STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Fase C di Kecamatan Air Hangat Barat menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Evaluasi ini dilakukan untuk menilai kesesuaian program dengan kebutuhan siswa, ketersediaan infrastruktur, pelaksanaan proses pembelajaran, dan hasil pembelajaran yang dicapai. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru PJOK dan kepala sekolah pada empat sekolah dasar di Kecamatan Air Hangat Barat. Hasil evaluasi konteks menunjukkan bahwa program PJOK Fase C sesuai dengan kurikulum, namun perlu penyesuaian dengan karakteristik siswa. Pada aspek input ditemukan bahwa fasilitas olahraga masih terbatas dan perlu peningkatan kualifikasi guru. Evaluasi proses mengungkapkan bahwa metode pembelajaran bervariasi, namun perlu penguatan dalam penggunaan media dan penilaian autentik. Sementara itu, evaluasi produk menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mencapai kompetensi dasar, tetapi perlu perbaikan dalam aspek keterampilan psikomotorik dan sportifitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program pembelajaran PJOK Fase C di Kecamatan Air Hangat Barat berjalan cukup baik, namun memerlukan perbaikan pada fasilitas, pengembangan guru, dan pendekatan evaluasi hasil pembelajaran. Rekomendasi mencakup peningkatan anggaran untuk infrastruktur, pelatihan guru, dan penerapan model pembelajaran yang lebih inovatif.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan program pembelajaran PJOK Fase C di Kecamatan Air Hangat Barat telah cukup efektif dalam memenuhi tujuan kurikulum nasional, namun masih memerlukan perbaikan untuk mengoptimalkan dampaknya.Program yang telah selaras dengan standar kurikulum perlu dikontekstualisasikan lebih baik sesuai karakteristik siswa, mengatasi keterbatasan fasilitas olahraga, meningkatkan pengembangan guru, dan menerapkan praktik penilaian autentik.Oleh karena itu, diperlukan investasi infrastruktur, pelatihan guru terfokus, serta integrasi pendekatan penilaian inovatif dan berpusat pada siswa untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas hasil pembelajaran PJOK.
Penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi bagaimana peningkatan fasilitas olahraga yang dilengkapi media pembelajaran interaktif dapat berkontribusi pada pertumbuhan keterampilan psikomotorik dan sportifitas siswa pada PJOK Fase C di sekolah dasar di daerah terpencil. Studi ini dapat menggunakan desain eksperimental komparatif dengan sampel siswa dari beberapa sekolah untuk membandingkan hasil belajar fisik dan aspek karakter antara kelompok yang mendapatkan fasilitas tambahan dan kelompok kontrol. Selain itu, penelitian dapat diarahkan pada efektivitas program pelatihan profesional bagi guru PJOK dalam penerapan penilaian autentik serta integrasi alat digital dan multimedia, dengan mengukur dampaknya pada strategi pengajaran, keterlibatan siswa, dan kualitas evaluasi hasil belajar. Selanjutnya, penting untuk meneliti model kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan komunitas lokal dalam mendukung pembelajaran PJOK, termasuk bagaimana mekanisme komunikasi dan partisipasi masyarakat dapat memperkuat internalisasi nilai disiplin, kerjasama, dan sportifitas pada siswa Fase C. Melalui pendekatan campuran kualitatif dan kuantitatif, penelitian-penelitian ini akan menghasilkan data empiris yang berguna untuk merumuskan rekomendasi kebijakan dan strategi implementasi PJOK yang lebih holistik, kontekstual, dan berkelanjutan di berbagai setting sekolah dasar.
- Evaluation Of The Process Of Implementing Pjok Learning In Agribusiness SMK In Bengkulu City Using The... doi.org/10.53697/ssj.v3i2.1585Evaluation Of The Process Of Implementing Pjok Learning In Agribusiness SMK In Bengkulu City Using The doi 10 53697 ssj v3i2 1585
- Implementation of CIPP Model as an Evaluation of Achievement Development Programs in Petanque Sport |... atlantis-press.com/proceedings/ijcah-22/125985286Implementation of CIPP Model as an Evaluation of Achievement Development Programs in Petanque Sport atlantis press proceedings ijcah 22 125985286
- The Evaluation of Narada Cup School Sport Program Using CIPP Evaluation Model | Pramono | Jurnal Pendidikan... ejournal.upi.edu/index.php/penjas/article/view/23516The Evaluation of Narada Cup School Sport Program Using CIPP Evaluation Model Pramono Jurnal Pendidikan ejournal upi edu index php penjas article view 23516
| File size | 245.34 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Self‑efficacy terbukti menjadi mediator utama dalam hubungan antara Integrated E‑Modules dan Body Spa Skills, sementara Learning Motivation tidak menunjukkanSelf‑efficacy terbukti menjadi mediator utama dalam hubungan antara Integrated E‑Modules dan Body Spa Skills, sementara Learning Motivation tidak menunjukkan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Data dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan langsung antara status gizi, konsentrasi, dan keterampilan pengendalianData dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan langsung antara status gizi, konsentrasi, dan keterampilan pengendalian
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh literasi digital, kemandirian belajar, dan motivasi belajar terhadap efektivitas pembelajaran, denganPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh literasi digital, kemandirian belajar, dan motivasi belajar terhadap efektivitas pembelajaran, dengan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa kekuatan internal meliputi tenaga pengajar yang berkomitmen danData dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa kekuatan internal meliputi tenaga pengajar yang berkomitmen dan
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Analisis mengidentifikasi enam elemen ideologi gender, termasuk dominasi pencari nafkah pria, pemisahan ruang gender, dan penerimaan privilese pria, yangAnalisis mengidentifikasi enam elemen ideologi gender, termasuk dominasi pencari nafkah pria, pemisahan ruang gender, dan penerimaan privilese pria, yang
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen, wawancara, dan observasi, yangRancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen, wawancara, dan observasi, yang
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Memahami Hikayat Prang Sabi tidak hanya memperkaya sastra daerah yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran, tetapi juga berperan penting sebagai mediaMemahami Hikayat Prang Sabi tidak hanya memperkaya sastra daerah yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran, tetapi juga berperan penting sebagai media
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG VO2max dinilai menggunakan Yo-yo Intermittent Recovery Test Level 1 (Yo-yo IR1), sedangkan data motivasi dikumpulkan melalui kuesioner yang telah divalidasiVO2max dinilai menggunakan Yo-yo Intermittent Recovery Test Level 1 (Yo-yo IR1), sedangkan data motivasi dikumpulkan melalui kuesioner yang telah divalidasi