STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) mengembangkan keterampilan fisik dan karakter siswa melalui olahraga seperti karate. Namun, siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari teknik dasar (Kihon, Kata, Kumite) dengan metode konvensional. Sebuah e-modul multimedia dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman, khususnya bagi siswa Generasi Z yang melek teknologi. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Padang dengan pengumpulan data melalui kuesioner, tes, dan observasi. E-modul mencakup video, gambar, dan audio untuk pembelajaran interaktif. Hasil menunjukkan bahwa e-modul PJOK pembelajaran karate berhasil dikembangkan dan diuji. E-modul mengintegrasikan elemen multimedia seperti gambar, video, dan audio untuk memfasilitasi pemahaman yang lebih baik tentang teknik dasar karate. Uji validitas menghasilkan skor tinggi dalam bahasa (91,67%), konten (95%), dan media (98,33%), sedangkan keandalan dikonfirmasi dengan nilai Cronbachs Alpha sebesar 0,638. Assessmen praktikalitas dari siswa dan guru sangat positif, berkisar antara 84,96% hingga 100%. Selain itu, e-modul terbukti sangat efektif, dengan skor efektivitas siswa antara 82,32%–85,26% dan evaluasi guru berkisar 92%–99%. Kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul pembelajaran karate adalah alat yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman dan kinerja siswa dalam karate. Pendekatan berbasis multimedia sesuai dengan preferensi belajar Generasi Z, sehingga menjadi sumber daya berharga bagi pendidikan PJOK modern.

Pengembangan e-modul PJOK pembelajaran karate untuk siswa SMA (Fase E) mengikuti model R&D berbasis ADDIE yang mencakup analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.E-modul ini mengintegrasikan elemen multimedia (gambar, video, dan audio) untuk mempermudah visualisasi teknik karate yang kompleks dan terbukti memiliki validitas tinggi dalam bahasa, konten, dan media, serta keandalan yang memadai.E-modul juga menunjukkan praktikalitas dan efektivitas yang tinggi, dengan peningkatan signifikan dalam pemahaman teknis siswa dan keterlibatan belajar, yang dikonfirmasi oleh evaluasi siswa dan guru dalam uji coba skala kecil dan besar.

Penelitian lanjutan dapat menguji sejauh mana e-modul ini dapat meningkatkan kemampuan motorik siswa secara kuantitatif dengan membandingkan hasil pretest dan posttest sebelum dan sesudah penggunaan e-modul, sehingga dapat mengukur peningkatan nyata dalam penguasaan teknik. Selain itu, perlu dikembangkan versi ringan dari e-modul yang dapat diakses tanpa koneksi internet, agar bisa digunakan di sekolah-sekolah terpencil yang memiliki keterbatasan infrastruktur teknologi, dan diuji efektivitasnya dalam kondisi nyata. Terakhir, penelitian bisa memperluas penggunaan e-modul ini ke cabang olahraga bela diri lain seperti taekwondo atau pencak silat, dengan menyesuaikan konten dan multimedia sesuai teknik masing-masing, untuk melihat apakah pendekatan yang sama dapat diterapkan secara luas dalam kurikulum PJOK nasional.

  1. STRATEGI PEMBELAJARAN, LOKASI SEKOLAH, DAN KEMAMPUAN GERAK DASAR SISWA SEKOLAH DASAR | Bakhtiar | Jurnal... journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/4608STRATEGI PEMBELAJARAN LOKASI SEKOLAH DAN KEMAMPUAN GERAK DASAR SISWA SEKOLAH DASAR Bakhtiar Jurnal journal um ac index php jip article view 4608
  2. Factors Affecting Organizational Performance: A Study on Four Factors: Motivation, Ability, Roles, and... doi.org/10.56943/jssh.v1i4.147Factors Affecting Organizational Performance A Study on Four Factors Motivation Ability Roles and doi 10 56943 jssh v1i4 147
  3. Frontiers | Using the ADDIE model to design and develop physical education lessons incorporated with... doi.org/10.3389/fpubh.2023.1201228Frontiers Using the ADDIE model to design and develop physical education lessons incorporated with doi 10 3389 fpubh 2023 1201228
  4. How do the STAD cooperative learning model, conventional methods, and student confidence affect football... doi.org/10.29210/1118200How do the STAD cooperative learning model conventional methods and student confidence affect football doi 10 29210 1118200
File size690.9 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test