UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPromosi literasi digital merupakan tujuan utama beragam inisiatif pendidikan di semua konteks. Namun, literatur yang membahas strategi untuk mempromosikan literasi digital siswa masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian kualitatif ini bertujuan mengidentifikasi strategi guru EFL dan administrator sekolah dalam meningkatkan literasi digital siswa EFL agar mampu menghadapi tantangan new normal. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan 6 guru EFL dan 6 administrator sekolah di sekolah internasional Arab di Kuala Lumpur menggunakan teknik sampling nyaman. Data kualitatif dianalisis secara tematik. Hasil menunjukkan bahwa guru menerapkan empat strategi: memotivasi siswa, menyelenggarakan lokakarya pelatihan, penggunaan langsung teknologi digital di kelas, dan meningkatkan infrastruktur digital kelas. Sebaliknya, administrator sekolah melaporkan empat strategi: meningkatkan kesadaran orang tua tentang pentingnya teknologi digital, melatih guru dan siswa, peningkatan infrastruktur kelas, dan merancang ulang kelas EFL. Temuan ini memiliki implikasi bagi pembuat kebijakan dan peneliti serta menegaskan perlunya studi skala besar lanjutan untuk mengidentifikasi faktor penghambat promosi teknologi digital.
Penelitian ini mengidentifikasi delapan strategi utama yang digunakan guru dan administrator sekolah dalam mempromosikan literasi digital siswa EFL, meliputi motivasi, pelatihan, penggunaan langsung teknologi, peningkatan infrastruktur, peningkatan kesadaran orang tua, dan perancangan ulang ruang kelas.Penerapan strategi tersebut diharapkan dapat memperkuat kompetensi digital siswa agar mampu menghadapi tantangan pembelajaran di era digital.Untuk memperluas pemahaman, diperlukan studi skala besar yang lebih mendalam guna mengungkap faktor penghambat dan mengoptimalkan implementasi literasi digital di tingkat sekolah.
Penelitian kuantitatif skala besar perlu dilakukan untuk mengukur secara sistematis faktor-faktor yang menghambat promosi literasi digital siswa dan melihat keterkaitan antara infrastruktur, pelatihan, serta dukungan orang tua. Selain itu, studi eksperimen dapat dirancang untuk menguji efektivitas model pelatihan terpadu bagi guru dan siswa dalam meningkatkan literasi digital di kelas EFL. Penelitian kualitatif komparatif juga layak diadakan untuk membandingkan strategi yang diadopsi pada sekolah internasional Arab dengan sekolah negeri lainnya, sehingga dapat ditemukan praktik terbaik yang kontekstual. Kajian longitudinal dapat membantu memantau perkembangan kompetensi digital siswa dari tahun ke tahun dan menilai keberlanjutan dampak intervensi. Akhirnya, penelitian desain kurikulum berbasis teknologi sebaiknya difokuskan pada pengembangan modul pembelajaran digital yang terintegrasi dalam pembelajaran EFL dan diuji kelayakannya di berbagai tingkatan sekolah. Dengan demikian, saran penelitian ini diharapkan dapat membuka wawasan baru dan memperkaya literatur tentang literasi digital dalam konteks EFL.
| File size | 298.16 KB |
| Pages | 12 |
| Short Link | https://juris.id/p-6m |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY Penyebab kesalahan dan beberapa saran sementara untuk mengatasi masalah ini dibahas. Kesalahan diidentifikasi berdasarkan kesalahan cara dan tempat artikulasiPenyebab kesalahan dan beberapa saran sementara untuk mengatasi masalah ini dibahas. Kesalahan diidentifikasi berdasarkan kesalahan cara dan tempat artikulasi
UNYUNY ketiga, terdapat interaksi signifikan antara jenis media dan kemampuan asosiasi, di mana anak dengan kemampuan asosiasi tinggi yang bermain dengan mediaketiga, terdapat interaksi signifikan antara jenis media dan kemampuan asosiasi, di mana anak dengan kemampuan asosiasi tinggi yang bermain dengan media
UNYUNY Penelitian ini dilakukan dengan menguji dataset terstruktur dari kueri pencarian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggulPenelitian ini dilakukan dengan menguji dataset terstruktur dari kueri pencarian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggul
UNYUNY Temuan menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa mengidentifikasi diri sebagai penjelajah (33%), diikuti pencapai (30%), pembunuh (24%), dan sosial (13%).Temuan menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa mengidentifikasi diri sebagai penjelajah (33%), diikuti pencapai (30%), pembunuh (24%), dan sosial (13%).
UNYUNY Terdapat hubungan signifikan secara statistik antara persepsi keamanan kerja dan pandangan tentang iklim sekolah, dengan pandangan guru tentang iklim sekolahTerdapat hubungan signifikan secara statistik antara persepsi keamanan kerja dan pandangan tentang iklim sekolah, dengan pandangan guru tentang iklim sekolah
UNYUNY Penelitian lanjutan sebaiknya mengeksplorasi efek jangka panjang penggunaan organizer grafis di berbagai disiplin ilmu guna memvalidasi penerapannya secaraPenelitian lanjutan sebaiknya mengeksplorasi efek jangka panjang penggunaan organizer grafis di berbagai disiplin ilmu guna memvalidasi penerapannya secara
UNYUNY Ethiopia menghadapi peluang yang sangat besar serta tantangan signifikan dalam membentuk sistem pendidikan nasionalnya. Untuk memahami secara menyeluruhEthiopia menghadapi peluang yang sangat besar serta tantangan signifikan dalam membentuk sistem pendidikan nasionalnya. Untuk memahami secara menyeluruh
UNYUNY Studi ini melibatkan tiga pakar yang memvalidasi instrumen serta delapan siswa dengan disabilitas belajar sebagai partisipan. Pendekatan campuran (mixed‑methods)Studi ini melibatkan tiga pakar yang memvalidasi instrumen serta delapan siswa dengan disabilitas belajar sebagai partisipan. Pendekatan campuran (mixed‑methods)
Useful /
UNYUNY Namun, dominasi notasi musik Barat dalam kurikulum modern menjadi hambatan bagi siswa dalam memahami dan memainkan musik Sunda akibat perbedaan sistemNamun, dominasi notasi musik Barat dalam kurikulum modern menjadi hambatan bagi siswa dalam memahami dan memainkan musik Sunda akibat perbedaan sistem
UNYUNY Analisis tematik mengungkapkan beberapa hambatan signifikan: (1) ketidaksesuaian aksesibilitas bahan pembelajaran digital, dengan 80% mahasiswa melaporkanAnalisis tematik mengungkapkan beberapa hambatan signifikan: (1) ketidaksesuaian aksesibilitas bahan pembelajaran digital, dengan 80% mahasiswa melaporkan
UNYUNY Metode yang digunakan meliputi pulping, bleaching, dan pembuatan lembaran kertas, kemudian dibandingkan dengan kertas komersial. Hasilnya menunjukkan bahwaMetode yang digunakan meliputi pulping, bleaching, dan pembuatan lembaran kertas, kemudian dibandingkan dengan kertas komersial. Hasilnya menunjukkan bahwa
UNYUNY Sampel penelitian terdiri dari 255 guru, 57 kepala sekolah, dan 315 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakanSampel penelitian terdiri dari 255 guru, 57 kepala sekolah, dan 315 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan