STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi tingkat kebugaran fisik yang rendah, khususnya VO₂Max, di kalangan siswi SMP yang berdampak pada kesehatan dan performa fisik mereka secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh program latihan aerobik poco-poco dan SKJ 2021, serta pengaruh motivasi latihan, terhadap peningkatan VO₂Max pada siswi SMP Negeri 6 Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen berdesain faktorial 2x2. Sebanyak 24 siswi dipilih melalui teknik total sampling dan dibagi menjadi empat kelompok perlakuan. Latihan dilaksanakan selama 12 sesi, dan VO₂Max diukur menggunakan Multistage Fitness Test (MFT). Hasil menunjukkan bahwa kelompok yang melakukan SKJ 2021 dengan motivasi tinggi (A2B1) mencapai skor VO₂Max posttest rata-rata tertinggi sebesar 41,2 ml/kg/min, sedangkan kelompok poco-poco dengan motivasi rendah (A1B2) memiliki skor terendah sebesar 35,6 ml/kg/min. Analisis ANOVA dua arah menunjukkan pengaruh signifikan baik dari jenis latihan maupun tingkat motivasi terhadap VO₂Max (p < 0,05). Interaksi antara latihan dan motivasi juga secara statistik signifikan. Temuan ini menyimpulkan bahwa kombinasi latihan aerobik terstruktur dan motivasi tinggi secara signifikan meningkatkan daya tahan kardiovaskular pada siswi SMP.
Baik latihan poco-poco maupun SKJ 2021 secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan tingkat VO₂Max pada siswi SMP, dengan tingkat motivasi juga memainkan peran penting.Terdapat interaksi yang nyata antara jenis latihan dan motivasi siswa, yang menunjukkan bahwa efektivitas program latihan dapat ditingkatkan jika disesuaikan dengan tingkat motivasi siswa.Oleh karena itu, implementasi program latihan aerobik yang bervariasi dan menarik, didukung strategi motivasi, dapat secara efektif meningkatkan kebugaran kardiovaskular pada siswa SMP.
Penelitian lanjutan dapat menguji apakah kombinasi latihan poco-poco dan SKJ 2021 yang dirancang secara personal berdasarkan profil motivasi siswa—misalnya, siswa dengan motivasi intrinsik tinggi versus ekstrinsik—dapat menghasilkan peningkatan VO₂Max yang lebih optimal dalam jangka panjang. Selain itu, studi berikutnya dapat mengeksplorasi bagaimana integrasi elemen permainan atau gamifikasi dalam program latihan aerobik dapat meningkatkan motivasi intrinsik siswi SMP secara alami tanpa perlu intervensi eksternal, serta apakah peningkatan motivasi ini berkelanjutan setelah program berakhir. Terakhir, penelitian dapat mengamati dampak jangka panjang dari program ini terhadap kebiasaan olahraga siswi di luar sekolah, dengan mengikuti mereka selama satu tahun setelah intervensi untuk melihat apakah peningkatan VO₂Max dan motivasi awal berubah menjadi pola hidup aktif yang berkelanjutan, sehingga memperkuat hubungan antara pendidikan jasmani dan kesehatan seumur hidup.
- Improving the Competence of the Gymnastics Trainer of the Healthy Heart Club in Surakarta about Fitness... jurnal.uns.ac.id/phedheral/article/view/57739Improving the Competence of the Gymnastics Trainer of the Healthy Heart Club in Surakarta about Fitness jurnal uns ac phedheral article view 57739
- Latihan Jalan Kaki untuk Meningkatkan Vitalitas Lansia | BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada... ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/BERDAYA/article/view/1060Latihan Jalan Kaki untuk Meningkatkan Vitalitas Lansia BERDAYA Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada ejournal imperiuminstitute index php BERDAYA article view 1060
- Estimating the Effect of Contrast Exercises Using Conventional Deadlifts and Air Rower on Increasing... doi.org/10.17309/tmfv.2024.6.12Estimating the Effect of Contrast Exercises Using Conventional Deadlifts and Air Rower on Increasing doi 10 17309 tmfv 2024 6 12
- Effects of Interval and Power Training on the Physical, Physiological, and Training Characteristics of... brieflands.com/articles/asjsm-149375Effects of Interval and Power Training on the Physical Physiological and Training Characteristics of brieflands articles asjsm 149375
| File size | 227.38 KB |
| Pages | 6 |
| Short Link | https://juris.id/p-6I |
| DMCA | Report |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pola pengembangan pelatihan yang diterapkan dalam pelatihan tenaga kerja bagi pengguna armada dan (2) pengaruhPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pola pengembangan pelatihan yang diterapkan dalam pelatihan tenaga kerja bagi pengguna armada dan (2) pengaruh
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG VO2max dinilai menggunakan Yo-yo Intermittent Recovery Test Level 1 (Yo-yo IR1), sedangkan data motivasi dikumpulkan melalui kuesioner yang telah divalidasiVO2max dinilai menggunakan Yo-yo Intermittent Recovery Test Level 1 (Yo-yo IR1), sedangkan data motivasi dikumpulkan melalui kuesioner yang telah divalidasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Pendekatan berbasis multimedia sesuai dengan preferensi belajar Generasi Z, sehingga menjadi sumber daya berharga bagi pendidikan PJOK modern. PengembanganPendekatan berbasis multimedia sesuai dengan preferensi belajar Generasi Z, sehingga menjadi sumber daya berharga bagi pendidikan PJOK modern. Pengembangan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil menunjukkan bahwa kekuatan internal meliputi tenaga pengajar yang berkomitmen dan kurikulum yang mendukung, sedangkan kelemahan mencakup ruang danHasil menunjukkan bahwa kekuatan internal meliputi tenaga pengajar yang berkomitmen dan kurikulum yang mendukung, sedangkan kelemahan mencakup ruang dan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil tersebut menekankan pentingnya strategi manajemen sekolah terintegrasi yang memperkuat kapasitas kepemimpinan sekaligus menumbuhkan budaya sekolahHasil tersebut menekankan pentingnya strategi manajemen sekolah terintegrasi yang memperkuat kapasitas kepemimpinan sekaligus menumbuhkan budaya sekolah
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kesenjangan kemampuan matematika antara siswa madrasah dan non-madrasah di Indonesia serta kontribusi ketigaPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap kesenjangan kemampuan matematika antara siswa madrasah dan non-madrasah di Indonesia serta kontribusi ketiga
UNYUNY Penelitian ini menunjukkan keberadaan MPCK dalam pengajaran matematika alami guru, dengan tiga bentuk transformasi langsung MPCK ke dalam praktik pengajaranPenelitian ini menunjukkan keberadaan MPCK dalam pengajaran matematika alami guru, dengan tiga bentuk transformasi langsung MPCK ke dalam praktik pengajaran
UNYUNY Sebanyak 463 mahasiswa berpartisipasi dalam eksperimen. Pada tahap awal, penelitian menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh penulis untuk mengumpulkanSebanyak 463 mahasiswa berpartisipasi dalam eksperimen. Pada tahap awal, penelitian menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh penulis untuk mengumpulkan
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Di antara variabel tersebut, self-efficacy memberikan pengaruh paling kuat. Temuan ini menekankan pentingnya meningkatkan self-efficacy siswa untuk memaksimalkanDi antara variabel tersebut, self-efficacy memberikan pengaruh paling kuat. Temuan ini menekankan pentingnya meningkatkan self-efficacy siswa untuk memaksimalkan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Industri konstruksi semakin menuntut profesional yang terampil dalam alat digital seperti Building Information Modeling (BIM), pemodelan 3D, dan simulasiIndustri konstruksi semakin menuntut profesional yang terampil dalam alat digital seperti Building Information Modeling (BIM), pemodelan 3D, dan simulasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Analisis juga mengungkapkan bahwa implementasi AR dapat meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep teknis yang kompleks, dan pengembangan keterampilanAnalisis juga mengungkapkan bahwa implementasi AR dapat meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep teknis yang kompleks, dan pengembangan keterampilan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini memperkuat teori pembelajaran pengalaman dalam konteks pendidikan teknik, menawarkan kerangka analitis komprehensif, dan menyediakan rekomendasiPenelitian ini memperkuat teori pembelajaran pengalaman dalam konteks pendidikan teknik, menawarkan kerangka analitis komprehensif, dan menyediakan rekomendasi