STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Rendahnya tingkat keterlibatan dan prestasi siswa pada model pembelajaran inovatif di bidang ekonomi vokasional menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis. Desain kuasi-eksperimen dengan kelompok kontrol pra-tes-pasca-tes digunakan, melibatkan 61 siswa kelas X SMK Negeri 1 Painan yang dipilih secara purposif. Data dikumpulkan melalui instrumen yang divalidasi, yakni tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar. Analisis data mencakup statistik deskriptif dan inferensial, termasuk uji-t sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menerapkan PBL memperoleh skor posttest (M=89,90) dan N-Gain (0,72) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelompok kontrol (M=76,68; N-Gain=0,35). Aktivitas belajar siswa pada kelompok eksperimen juga meningkat secara bertahap pada setiap sesi. Uji statistik mengonfirmasi perbedaan signifikan pada kedua variabel (p<0,05), mendukung efektivitas PBL dalam mempromosikan pembelajaran aktif dan meningkatkan prestasi siswa vokasional.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) memiliki efek signifikan dan positif terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada pendidikan vokasional, khususnya mata pelajaran Ekonomi Bisnis.Kelompok eksperimen menunjukkan skor posttest lebih tinggi dan keterlibatan yang lebih besar dibandingkan kelompok kontrol, yang mengindikasikan bahwa PBL tidak hanya meningkatkan pemahaman konseptual siswa tetapi juga mendorong partisipasi aktif dalam proses pembelajaran.Temuan ini menguatkan efektivitas PBL sebagai pendekatan instruksional inovatif yang mampu memenuhi tuntutan pendidikan vokasional abad ke-21.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi sejauh mana penerapan model PBL berdampak pada retensi jangka panjang pengetahuan dan keterampilan siswa setelah satu semester atau lebih dalam mata pelajaran Ekonomi Bisnis. Selain itu, studi dapat diarahkan untuk mengevaluasi adaptasi PBL pada sekolah vokasi dengan karakteristik siswa yang beragam, seperti latar belakang sosial ekonomi, minat karir, atau budaya sekolah, guna mengetahui bagaimana perbedaan konteks memengaruhi efektivitas PBL. Penelitian juga bisa diarahkan untuk menyelidiki kombinasi PBL dengan teknologi pembelajaran digital atau gamifikasi dalam meningkatkan motivasi, interaksi kelompok, dan hasil belajar, serta mengidentifikasi komponen teknologi apa saja yang paling efektif. Dengan menggabungkan metode ini, penelitian selanjutnya tidak hanya akan memperkaya pemahaman teoretis tetapi juga menghasilkan rekomendasi praktis untuk pengembangan model pembelajaran di pendidikan vokasi. Lebih lanjut, penelitian dapat mengkaji peran penilai sejawat (peer assessment) dalam PBL untuk mengetahui dampaknya terhadap keterlibatan dan refleksi siswa. Penelitian prospektif juga dapat dilakukan untuk memantau perkembangan kompetensi keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi tim siswa dalam periode waktu yang lebih panjang.

  1. The effectiveness of the combined problem-based learning (PBL) and case-based learning (CBL) teaching... doi.org/10.1186/s12909-020-02306-yThe effectiveness of the combined problem based learning PBL and case based learning CBL teaching doi 10 1186 s12909 020 02306 y
  2. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education). development virtual learning problem based... doi.org/10.21831/elinvo.v7i2.52473Elinvo Electronics Informatics and Vocational Education development virtual learning problem based doi 10 21831 elinvo v7i2 52473
  3. Virtual reality in problem‐based learning contexts: Effects on the problem‐solving... doi.org/10.1111/jcal.12528Virtual reality in problemyAAAabased learning contexts Effects on the problemyAAAasolving doi 10 1111 jcal 12528
  4. «Theoretical & Applied Science». theoretical applied science information scientific journal... doi.org/10.15863/TAS.2020.01.81.134ATheoretical Applied ScienceA theoretical applied science information scientific journal doi 10 15863 TAS 2020 01 81 134
  5. Team-based learning: design, facilitation and participation | BMC Medical Education | Full Text. team... bmcmededuc.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12909-020-02287-yTeam based learning design facilitation and participation BMC Medical Education Full Text team bmcmededuc biomedcentral articles 10 1186 s12909 020 02287 y
  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #model problem based#model problem based
File size234.43 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test