STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini menyelidiki efektivitas pelatihan yang menggunakan media audio‑visual dan gambar dalam meningkatkan keterampilan menendang dengan sisi dalam kaki pada aktivitas futsal ekstrakurikuler di SMAN 4 Tanjungpinang. Banyak siswa belum memahami teknik menendang yang benar, terutama dalam situasi tendangan penalti, yang dipengaruhi oleh metode pelatihan monoton selama sesi ekstrakurikuler. Penelitian kuantitatif dengan desain kelompok pre‑test‑post‑test melibatkan 30 siswa yang dibagi secara merata menjadi dua kelompok: satu dilatih dengan media audio‑visual, dan satu lagi dengan media gambar. Kedua kelompok menerima latihan khusus pada teknik menendang menggunakan sisi dalam kaki, diikuti dengan penilaian pre‑test dan post‑test untuk mengukur performa tembakan. Hasil menunjukkan bahwa (1) pelatihan dengan media audio‑visual berpengaruh signifikan terhadap hasil tembakan (p = 0,000), (2) pelatihan dengan media gambar juga berpengaruh signifikan (p = 0,000), dan (3) tidak terdapat perbedaan signifikan antara kedua media (p = 0,447). Kesimpulannya, kedua media tersebut efektif dalam meningkatkan keterampilan menendang, meskipun tidak ada metode yang terbukti lebih unggul.
Temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa pelatihan dengan menggunakan media audio‑visual maupun gambar secara signifikan meningkatkan kinerja tembakan menggunakan sisi dalam kaki pada kegiatan futsal ekstrakurikuler di SMAN 4 Tanjungpinang.Namun, tidak terdapat perbedaan signifikan antara kedua jenis media tersebut dalam hal efektivitas.Oleh karena itu, kedua metode pelatihan dapat diimplementasikan secara efektif sebagai alternatif instruksional untuk memperbaiki keterampilan teknis siswa dalam futsal, khususnya akurasi dan teknik tembakan.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji sejauh mana keterampilan tendangan menggunakan sisi dalam kaki yang diajarkan melalui media audio‑visual atau gambar dipertahankan dalam jangka panjang, misalnya dengan melakukan evaluasi kembali setelah tiga hingga enam bulan pasca‑intervensi. Selain itu, dapat dieksplorasi apakah penggunaan media kombinasi audio‑visual dan gambar secara simultan menghasilkan peningkatan kemampuan yang lebih signifikan dibandingkan penggunaan salah satu media secara tunggal, sehingga menilai efek sinergi multimedia pada proses pembelajaran motorik. Selanjutnya, penting untuk menyelidiki dampak media pelatihan terhadap motivasi, kepuasan, dan partisipasi siswa dalam kegiatan futsal ekstrakurikuler, sehingga dapat dipahami apakah pendekatan berbasis media tidak hanya meningkatkan performa teknis tetapi juga memperkuat aspek afektif belajar. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan yang lebih komprehensif bagi pendidik dan pelatih dalam merancang program pelatihan futsal yang efektif dan berkelanjutan.
- APA PsycNet. psycnet loading psycnet.apa.org/doi/10.1037/a0038454APA PsycNet psycnet loading psycnet apa doi 10 1037 a0038454
- APA PsycNet. psycnet loading doi.org/10.1037/a0038454APA PsycNet psycnet loading doi 10 1037 a0038454
| File size | 243.34 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil menunjukkan bahwa e-modul PJOK pembelajaran karate berhasil dikembangkan dan diuji. E-modul mengintegrasikan elemen multimedia seperti gambar, video,Hasil menunjukkan bahwa e-modul PJOK pembelajaran karate berhasil dikembangkan dan diuji. E-modul mengintegrasikan elemen multimedia seperti gambar, video,
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Praktik kepemimpinan yang efektif bersama dengan budaya sekolah yang positif dan kolaboratif penting untuk meningkatkan motivasi, komitmen, serta kinerjaPraktik kepemimpinan yang efektif bersama dengan budaya sekolah yang positif dan kolaboratif penting untuk meningkatkan motivasi, komitmen, serta kinerja
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Industri konstruksi semakin menuntut profesional yang terampil dalam alat digital seperti Building Information Modeling (BIM), pemodelan 3D, dan simulasiIndustri konstruksi semakin menuntut profesional yang terampil dalam alat digital seperti Building Information Modeling (BIM), pemodelan 3D, dan simulasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini secara sistematis mengkaji implementasi teknologi Augmented Reality (AR) dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan selama periodePenelitian ini secara sistematis mengkaji implementasi teknologi Augmented Reality (AR) dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan selama periode
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Sebagai karya sastra, hikayat ini memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran sastra di sekolah, khususnya dalam membentuk karakter siswa,Sebagai karya sastra, hikayat ini memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran sastra di sekolah, khususnya dalam membentuk karakter siswa,
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Quasi-eksperimental design dengan kelompok kontrol pretest-posttest melibatkan 51 siswa kelas X SMKN 1 Painan dibagi menjadi kelompok eksperimen (PjBL)Quasi-eksperimental design dengan kelompok kontrol pretest-posttest melibatkan 51 siswa kelas X SMKN 1 Painan dibagi menjadi kelompok eksperimen (PjBL)
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Oleh karena itu, implementasi program latihan aerobik yang bervariasi dan menarik, didukung strategi motivasi, dapat secara efektif meningkatkan kebugaranOleh karena itu, implementasi program latihan aerobik yang bervariasi dan menarik, didukung strategi motivasi, dapat secara efektif meningkatkan kebugaran
UNYUNY Serat Sabdajati kaya akan ajaran spiritual-religius yang mencerminkan pandangan hidup masyarakat Jawa, khususnya konsep sangkan paraning dumadi dan manunggalingSerat Sabdajati kaya akan ajaran spiritual-religius yang mencerminkan pandangan hidup masyarakat Jawa, khususnya konsep sangkan paraning dumadi dan manunggaling