STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Fase C di Kecamatan Air Hangat Barat menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Evaluasi ini dilakukan untuk menilai kesesuaian program dengan kebutuhan siswa, ketersediaan infrastruktur, pelaksanaan proses pembelajaran, dan hasil pembelajaran yang dicapai. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru PJOK dan kepala sekolah pada empat sekolah dasar di Kecamatan Air Hangat Barat. Hasil evaluasi konteks menunjukkan bahwa program PJOK Fase C sesuai dengan kurikulum, namun perlu penyesuaian dengan karakteristik siswa. Pada aspek input ditemukan bahwa fasilitas olahraga masih terbatas dan perlu peningkatan kualifikasi guru. Evaluasi proses mengungkapkan bahwa metode pembelajaran bervariasi, namun perlu penguatan dalam penggunaan media dan penilaian autentik. Sementara itu, evaluasi produk menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mencapai kompetensi dasar, tetapi perlu perbaikan dalam aspek keterampilan psikomotorik dan sportifitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program pembelajaran PJOK Fase C di Kecamatan Air Hangat Barat berjalan cukup baik, namun memerlukan perbaikan pada fasilitas, pengembangan guru, dan pendekatan evaluasi hasil pembelajaran. Rekomendasi mencakup peningkatan anggaran untuk infrastruktur, pelatihan guru, dan penerapan model pembelajaran yang lebih inovatif.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan program pembelajaran PJOK Fase C di Kecamatan Air Hangat Barat telah cukup efektif dalam memenuhi tujuan kurikulum nasional, namun masih memerlukan perbaikan untuk mengoptimalkan dampaknya.Program yang telah selaras dengan standar kurikulum perlu dikontekstualisasikan lebih baik sesuai karakteristik siswa, mengatasi keterbatasan fasilitas olahraga, meningkatkan pengembangan guru, dan menerapkan praktik penilaian autentik.Oleh karena itu, diperlukan investasi infrastruktur, pelatihan guru terfokus, serta integrasi pendekatan penilaian inovatif dan berpusat pada siswa untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas hasil pembelajaran PJOK.
Penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi bagaimana peningkatan fasilitas olahraga yang dilengkapi media pembelajaran interaktif dapat berkontribusi pada pertumbuhan keterampilan psikomotorik dan sportifitas siswa pada PJOK Fase C di sekolah dasar di daerah terpencil. Studi ini dapat menggunakan desain eksperimental komparatif dengan sampel siswa dari beberapa sekolah untuk membandingkan hasil belajar fisik dan aspek karakter antara kelompok yang mendapatkan fasilitas tambahan dan kelompok kontrol. Selain itu, penelitian dapat diarahkan pada efektivitas program pelatihan profesional bagi guru PJOK dalam penerapan penilaian autentik serta integrasi alat digital dan multimedia, dengan mengukur dampaknya pada strategi pengajaran, keterlibatan siswa, dan kualitas evaluasi hasil belajar. Selanjutnya, penting untuk meneliti model kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan komunitas lokal dalam mendukung pembelajaran PJOK, termasuk bagaimana mekanisme komunikasi dan partisipasi masyarakat dapat memperkuat internalisasi nilai disiplin, kerjasama, dan sportifitas pada siswa Fase C. Melalui pendekatan campuran kualitatif dan kuantitatif, penelitian-penelitian ini akan menghasilkan data empiris yang berguna untuk merumuskan rekomendasi kebijakan dan strategi implementasi PJOK yang lebih holistik, kontekstual, dan berkelanjutan di berbagai setting sekolah dasar.
- Evaluation Of The Process Of Implementing Pjok Learning In Agribusiness SMK In Bengkulu City Using The... doi.org/10.53697/ssj.v3i2.1585Evaluation Of The Process Of Implementing Pjok Learning In Agribusiness SMK In Bengkulu City Using The doi 10 53697 ssj v3i2 1585
- Implementation of CIPP Model as an Evaluation of Achievement Development Programs in Petanque Sport |... atlantis-press.com/proceedings/ijcah-22/125985286Implementation of CIPP Model as an Evaluation of Achievement Development Programs in Petanque Sport atlantis press proceedings ijcah 22 125985286
- The Evaluation of Narada Cup School Sport Program Using CIPP Evaluation Model | Pramono | Jurnal Pendidikan... ejournal.upi.edu/index.php/penjas/article/view/23516The Evaluation of Narada Cup School Sport Program Using CIPP Evaluation Model Pramono Jurnal Pendidikan ejournal upi edu index php penjas article view 23516
| File size | 245.34 KB |
| Pages | 8 |
| Short Link | https://juris.id/p-6Q |
| DMCA | Report |
Related /
JURNALFKIPUNTADJURNALFKIPUNTAD Penerapan lembar kerja berbasis proyek terbukti efektif dalam mengembangkan keterampilan psikomotor siswa melalui tahapan pembelajaran berbasis proyek.Penerapan lembar kerja berbasis proyek terbukti efektif dalam mengembangkan keterampilan psikomotor siswa melalui tahapan pembelajaran berbasis proyek.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Petanque merupakan olahraga presisi yang semakin populer di kalangan atlet remaja hingga dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh panjangPetanque merupakan olahraga presisi yang semakin populer di kalangan atlet remaja hingga dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh panjang
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Temuan ini menekankan pentingnya kurikulum vokasi yang tidak hanya menekankan kompetensi teknis tetapi juga mengembangkan self‑efficacy melalui pembelajaranTemuan ini menekankan pentingnya kurikulum vokasi yang tidak hanya menekankan kompetensi teknis tetapi juga mengembangkan self‑efficacy melalui pembelajaran
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini menyimpulkan bahwa literasi digital, kemandirian belajar, dan motivasi belajar secara signifikan memengaruhi efektivitas pembelajaran siswaPenelitian ini menyimpulkan bahwa literasi digital, kemandirian belajar, dan motivasi belajar secara signifikan memengaruhi efektivitas pembelajaran siswa
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Evaluasi proses mengungkapkan penerapan pembelajaran berbasis proyek yang efektif, dengan keterlibatan siswa yang tinggi dan partisipasi aktif. EvaluasiEvaluasi proses mengungkapkan penerapan pembelajaran berbasis proyek yang efektif, dengan keterlibatan siswa yang tinggi dan partisipasi aktif. Evaluasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Analisis data meliputi statistik deskriptif, korelasi Pearson, dan regresi berganda. Hasil menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolahAnalisis data meliputi statistik deskriptif, korelasi Pearson, dan regresi berganda. Hasil menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah
MKRIMKRI Kesimpulan dari penelitian ini adalah argumentasi bahwa kemanfaatan bukanlah tujuan hukum. Kemanfaatan merupakan bagian dari variabel perhitungan untukKesimpulan dari penelitian ini adalah argumentasi bahwa kemanfaatan bukanlah tujuan hukum. Kemanfaatan merupakan bagian dari variabel perhitungan untuk
UGMUGM Kedua, meneliti secara empiris pengaruh faktor situasional, yaitu eksekusi iklan konkret versus abstrak, terhadap pemicu imajinasi. Penelitian ini menggunakanKedua, meneliti secara empiris pengaruh faktor situasional, yaitu eksekusi iklan konkret versus abstrak, terhadap pemicu imajinasi. Penelitian ini menggunakan
Useful /
SALNESIASALNESIA Stunting merupakan salah satu masalah gizi serius yang hingga saat ini belum teratasi. Salah satu faktor risiko terjadinya stunting adalah faktor ekonomi.Stunting merupakan salah satu masalah gizi serius yang hingga saat ini belum teratasi. Salah satu faktor risiko terjadinya stunting adalah faktor ekonomi.
UGMUGM Penelitian ini memvalidasi instrumen yang mengevaluasi faktor-faktor daya saing milenial di Meksiko, berdasarkan ekspektasi mereka sendiri. Studi ini didasarkanPenelitian ini memvalidasi instrumen yang mengevaluasi faktor-faktor daya saing milenial di Meksiko, berdasarkan ekspektasi mereka sendiri. Studi ini didasarkan
UGMUGM Hasil empiris menunjukkan bahwa hanya variabel GRI dan SOCscr yang memiliki hubungan negatif dan signifikan dengan spread bid-ask, sementara variabel lainnyaHasil empiris menunjukkan bahwa hanya variabel GRI dan SOCscr yang memiliki hubungan negatif dan signifikan dengan spread bid-ask, sementara variabel lainnya
UGMUGM Penelitian ini mengidentifikasi sumber kebisingan dalam preferensi subjek, yang menjadi kontribusi utama, serta menunjukkan bahwa subjek cenderung memilikiPenelitian ini mengidentifikasi sumber kebisingan dalam preferensi subjek, yang menjadi kontribusi utama, serta menunjukkan bahwa subjek cenderung memiliki