STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini menelaah rendahnya hasil belajar siswa di SD Negeri 004 Tanjungpinang Barat yang diduga dipengaruhi oleh status gizi, konsentrasi, dan keterampilan pengendalian diri. Penelitian kuantitatif ini menggunakan rancangan korelasional dengan metode ex post facto. Sampel studi sebanyak 100 siswa dipilih melalui teknik purposive sampling. Data status gizi diperoleh dari pengukuran tinggi badan dan berat badan, konsentrasi diukur dengan tes konsentrasi grid, keterampilan pengendalian diri diukur menggunakan subtes TGMD-2, dan hasil belajar diambil dari data sekolah. Data dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan langsung antara status gizi, konsentrasi, dan keterampilan pengendalian diri terhadap hasil belajar siswa dengan kontribusi masing-masing sebesar 16,66%, 21,48%, dan 19,75%. Selain itu, terdapat hubungan tidak langsung antara status gizi dan konsentrasi terhadap hasil belajar melalui keterampilan pengendalian diri. Secara keseluruhan, status gizi, konsentrasi, dan keterampilan pengendalian diri secara simultan menyumbang 35,04% terhadap hasil belajar siswa.
Berdasarkan penelitian, terdapat hubungan signifikan antara status gizi, konsentrasi, dan keterampilan kontrol objek dengan hasil belajar siswa.Kontribusi langsung masing-masing variabel terhadap hasil belajar adalah 16,66% (status gizi), 21,48% (konsentrasi), dan 19,75% (keterampilan kontrol objek), sedangkan kontribusi tidak langsung status gizi dan konsentrasi melalui keterampilan kontrol objek masing-masing sebesar 8,22% dan 9,6%.Secara simultan, ketiga variabel tersebut menyumbang 35,04% terhadap hasil belajar siswa.
Untuk memperdalam pemahaman tentang kaitan antara status gizi, konsentrasi, dan keterampilan kontrol objek terhadap hasil belajar PJOK, penelitian selanjutnya dapat merancang studi eksperimental terkontrol yang menguji efektivitas intervensi perbaikan gizi melalui program makanan bergizi di sekolah terhadap perkembangan keterampilan kontrol objek dan peningkatan hasil belajar siswa. Studi komparatif juga dapat membandingkan teknik pelatihan konsentrasi, seperti latihan mindfulness, permainan fokus, dan strategi pemecahan masalah, untuk melihat dampaknya pada penguasaan keterampilan kontrol objek serta prestasi akademik di PJOK. Lebih jauh, penelitian longitudinal perlu dilaksanakan untuk memantau dinamika hubungan antarfaktor tersebut selama satu tahun ajaran, dengan mempertimbangkan variabel lingkungan sekolah, dukungan orang tua, dan karakteristik demografis siswa. Selain itu, kajian kualitatif dapat diadakan untuk mengeksplorasi pengalaman guru dan siswa dalam menerapkan intervensi gizi dan konsentrasi, sehingga diperoleh wawasan kontekstual yang lebih kaya. Penelitian juga bisa mengeksplorasi peran gender dan usia dalam memoderasi efek status gizi dan konsentrasi terhadap keterampilan kontrol objek dan hasil belajar. Pendekatan multi-metode ini diharapkan menghasilkan pemahaman komprehensif mengenai mekanisme, variabel mediasi, dan moderasi yang mempengaruhi efektivitas setiap intervensi, sehingga rekomendasi kebijakan dan praktik pembelajaran PJOK dapat disusun secara lebih tepat sasaran, berkelanjutan, dan adaptif.
- Institute Role of Teachers' Education in Improving the Standard of Development Achievement Rate... doi.org/10.2991/icece-17.2018.20Institute Role of Teachers Education in Improving the Standard of Development Achievement Rate doi 10 2991 icece 17 2018 20
- School-Based Interventions to Enhance the Resilience of Students | Ungar | Journal of Educational and... ccsenet.org/journal/index.php/jedp/article/view/31535School Based Interventions to Enhance the Resilience of Students Ungar Journal of Educational and ccsenet journal index php jedp article view 31535
| File size | 275.34 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-6T |
| DMCA | Report |
Related /
UNMUNM Metode tradisional terindikasi kurang optimal pada semua indikator. Karena bahasa sangat terkait dengan identitas dan perkembangan, praktik pengajaranMetode tradisional terindikasi kurang optimal pada semua indikator. Karena bahasa sangat terkait dengan identitas dan perkembangan, praktik pengajaran
UNYUNY Namun, pandangan peserta mengenai kesalahan ejaan berbeda dari praktik menulis mereka yang sebenarnya. Mereka menyebutkan metode pengajaran, buku teks,Namun, pandangan peserta mengenai kesalahan ejaan berbeda dari praktik menulis mereka yang sebenarnya. Mereka menyebutkan metode pengajaran, buku teks,
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Uji validitas menghasilkan skor tinggi dalam bahasa (91,67%), konten (95%), dan media (98,33%), sedangkan keandalan dikonfirmasi dengan nilai CronbachsUji validitas menghasilkan skor tinggi dalam bahasa (91,67%), konten (95%), dan media (98,33%), sedangkan keandalan dikonfirmasi dengan nilai Cronbachs
UNYUNY Terdapat kesenjangan kemampuan matematika antara siswa madrasah dan non-madrasah di Indonesia, yang secara signifikan dipengaruhi oleh waktu belajar matematikaTerdapat kesenjangan kemampuan matematika antara siswa madrasah dan non-madrasah di Indonesia, yang secara signifikan dipengaruhi oleh waktu belajar matematika
UNYUNY Penelitian ini menerapkan desain pretest-posttest satu kelompok. Peserta terdiri dari 53 mahasiswa tahun pertama dari Departemen Kimia di sebuah universitasPenelitian ini menerapkan desain pretest-posttest satu kelompok. Peserta terdiri dari 53 mahasiswa tahun pertama dari Departemen Kimia di sebuah universitas
UNYUNY Eksperimen pedagogis dilakukan di tiga perguruan tinggi di Uzbekistan: Institut Pedagogik Negeri Jizzakh, Universitas Negeri Termez, dan Universitas NegeriEksperimen pedagogis dilakukan di tiga perguruan tinggi di Uzbekistan: Institut Pedagogik Negeri Jizzakh, Universitas Negeri Termez, dan Universitas Negeri
UNYUNY Hasil menunjukkan bahwa semua komponen MPCK guru dapat diamati dalam praktik pengajaran secara tepat atau tidak tepat karena perbedaan tingkat MPCK guruHasil menunjukkan bahwa semua komponen MPCK guru dapat diamati dalam praktik pengajaran secara tepat atau tidak tepat karena perbedaan tingkat MPCK guru
UNYUNY Nilai-nilai karakter dan filosofis dalam Serat Sabdajati dapat menjadi pedoman perilaku modern untuk mencapai ketenangan fisik dan spiritual, namun penelitianNilai-nilai karakter dan filosofis dalam Serat Sabdajati dapat menjadi pedoman perilaku modern untuk mencapai ketenangan fisik dan spiritual, namun penelitian
Useful /
UNMUNM Siswa tertarik pada AI karena manfaatnya meliputi peningkatan kualitas tulisan, efisiensi waktu, dan peningkatan belajar melalui umpan balik. PersepsiSiswa tertarik pada AI karena manfaatnya meliputi peningkatan kualitas tulisan, efisiensi waktu, dan peningkatan belajar melalui umpan balik. Persepsi
UNDIPUNDIP Tujuan: Penelitian ini menilai efektivitas dan keamanan komparatif dari penutup luka canggih dalam mempromosikan penyembuhan. Metode: Meta-analisis jaringanTujuan: Penelitian ini menilai efektivitas dan keamanan komparatif dari penutup luka canggih dalam mempromosikan penyembuhan. Metode: Meta-analisis jaringan
UNMUNM Menggunakan partisipan aksi penelitian, penelitian ini melibatkan seorang guru bahasa Inggris di sekolah dasar dan 18 siswa kelas empat dalam intervensiMenggunakan partisipan aksi penelitian, penelitian ini melibatkan seorang guru bahasa Inggris di sekolah dasar dan 18 siswa kelas empat dalam intervensi
UNMUNM Namun, tantangan seperti keterbatasan waktu, kurangnya dukungan institusional, dan peluang pengembangan profesional yang terbatas masih menghambat implementasiNamun, tantangan seperti keterbatasan waktu, kurangnya dukungan institusional, dan peluang pengembangan profesional yang terbatas masih menghambat implementasi