menyimpulkan bahwa program pembelajaran PJOK Fase C di Kecamatan Air Hangat Barat berjalan cukup baik, namun memerlukan perbaikan pada fasilitas,
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kombinasi inovasi guru dan keterlibatan siswa menghasilkan pengalaman praktik yang bermakna, terbukti dari peningkatan nilai kompetensi.meskipun tantanganKombinasi inovasi guru dan keterlibatan siswa menghasilkan pengalaman praktik yang bermakna, terbukti dari peningkatan nilai kompetensi.meskipun tantangan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kedua kelompok menerima latihan khusus pada teknik menendang menggunakan sisi dalam kaki, diikuti dengan penilaian pre‑test dan post‑test untuk mengukurKedua kelompok menerima latihan khusus pada teknik menendang menggunakan sisi dalam kaki, diikuti dengan penilaian pre‑test dan post‑test untuk mengukur
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Karya ini menceritakan perjuangan masyarakat Aceh melawan kolonialisme Belanda dengan narasi emosional yang menggambarkan pengorbanan dan keberanian. SebagaiKarya ini menceritakan perjuangan masyarakat Aceh melawan kolonialisme Belanda dengan narasi emosional yang menggambarkan pengorbanan dan keberanian. Sebagai
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG = 0,000 < 0,05). Selain itu, perbedaan VO2max diamati antara pelatihan sirkuit dan fartlek pada kedua tingkat motivasi tinggi (Qcount = 22,23 > Qtable= 0,000 < 0,05). Selain itu, perbedaan VO2max diamati antara pelatihan sirkuit dan fartlek pada kedua tingkat motivasi tinggi (Qcount = 22,23 > Qtable
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Latihan dilaksanakan selama 12 sesi, dan VO₂Max diukur menggunakan Multistage Fitness Test (MFT). Hasil menunjukkan bahwa kelompok yang melakukan SKJLatihan dilaksanakan selama 12 sesi, dan VO₂Max diukur menggunakan Multistage Fitness Test (MFT). Hasil menunjukkan bahwa kelompok yang melakukan SKJ
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul pembelajaran karate adalah alat yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman danKesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul pembelajaran karate adalah alat yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman dan