UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPanggilan mendesak UNESCO untuk meningkatkan intervensi demi pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan memotivasi penelitian ini untuk menilai tingkat dan keterkaitan pengetahuan, sikap, dan perilaku (KAB) guru (n = 107) serta siswa (n = 342) terhadap pendidikan berkelanjutan, dengan fokus pada tanaman Pili (Canarium ovatum). Penelitian ini merupakan bagian dari proyek lebih besar yang melibatkan Pili untuk mengontekstualisasikan bahan pembelajaran dan instruksional. Peneliti menggunakan pendekatan survei deskriptif cross‑sectional dengan kuesioner yang disebarkan melalui Google Forms. Tingkat KAB dikategorikan menjadi miskin, sedang, dan tinggi melalui analisis deskriptif, dan hubungan antar komponen ditentukan dengan uji Chi‑Square Pearson. Hasil menunjukkan bahwa meskipun hubungan KAB guru berbeda dengan siswa, keduanya menilai bahwa pengetahuan dan sikap yang baik belum cukup untuk menghasilkan perilaku positif. Oleh karena itu, upaya meningkatkan motivasi, keterlibatan, serta mengidentifikasi hambatan konversi pengetahuan dan sikap menjadi perilaku yang mendukung pembangunan berkelanjutan sangat diperlukan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa guru dan siswa memiliki pengetahuan serta sikap yang tinggi terhadap pendidikan berkelanjutan pada tanaman Pili, namun perilaku mereka masih rendah, dan hubungan antara pengetahuan, sikap, dan perilaku berbeda antara guru dan siswa.Diperlukan peluang dan motivasi khusus yang disesuaikan untuk meningkatkan perilaku positif, termasuk integrasi Pili dalam kegiatan lingkungan sekolah.Penelitian selanjutnya harus menyelidiki faktor penghambat perilaku positif, memperluas variabel selain Pili, serta mengembangkan pedagogi dan program instruksional yang efektif.
Penelitian lanjutan dapat mempelajari faktor-faktor penghalang yang menghambat guru dan siswa dalam mentransformasikan pengetahuan serta sikap positif menjadi perilaku berkelanjutan terkait Pili, misalnya dengan mengadakan wawancara mendalam atau focus group discussion untuk mengidentifikasi hambatan praktis dan psikologis. Selain itu, perlu dikembangkan modul kurikulum berbasis proyek yang mengintegrasikan kegiatan keberlanjutan berbasis Pili ke dalam pembelajaran sains, kemudian diuji efektivitasnya terhadap perubahan KAB siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Selanjutnya, disarankan untuk memperluas penelitian ke tanaman atau sumber daya lokal lainnya di luar Pili, guna membandingkan pola KAB antar komoditas serta menguji apakah temuan ini dapat digeneralisasikan ke wilayah atau konteks pendidikan berbeda, dengan menggunakan desain campuran kuantitatif‑kualitatif.
- Development and validation of online survey ınstrument on sustainable development for science teachers:... tused.org/index.php/tused/article/view/1594Development and validation of online survey nstrument on sustainable development for science teachers tused index php tused article view 1594
- Constructivist Learning Amid the COVID-19 Pandemic: Investigating Students’ Perceptions... doi.org/10.26803/ijlter.20.3.15Constructivist Learning Amid the COVID 19 Pandemic Investigating StudentsyCE Perceptions doi 10 26803 ijlter 20 3 15
- Knowledge, Attitudes and Behaviours Concerning Sustainable Development: A Study among Prospective Elementary... doi.org/10.5539/hes.v9n2p22Knowledge Attitudes and Behaviours Concerning Sustainable Development A Study among Prospective Elementary doi 10 5539 hes v9n2p22
- . home browse journals resources submission books contact information aims scope editorial board guidelines... doi.org/10.13189/ujer.2018.060625home browse journals resources submission books contact information aims scope editorial board guidelines doi 10 13189 ujer 2018 060625
| File size | 356.79 KB |
| Pages | 17 |
| Short Link | https://juris.id/p-6h |
| DMCA | Report |
Related /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Materi disampaikan dengan metode presentasi, tanya jawab, dan praktik oleh peserta. Pelatihan laboratorium ini terbukti meningkatkan pemahaman dan keterampilanMateri disampaikan dengan metode presentasi, tanya jawab, dan praktik oleh peserta. Pelatihan laboratorium ini terbukti meningkatkan pemahaman dan keterampilan
UKIUKI Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran PBL berbasis etnosains secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran PBL berbasis etnosains secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan meneliti sains pada usia dini untuk mendukung anak-anak dalam menguasai kompetensi yang diperlukanPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan meneliti sains pada usia dini untuk mendukung anak-anak dalam menguasai kompetensi yang diperlukan
UNYUNY Pendekatan inquiry yang diterapkan dengan model ADDIE terbukti efektif meningkatkan pemahaman konsep numerasi siswa. Validasi oleh ahli media dan materiPendekatan inquiry yang diterapkan dengan model ADDIE terbukti efektif meningkatkan pemahaman konsep numerasi siswa. Validasi oleh ahli media dan materi
CAHAYA ICCAHAYA IC Metode yang digunakan adalah campuran metode kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen berupa kuesioner yang diadaptasi dari penelitian sebelumnya. SampelMetode yang digunakan adalah campuran metode kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen berupa kuesioner yang diadaptasi dari penelitian sebelumnya. Sampel
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT The findings underscore the potential of inquiry-based learning modules to foster key scientific competencies and suggest that gender-responsive strategiesThe findings underscore the potential of inquiry-based learning modules to foster key scientific competencies and suggest that gender-responsive strategies
UNYUNY Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh implementasi modul kesehatan reproduksi remaja berbasis masalah terhadap keterampilan hidup dan sikap positifPenelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh implementasi modul kesehatan reproduksi remaja berbasis masalah terhadap keterampilan hidup dan sikap positif
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai literasi ilmiah terdapat dalam teks legenda Lancang Kuning, yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaranHasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai literasi ilmiah terdapat dalam teks legenda Lancang Kuning, yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran
Useful /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Peserta memahami teori potensi desa, kewirausahaan, dan praktik pembuatan sabun. Evaluasi menunjukkan 90% peserta memahami materi, dan terbentuknya kelompokPeserta memahami teori potensi desa, kewirausahaan, dan praktik pembuatan sabun. Evaluasi menunjukkan 90% peserta memahami materi, dan terbentuknya kelompok
UKIUKI Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelasMetode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas
UKIUKI Hasil menunjukkan bahwa 68% mahasiswa merasa pembelajaran daring kurang efektif karena keterbatasan akses internet, minimnya interaksi dengan dosen, danHasil menunjukkan bahwa 68% mahasiswa merasa pembelajaran daring kurang efektif karena keterbatasan akses internet, minimnya interaksi dengan dosen, dan
UMMUMM Hasil pirolisis berupa minyak, gas, dan arang yang dianalisis dengan kromatografi gas-spektrometri massa. Minyak yang dihasilkan mengandung senyawa hidrokarbonHasil pirolisis berupa minyak, gas, dan arang yang dianalisis dengan kromatografi gas-spektrometri massa. Minyak yang dihasilkan mengandung senyawa hidrokarbon