Tel-UTel-U

Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR)Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR)

Public relations atau hubungan masyarakat memiliki peran penting dalam membangun, memperbaiki, dan mempertahankan citra dari sebuah lembaga atau perusahaan. Penelitian ini membahas strategi public relations PT Telkom Witel Rikep Batam dalam mempertahankan citra perusahaan melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dari Humas PT Telkom Witel Rikep Batam dalam mempertahankan kembali citra perusahaan melalui konten-konten positif yang dimuat di media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan. Peneliti menggunakan teori dari Cutlip Center & Broom (2005) yakni: (1) mendefinisikan masalah; (2) membuat rencana dan program; (3) bertindak dan berkomunikasi; dan (4) mengevaluasi program. Hasil dari penelitian ini PT Telkom Witel Rikep Batam menerapkan tahapan-tahapan mulai dari merumuskan masalah, membuat rencana, eksekusi sebuah program, dan evaluasi.

PT Telkom Witel Rikep Batam menerapkan strategi humas dalam mempertahankan citra perusahaan melalui media sosial dengan empat tahapan utama.mendefinisikan masalah, membuat rencana dan program, bertindak serta berkomunikasi, dan mengevaluasi program.Strategi tersebut dilaksanakan secara kolaboratif antara General Support dan Consumer Service dengan memantau respons publik di Instagram, TikTok, dan Facebook.Evaluasi dilakukan berdasarkan peningkatan engagement, like, dan penjualan, serta analisis terhadap faktor keberhasilan dan hambatan dari setiap kegiatan yang dilaksanakan.

Pertama, perlu penelitian lanjutan yang mengkaji efektivitas masing-masing platform media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook dalam membangun citra perusahaan, untuk mengetahui mana yang paling berdampak terhadap peningkatan engagement dan loyalitas konsumen. Kedua, penting untuk mengeksplorasi bagaimana konten edukatif dibandingkan konten hiburan atau give away memengaruhi persepsi masyarakat terhadap citra perusahaan dalam jangka panjang. Ketiga, diperlukan studi tentang peran kolaborasi antara tim humas dan layanan pelanggan dalam menangani krisis reputasi secara real-time, termasuk analisis respon cepat terhadap komentar negatif dan strategi komunikasi pemulihan citra yang paling efektif di ranah digital.

  1. #evaluasi program blt#evaluasi program blt
File size274.11 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test