STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini mengkaji efektivitas model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran Informatika di Sekolah Menengah Kejuruan. Quasi-eksperimental design dengan kelompok kontrol pretest-posttest melibatkan 51 siswa kelas X SMKN 1 Painan dibagi menjadi kelompok eksperimen (PjBL) dan kontrol (metode konvensional). Data dikumpulkan melalui tes, observasi aktivitas, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan skor posttest pada kelompok eksperimen (rata-rata 78,04; N-Gain 0,56) dibandingkan kelompok kontrol (rata-rata 64,56; N-Gain 0,28), serta peningkatan aktivitas siswa di tiga pertemuan (dari 10,32 menjadi 17,88), dengan perbedaan bermakna (p < 0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa PjBL lebih efektif daripada metode tradisional dalam mendorong keberhasilan akademik dan pembelajaran aktif di konteks pendidikan vokasi.
Studi ini menyimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Proyek lebih efektif signifikan dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa pada mata pelajaran Informatika di sekolah menengah kejuruan.Implementasi PjBL menghasilkan rata-rata nilai posttest yang lebih tinggi dengan kategori N-Gain sedang serta peningkatan konsisten skor aktivitas siswa sepanjang beberapa sesi, menunjukkan peningkatan kognitif dan partisipasi yang aktif dan kolaboratif.Hasil ini menunjukkan bahwa PjBL tidak hanya meningkatkan prestasi akademik tetapi juga mengembangkan keterampilan lunak yang esensial, sehingga direkomendasikan sebagai strategi pedagogis untuk meningkatkan kualitas dan relevansi pembelajaran pada mata pelajaran teknis dan berbasis keterampilan.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi dampak jangka panjang penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) pada retensi pengetahuan, pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan memecahkan masalah siswa Sekolah Menengah Kejuruan dalam mata pelajaran Informatika, misalnya dengan melakukan pengukuran capaian belajar dan observasi aktivitas kolaboratif dalam durasi minimal satu semester pasca intervensi untuk memperoleh data tren keefektifan jangka panjang. Selain itu, studi berikutnya sebaiknya menguji adaptasi serta efektivitas model PjBL di berbagai program keahlian vokasi lain, seperti Teknik Otomotif, Tata Boga, dan Desain Grafis, untuk menilai sejauh mana pendekatan ini dapat ditransfer pada konteks kurikulum yang berbeda, perbedaan karakteristik mata pelajaran, dan kebutuhan keterampilan khusus masing-masing disiplin. Selanjutnya, riset mendatang dapat menyelidiki peran kolaborasi antara guru vokasi dan praktisi industri teknologi dalam merancang proyek-proyek pembelajaran yang kontekstual dan aplikatif, termasuk sistem pendampingan oleh mentor industri, untuk mengevaluasi pengaruhnya terhadap motivasi siswa, relevansi materi pembelajaran, pengembangan soft skills, dan kesiapan kerja di dunia profesional.
- Vocational High School Students’ Creative Thinking Skills Comparison Between Project-Based Learning... doi.org/10.25126/jitecs.93490Vocational High School StudentsAo Creative Thinking Skills Comparison Between Project Based Learning doi 10 25126 jitecs 93490
- Educational chatbots for project-based learning: investigating learning outcomes for a team-based design... doi.org/10.1186/s41239-021-00302-wEducational chatbots for project based learning investigating learning outcomes for a team based design doi 10 1186 s41239 021 00302 w
- The Impact and Measurement of Today’s Learning Technologies in Teaching Software Engineering Course... ieeexplore.ieee.org/document/9768199The Impact and Measurement of TodayAos Learning Technologies in Teaching Software Engineering Course ieeexplore ieee document 9768199
- Improving Student Competence through Informatics-Based Vocational Education | Fitrihana | International... ijair.id/index.php/ijair/article/view/1180Improving Student Competence through Informatics Based Vocational Education Fitrihana International ijair index php ijair article view 1180
- Student engagement and academic achievement: the effect of gamification on case and project-based online... edulearn.intelektual.org/index.php/EduLearn/article/view/21349Student engagement and academic achievement the effect of gamification on case and project based online edulearn intelektual index php EduLearn article view 21349
| File size | 259.45 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
POLIMEDIAPOLIMEDIA Dengan memberikan penyuluhan berupa materi pengetahuan dasar mengenai bagaimana cara Pemanfaatan Platform Media Sosial dan Desin sebagai media promosi,Dengan memberikan penyuluhan berupa materi pengetahuan dasar mengenai bagaimana cara Pemanfaatan Platform Media Sosial dan Desin sebagai media promosi,
UNAIUNAI By prioritizing user demands and preferences, effective UI/UX design can generate a favorable and fulfilling experience for users, while enhancing theBy prioritizing user demands and preferences, effective UI/UX design can generate a favorable and fulfilling experience for users, while enhancing the
GOMITGOMIT Kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode pengabdian yang digunakan adalah sosialisasi dan penyampaianKegiatan dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode pengabdian yang digunakan adalah sosialisasi dan penyampaian
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Peneliti menemukan beberapa masalah terkait penggunaan humor, antara lain: (1) sebagian siswa berisik dan tidak fokus belajar; (2) respon siswa terhadapPeneliti menemukan beberapa masalah terkait penggunaan humor, antara lain: (1) sebagian siswa berisik dan tidak fokus belajar; (2) respon siswa terhadap
Useful /
UMBUMB Adaptasi dan mitigasi diperlukan untuk menjaga keberlanjutan pelabuhan. Penelitian ini menemukan bahwa pelabuhan harus mempertimbangkan topografi lokalAdaptasi dan mitigasi diperlukan untuk menjaga keberlanjutan pelabuhan. Penelitian ini menemukan bahwa pelabuhan harus mempertimbangkan topografi lokal
POLIMEDIAPOLIMEDIA Sebanyak 92% siswa merasa metode ini dapat membantu dan efektif dalam pembelajaran bahasa Jepang. Oleh karena itu, integrasi teknologi pembelajaran berbasisSebanyak 92% siswa merasa metode ini dapat membantu dan efektif dalam pembelajaran bahasa Jepang. Oleh karena itu, integrasi teknologi pembelajaran berbasis
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan merumuskan strategi peningkatan kompetensi mahasiswa program kuliner meskipun terdapat kendala laboratorium, dengan menggunakanPenelitian ini bertujuan merumuskan strategi peningkatan kompetensi mahasiswa program kuliner meskipun terdapat kendala laboratorium, dengan menggunakan
EJGTAEJGTA Hasil menunjukkan bahwa angka radial Steiner bergantung pada struktur dan operasi graf yang digunakan. Temuan ini memperkaya teori graf dengan konsep baruHasil menunjukkan bahwa angka radial Steiner bergantung pada struktur dan operasi graf yang digunakan. Temuan ini memperkaya teori graf dengan konsep baru