STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Studi ini bertujuan untuk mengexam dampak media video terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas III dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Negeri 34 Simpang Haru. Didorong oleh rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa serta penggunaan media interaktif yang terbatas, penelitian quasi-eksperimen ini menggunakan desain Posttest-Only Control Group yang melibatkan 52 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (media video) dan kelompok kontrol (media PowerPoint). Data dikumpulkan menggunakan kuesioner motivasi dan tes objektif, kemudian dianalisis menggunakan uji-t dan Two-Way ANOVA. Hasil menunjukkan bahwa media video secara signifikan meningkatkan motivasi (p = 0,000) dan hasil belajar (p = 0,002) pada kelompok eksperimen. Selain itu, terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok dalam hal motivasi (p = 0,000) dan hasil belajar (p = 0,020). Efek interaksi melalui Two-Way ANOVA juga menunjukkan pengaruh signifikan antara jenis media dan kelompok kelas terhadap motivasi (F = 618,221; η² = 0,925) dan hasil belajar (F = 5,809; η² = 0,104). Temuan ini menunjukkan bahwa media video merupakan alat yang efektif untuk meningkatkan pembelajaran, terutama jika disesuaikan dengan kondisi kelas.
Penggunaan media video dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) memberikan dampak positif yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri 34 Simpang Haru.Siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui media video menunjukkan peningkatan yang lebih besar dibandingkan siswa yang diajar dengan PowerPoint konvensional.Efektivitas media video dipengaruhi oleh kondisi kelas, menunjukkan adanya interaksi antara jenis media dan karakteristik kelompok belajar, sehingga media ini berpotensi sebagai alat pengajaran yang interaktif untuk meningkatkan aspek kognitif dan afektif dalam pendidikan dasar.
Penelitian selanjutnya dapat menguji apakah penggunaan media video yang dikombinasikan dengan elemen permainan (gamifikasi) dapat memperkuat motivasi dan hasil belajar siswa sekolah dasar dalam jangka panjang, karena saat ini hanya diukur dalam satu siklus pembelajaran. Selain itu, perlu diteliti bagaimana perbedaan karakteristik siswa—seperti gaya belajar visual, auditori, atau kinestetik—memengaruhi efektivitas media video, agar pembelajaran bisa lebih dipersonalisasi sesuai kebutuhan individu. Terakhir, studi lanjutan bisa membandingkan dampak media video dengan media interaktif lain seperti augmented reality atau simulasi digital, untuk mengetahui mana yang paling sesuai dalam konteks kelas nyata di sekolah dasar Indonesia, terutama di daerah dengan keterbatasan teknologi, sehingga tidak hanya menilai efektivitas, tetapi juga kelayakan penerapannya secara praktis dan berkelanjutan.
- Revolution in Learning Moral Beliefs: Development of Interactive Video Media to Improve Student Motivation... doi.org/10.61987/educazione.v2i1.545Revolution in Learning Moral Beliefs Development of Interactive Video Media to Improve Student Motivation doi 10 61987 educazione v2i1 545
- The Effectiveness of Multimedia-Based Learning To Accelerate Learning After The Pandemic At The Basic... doi.org/10.31538/tijie.v4i1.311The Effectiveness of Multimedia Based Learning To Accelerate Learning After The Pandemic At The Basic doi 10 31538 tijie v4i1 311
| File size | 242.45 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memberikan pengawasan dan memasukkan sumber belajar alternatif untuk mendukung siswa dalam mengembangkan keterampilanOleh karena itu, penting bagi guru untuk memberikan pengawasan dan memasukkan sumber belajar alternatif untuk mendukung siswa dalam mengembangkan keterampilan
ETDCIETDCI Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data ialah siswa kelas VIII MTs Al-Ihsan Labuhan Maringgai yang berjumlah 36Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data ialah siswa kelas VIII MTs Al-Ihsan Labuhan Maringgai yang berjumlah 36
ETDCIETDCI Populasi yaitu seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Palopo yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang diambil adalah satu kelas yang dipilih secara acak.Populasi yaitu seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Palopo yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang diambil adalah satu kelas yang dipilih secara acak.
ETDCIETDCI Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan wawancara. Bentuk instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara yang sudah diuji validitasnya. PengujianTeknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan wawancara. Bentuk instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara yang sudah diuji validitasnya. Pengujian
Useful /
PNBPNB Berdasarkan hasil analisis matriks IFAS, kekuatan utama terletak pada hubungan baik dengan seluruh mitra, media, influencer, tamu, dan masyarakat, sedangkanBerdasarkan hasil analisis matriks IFAS, kekuatan utama terletak pada hubungan baik dengan seluruh mitra, media, influencer, tamu, dan masyarakat, sedangkan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Karya ini menceritakan perjuangan masyarakat Aceh melawan kolonialisme Belanda dengan narasi emosional yang menggambarkan pengorbanan dan keberanian. SebagaiKarya ini menceritakan perjuangan masyarakat Aceh melawan kolonialisme Belanda dengan narasi emosional yang menggambarkan pengorbanan dan keberanian. Sebagai
ETDCIETDCI Terdapat pengaruh signifikan dari kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Penelitian ini memiliki keterbatasan karenaTerdapat pengaruh signifikan dari kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Penelitian ini memiliki keterbatasan karena
ETDCIETDCI Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa angkatan pertama tersebut memiliki miskonsepsi tergolong tinggi berdasarkan hasil identifikasi menggunakanBerdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa angkatan pertama tersebut memiliki miskonsepsi tergolong tinggi berdasarkan hasil identifikasi menggunakan