CAHAYA ICCAHAYA IC
Integrated Science Education JournalIntegrated Science Education JournalTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan e-modul berbasis Problem-Based Learning (PBL) yang terintegrasi dengan Ethno-STEM guna meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas 8 SMP pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Metode yang digunakan adalah campuran metode kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen berupa kuesioner yang diadaptasi dari penelitian sebelumnya. Sampel terdiri dari guru IPA dan siswa di Kabupaten Karanganyar. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil menunjukkan adanya kesenjangan signifikan antara praktik pembelajaran sains saat ini dan tuntutan pendidikan abad ke-21. Guru mengalami kesulitan menjelaskan konsep abstrak seperti getaran, gelombang, dan bunyi dengan metode konvensional, ditambah keterbatasan media pembelajaran yang mengintegrasikan kearifan lokal. Sementara itu, siswa menunjukkan minat tinggi terhadap sumber belajar digital dan kontekstual, namun skor rata-rata keterampilan berpikir kreatif mereka hanya 49,4%, yang mengindikasikan perlunya solusi pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan relevan secara budaya.
Penelitian ini menunjukkan bahwa guru dan siswa di SMP Negeri Karanganyar memiliki kebutuhan signifikan terhadap media pembelajaran sains yang kontekstual, berbasis budaya lokal, dan interaktif secara digital.Hasil analisis menyoroti adanya kesenjangan antara praktik pembelajaran saat ini dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam pendidikan abad ke-21, terutama dalam hal keterampilan berpikir kreatif yang masih tergolong rendah (49,4%).Oleh karena itu, pengembangan e-modul PBL terintegrasi Ethno-STEM menjadi sangat relevan dan strategis untuk meningkatkan kreativitas siswa serta menghubungkan pembelajaran sains dengan kearifan lokal.
Pengembangan e-modul berbasis Ethno-STEM yang terintegrasi dengan model Problem-Based Learning (PBL) perlu dilanjutkan dengan penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk pembelajaran yang siap pakai dan teruji efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian selanjutnya juga bisa mengevaluasi bagaimana e-modul tersebut memengaruhi motivasi belajar dan keterlibatan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan budaya lokal mereka. Selain itu, penelitian dengan pendekatan mixed-methods juga diperlukan untuk mengukur secara lebih rinci peningkatan setiap dimensi kreativitas—seperti kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi—setelah penggunaan e-modul ini dalam jangka waktu tertentu.
- Analysis Analysis of Ethno-STEM-Integrated PBL E-Module to Enhance Creative Thinking Skills of 8th Grade... cahaya-ic.com/index.php/ISEJ/article/view/2089Analysis Analysis of Ethno STEM Integrated PBL E Module to Enhance Creative Thinking Skills of 8th Grade cahaya ic index php ISEJ article view 2089
- EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS ETNO-STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF... doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i2.6329EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS ETNO STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF doi 10 24127 bioedukasi v13i2 6329
- Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Digital Guru dan Siswa terhadap Kualitas Pembelajaran di Era Digital... sj.eastasouth-institute.com/index.php/spp/article/view/391Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Digital Guru dan Siswa terhadap Kualitas Pembelajaran di Era Digital sj eastasouth institute index php spp article view 391
- Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Pengaruh Lingkungan Sekolah... journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/7382Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pengaruh Lingkungan Sekolah journal uir ac index php althariqah article view 7382
- 0. endobj extgstate procset text imageb imagec imagei annots mediabox contents group tabs hlj6 gskm nvyd... ijrrjournal.com/IJRR_Vol.10_Issue.10_Oct2023/IJRR14.pdf0 endobj extgstate procset text imageb imagec imagei annots mediabox contents group tabs hlj6 gskm nvyd ijrrjournal IJRR Vol 10 Issue 10 Oct2023 IJRR14 pdf
| File size | 359.5 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-e5 |
| DMCA | Report |
Related /
ASSALAMASSALAM Data dikumpulkan melalui observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan partisipasi,Data dikumpulkan melalui observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan partisipasi,
ASSALAMASSALAM Penelitian ini menemukan bahwa program Sapa Pagi secara signifikan memengaruhi motivasi belajar siswa di sekolah dasar Kabupaten Aceh Tengah melalui analisisPenelitian ini menemukan bahwa program Sapa Pagi secara signifikan memengaruhi motivasi belajar siswa di sekolah dasar Kabupaten Aceh Tengah melalui analisis
ASSALAMASSALAM Faktor akademik memberikan kontribusi terbesar, diikuti oleh faktor sosial dan ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi motivasi ini multidimensionalFaktor akademik memberikan kontribusi terbesar, diikuti oleh faktor sosial dan ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi motivasi ini multidimensional
ASSALAMASSALAM Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan karakter religius yang efektif menuntut guru untuk menghidupkan nilai-nilai yang diajarkan dan menjembataniPenelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan karakter religius yang efektif menuntut guru untuk menghidupkan nilai-nilai yang diajarkan dan menjembatani
ASSALAMASSALAM Melalui program pengembangan profesional sejawat, dan terstruktur—seperti pelatihan desain media, evaluasi peningkatan literasi digital—guru menunjukkanMelalui program pengembangan profesional sejawat, dan terstruktur—seperti pelatihan desain media, evaluasi peningkatan literasi digital—guru menunjukkan
UNDIKSHAUNDIKSHA Oleh karena itu, PBL efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. PBL secara signifikan meningkatkanOleh karena itu, PBL efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. PBL secara signifikan meningkatkan
JOURNALSTKIPPGRISITUBONDOJOURNALSTKIPPGRISITUBONDO Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Typer Shark Deluxe sangat bermanfaat untuk meningkatkan minat dan kualitas pembelajaranHasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Typer Shark Deluxe sangat bermanfaat untuk meningkatkan minat dan kualitas pembelajaran
UNIDAUNIDA Hasil uji t (One-Sample Test) terhadap nilai post-test kelas eksperimen menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,04; karena 0,04 < 0,05, maka Ha diterimaHasil uji t (One-Sample Test) terhadap nilai post-test kelas eksperimen menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,04; karena 0,04 < 0,05, maka Ha diterima
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal iniHasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal ini
UNDIKSHAUNDIKSHA Dukungan lingkungan institusi secara signifikan mempengaruhi kompetensi kewirausahaan digital guru, khususnya di sekolah kejuruan. Faktor internal sepertiDukungan lingkungan institusi secara signifikan mempengaruhi kompetensi kewirausahaan digital guru, khususnya di sekolah kejuruan. Faktor internal seperti
FTKJOURNAL UINMATARAMFTKJOURNAL UINMATARAM perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, pembimbingan, evaluasi, dan peran sebagai supervisor. Penelitian lanjutan dapat mengkaji bagaimana pengaruhperencanaan, pengorganisasian, koordinasi, pembimbingan, evaluasi, dan peran sebagai supervisor. Penelitian lanjutan dapat mengkaji bagaimana pengaruh
FTKJOURNAL UINMATARAMFTKJOURNAL UINMATARAM Hasilnya menunjukkan problematika guru meliputi kurangnya sarana prasarana, metode monoton, penguasaan kelas yang lemah, serta materi ajar yang terbatas.Hasilnya menunjukkan problematika guru meliputi kurangnya sarana prasarana, metode monoton, penguasaan kelas yang lemah, serta materi ajar yang terbatas.