E SIBERE SIBER
Siber International Journal of Sport EducationSiber International Journal of Sport EducationPeran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bimbingan Konseling, dalam Menghadapi Generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah kepemimpinan kepala sekolah dalam mempersiapkan bimbingan konseling berperan terhadap Generasi Z. Metode penulisan artikel ilmiah ini menggunakan metode penelitian pustaka, dengan sumber dari media daring seperti Google Scholar, Mendeley, dan media online lainnya. Hasil studi menunjukkan: 1) kepemimpinan kepala sekolah berperan terhadap Generasi Z, 2) bimbingan konseling berperan terhadap Generasi Z, 3) kepemimpinan kepala sekolah berperan dalam mempersiapkan bimbingan konseling untuk menghadapi Generasi Z. Selain dua variabel eksogen tersebut yang memengaruhi variabel endogen Generasi Z, terdapat pula faktor-faktor lain seperti motivasi, lingkungan, dan budaya organisasi.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berperan signifikan terhadap Generasi Z.Selain itu, bimbingan konseling juga memiliki peran penting dalam perkembangan Generasi Z.Selanjutnya, kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi dalam mempersiapkan bimbingan konseling untuk menghadapi tantangan Generasi Z.
Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi bagaimana tingkat kompetensi digital kepala sekolah mempengaruhi efektivitas program bimbingan konseling bagi Generasi Z, dengan menggunakan pendekatan survei terstruktur dan analisis regresi multivariat untuk mengidentifikasi hubungan kausal antara kompetensi tersebut dan hasil akademik serta kesejahteraan psikologis siswa. Selanjutnya, studi komparatif dapat dilakukan antara sekolah yang menerapkan platform teknologi terkini, seperti aplikasi mobile dan sistem e‑counseling, dalam layanan bimbingan konseling dan sekolah yang masih menggunakan metode konvensional berbasis tatap muka, guna menilai dampak integrasi teknologi terhadap kepuasan, partisipasi, dan perkembangan keterampilan sosial siswa Generasi Z selama periode belajar. Akhirnya, penelitian kualitatif longitudinal dapat meneliti peran kolaborasi yang terstruktur antara kepala sekolah, guru bimbingan konseling, orang tua, dan pihak komunitas dalam membangun ekosistem dukungan holistik, serta bagaimana mekanisme koordinasi, pelatihan bersama, dan evaluasi berkelanjutan berkontribusi pada pengembangan karakter, motivasi belajar, dan kesiapan karir siswa selama transisi dari pendidikan menengah ke pendidikan tinggi.
| File size | 228.01 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY Meskipun Flipped Classroom banyak digunakan dalam konteks EFL umum, bukti efektivitasnya dalam Bahasa Inggris Bisnis, yang termasuk dalam English for SpecificMeskipun Flipped Classroom banyak digunakan dalam konteks EFL umum, bukti efektivitasnya dalam Bahasa Inggris Bisnis, yang termasuk dalam English for Specific
UNYUNY Desain kualitatif digunakan, menggabungkan wawancara semi-terstruktur dengan 15 peserta (N=15), yang terdiri dari guru, administrator, dan instruktur vokasionalDesain kualitatif digunakan, menggabungkan wawancara semi-terstruktur dengan 15 peserta (N=15), yang terdiri dari guru, administrator, dan instruktur vokasional
UNYUNY Temuan ini memberikan bukti empiris bahwa sistem reward yang efektif dan tingkat komitmen organisasi yang tinggi mampu mendorong kepemimpinan transformasional,Temuan ini memberikan bukti empiris bahwa sistem reward yang efektif dan tingkat komitmen organisasi yang tinggi mampu mendorong kepemimpinan transformasional,
UNNESUNNES Konsep diri akademik yang rendah dapat menyebabkan siswa mudah putus asa, kehilangan motivasi belajar, dan enggan berpartisipasi aktif di kelas karenaKonsep diri akademik yang rendah dapat menyebabkan siswa mudah putus asa, kehilangan motivasi belajar, dan enggan berpartisipasi aktif di kelas karena
NINETYJOURNALNINETYJOURNAL Rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem ini, serta faktor-faktor apa saja yang memengaruhinya berdasarkanRumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem ini, serta faktor-faktor apa saja yang memengaruhinya berdasarkan
E SIBERE SIBER Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah guru bimbingan dan konseling dapat memainkan peran dalam meningkatkan disiplin pada generasi Z.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah guru bimbingan dan konseling dapat memainkan peran dalam meningkatkan disiplin pada generasi Z.
UNSIQUNSIQ Pemahaman dan penerapan komponen-komponen tersebut dalam kehidupan sehari-hari dapat mendukung pencapaian prestasi belajar baik akademik maupun non-akademikPemahaman dan penerapan komponen-komponen tersebut dalam kehidupan sehari-hari dapat mendukung pencapaian prestasi belajar baik akademik maupun non-akademik
UNDIKSHAUNDIKSHA Pengembangan sistem informasi berbasis cloud menawarkan fleksibilitas yang lebih besar untuk skala perusahaan. Untuk optimalisasi hasil, perlu adanya komitmenPengembangan sistem informasi berbasis cloud menawarkan fleksibilitas yang lebih besar untuk skala perusahaan. Untuk optimalisasi hasil, perlu adanya komitmen
Useful /
UNSIQUNSIQ Metode yang digunakan berupa pelatihan intensif selama tiga kali pertemuan yang meliputi seminar, praktik tubuh dan pikiran, serta penerapan teknik mindfulnessMetode yang digunakan berupa pelatihan intensif selama tiga kali pertemuan yang meliputi seminar, praktik tubuh dan pikiran, serta penerapan teknik mindfulness
UNSIQUNSIQ Berdasarkan analisis data sejarah, Masjid Nabawi menjadi dasar pembentukan Masjid Agung Keraton Surakarta. Konsep ruang sholat utama mengacu pada MasjidBerdasarkan analisis data sejarah, Masjid Nabawi menjadi dasar pembentukan Masjid Agung Keraton Surakarta. Konsep ruang sholat utama mengacu pada Masjid
UNDIKSHAUNDIKSHA 2 dan IX. 4 SMP Negeri 1 Palembang dengan 64 siswa, menggunakan 8 teknik pembelajaran drill servis atas yang telah dinyatakan valid. Hasil belajar siswa2 dan IX. 4 SMP Negeri 1 Palembang dengan 64 siswa, menggunakan 8 teknik pembelajaran drill servis atas yang telah dinyatakan valid. Hasil belajar siswa
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menyelidiki pengaruh pembelajaran mindful terhadap kompetensi menulis siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain kelompokPenelitian ini menyelidiki pengaruh pembelajaran mindful terhadap kompetensi menulis siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain kelompok