UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Panggilan mendesak UNESCO untuk meningkatkan intervensi demi pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan memotivasi penelitian ini untuk menilai tingkat dan keterkaitan pengetahuan, sikap, dan perilaku (KAB) guru (n = 107) serta siswa (n = 342) terhadap pendidikan berkelanjutan, dengan fokus pada tanaman Pili (Canarium ovatum). Penelitian ini merupakan bagian dari proyek lebih besar yang melibatkan Pili untuk mengontekstualisasikan bahan pembelajaran dan instruksional. Peneliti menggunakan pendekatan survei deskriptif cross‑sectional dengan kuesioner yang disebarkan melalui Google Forms. Tingkat KAB dikategorikan menjadi miskin, sedang, dan tinggi melalui analisis deskriptif, dan hubungan antar komponen ditentukan dengan uji Chi‑Square Pearson. Hasil menunjukkan bahwa meskipun hubungan KAB guru berbeda dengan siswa, keduanya menilai bahwa pengetahuan dan sikap yang baik belum cukup untuk menghasilkan perilaku positif. Oleh karena itu, upaya meningkatkan motivasi, keterlibatan, serta mengidentifikasi hambatan konversi pengetahuan dan sikap menjadi perilaku yang mendukung pembangunan berkelanjutan sangat diperlukan.

Penelitian ini menunjukkan bahwa guru dan siswa memiliki pengetahuan serta sikap yang tinggi terhadap pendidikan berkelanjutan pada tanaman Pili, namun perilaku mereka masih rendah, dan hubungan antara pengetahuan, sikap, dan perilaku berbeda antara guru dan siswa.Diperlukan peluang dan motivasi khusus yang disesuaikan untuk meningkatkan perilaku positif, termasuk integrasi Pili dalam kegiatan lingkungan sekolah.Penelitian selanjutnya harus menyelidiki faktor penghambat perilaku positif, memperluas variabel selain Pili, serta mengembangkan pedagogi dan program instruksional yang efektif.

Penelitian lanjutan dapat mempelajari faktor-faktor penghalang yang menghambat guru dan siswa dalam mentransformasikan pengetahuan serta sikap positif menjadi perilaku berkelanjutan terkait Pili, misalnya dengan mengadakan wawancara mendalam atau focus group discussion untuk mengidentifikasi hambatan praktis dan psikologis. Selain itu, perlu dikembangkan modul kurikulum berbasis proyek yang mengintegrasikan kegiatan keberlanjutan berbasis Pili ke dalam pembelajaran sains, kemudian diuji efektivitasnya terhadap perubahan KAB siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Selanjutnya, disarankan untuk memperluas penelitian ke tanaman atau sumber daya lokal lainnya di luar Pili, guna membandingkan pola KAB antar komoditas serta menguji apakah temuan ini dapat digeneralisasikan ke wilayah atau konteks pendidikan berbeda, dengan menggunakan desain campuran kuantitatif‑kualitatif.

  1. Development and validation of online survey ınstrument on sustainable development for science teachers:... tused.org/index.php/tused/article/view/1594Development and validation of online survey nstrument on sustainable development for science teachers tused index php tused article view 1594
  2. Constructivist Learning Amid the COVID-19 Pandemic: Investigating Students’ Perceptions... doi.org/10.26803/ijlter.20.3.15Constructivist Learning Amid the COVID 19 Pandemic Investigating StudentsyCE Perceptions doi 10 26803 ijlter 20 3 15
  3. Knowledge, Attitudes and Behaviours Concerning Sustainable Development: A Study among Prospective Elementary... doi.org/10.5539/hes.v9n2p22Knowledge Attitudes and Behaviours Concerning Sustainable Development A Study among Prospective Elementary doi 10 5539 hes v9n2p22
  4. . home browse journals resources submission books contact information aims scope editorial board guidelines... doi.org/10.13189/ujer.2018.060625home browse journals resources submission books contact information aims scope editorial board guidelines doi 10 13189 ujer 2018 060625
File size356.79 KB
Pages17
DMCAReportReport

ads-block-test