STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Hikayat Prang Sabi adalah salah satu karya sastra tradisional dari Aceh yang kaya akan nilai-nilai religius, historis, dan patriotik. Karya ini menceritakan perjuangan masyarakat Aceh melawan kolonialisme Belanda dengan narasi emosional yang menggambarkan pengorbanan dan keberanian. Sebagai karya sastra, hikayat ini memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran sastra di sekolah, khususnya dalam membentuk karakter siswa, memperkenalkan warisan budaya lokal, dan meningkatkan apresiasi terhadap warisan sastra nasional. Studi hikayat ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai inti yang dikandungnya dan menghubungkannya dengan tujuan pembelajaran sastra modern. Dengan demikian, penggunaan teks seperti Hikayat Prang Sabi dapat menjadi media pendidikan yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme, religiositas, dan cinta tanah air pada siswa.

Memahami Hikayat Prang Sabi tidak hanya memperkaya sastra daerah yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran, tetapi juga berperan penting sebagai media untuk menanamkan nilai-nilai luhur pada siswa.Karya ini memberikan contoh nyata tentang keberanian, kesungguhan pengorbanan, dan semangat perjuangan yang patut diteladani.Dalam konteks pembelajaran sastra, hikayat ini mampu membangun kesadaran sejarah dan memperkuat karakter siswa melalui pesan-pesan religius, semangat nasionalisme, dan nilai kemanusiaan yang dikandungnya.

Penelitian lanjutan dapat menggali bagaimana siswa SMA di Aceh merespons Hikayat Prang Sabi melalui diskusi reflektif dan pembacaan dramatis, lalu mengukur perubahan sikap mereka terhadap nasionalisme dan religiositas sebelum dan sesudah pembelajaran. Selain itu, perlu dikembangkan studi tentang bagaimana guru-guru bahasa Indonesia dapat mengintegrasikan teks ini ke dalam perencanaan pembelajaran harian dengan memanfaatkan pendekatan berbasis proyek, seperti membuat podcast atau komik berbasis hikayat, agar konten lokal lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Terakhir, penelitian yang membandingkan dampak pembelajaran Hikayat Prang Sabi dengan teks sastra lokal lainnya di wilayah berbeda di Indonesia bisa menjawab pertanyaan apakah nilai-nilai heroik dan spiritual dalam teks ini memiliki efek yang sama kuat dalam membentuk identitas budaya siswa di luar Aceh, atau apakah efeknya tergantung pada konteks sejarah dan kebangsaan lokal yang lebih spesifik.

  1. ANALISIS NILAI BUDAYA DALAM HIKAYAT BANTA AMAT JILID I DAN II KARYA T. A. SAKTI | Jurnal Metamorfosa.... doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i2.1123ANALISIS NILAI BUDAYA DALAM HIKAYAT BANTA AMAT JILID I DAN II KARYA T A SAKTI Jurnal Metamorfosa doi 10 46244 metamorfosa v8i2 1123
  2. Penggunaan Media Ajar Video dalam Pembelajaran Teks Hikayat Kelas X SMA | Berliannisa | Jurnal Pendidikan... doi.org/10.21107/metalingua.v8i1.19379Penggunaan Media Ajar Video dalam Pembelajaran Teks Hikayat Kelas X SMA Berliannisa Jurnal Pendidikan doi 10 21107 metalingua v8i1 19379
  3. HIKAYAT PRANG SABI SEBAGAI INSTRUMEN KOMUNIKASI PUBLIK DALAM INTERNALISASI SYARIAT ISLAM DI ACEH | Jurnal... ejurnalunsam.id/index.php/jhsk/article/view/11386HIKAYAT PRANG SABI SEBAGAI INSTRUMEN KOMUNIKASI PUBLIK DALAM INTERNALISASI SYARIAT ISLAM DI ACEH Jurnal ejurnalunsam index php jhsk article view 11386
  4. Book Review Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches... ccsenet.org/journal/index.php/elt/article/view/0/39044Book Review Creswell J W 2014 Research Design Qualitative Quantitative and Mixed Methods Approaches ccsenet journal index php elt article view 0 39044
  5. Bot Verification. verification verifying robot doi.org/10.37329/cetta.v7i1.3111Bot Verification verification verifying robot doi 10 37329 cetta v7i1 3111
File size431.57 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test