UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Ibu memiliki peran besar dalam setiap aspek kehidupan anak. Selama periode pembelajaran dari rumah, perilaku negatif anak dapat berubah dan dipengaruhi oleh efikasi maternal, beban maternal, serta praktik pengasuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan beban maternal dan praktik pengasuhan sebelum dan selama pembelajaran dari rumah, serta menganalisis pengaruh beban maternal pada pembelajaran dari rumah, efikasi maternal, dan praktik pengasuhan terhadap perilaku negatif anak usia 5–6 tahun. Penelitian ini menggunakan desain studi potong lintang dan retrospektif, dilaksanakan di tiga taman kanak-kanak berstatus akreditasi A di Kelurahan Jagakarsa, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, dengan 100 ibu bekerja yang dipilih melalui teknik sampling sukarela. Hasil uji pengaruh menunjukkan beban maternal selama pembelajaran dari rumah berpengaruh negatif signifikan terhadap efikasi maternal, sedangkan efikasi maternal berpengaruh positif signifikan terhadap praktik pengasuhan negatif dan perilaku negatif anak. Berdasarkan hasil penelitian, efikasi maternal orang tua diasumsikan kurang kuat untuk mencegah praktik pengasuhan negatif selama pandemi Covid-19. Selain itu, praktik pengasuhan negatif oleh ibu berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku negatif anak.

Penelitian ini menunjukkan beban maternal meningkat secara signifikan selama periode pembelajaran dari rumah.Selain itu, praktik pengasuhan mengalami perubahan positif dengan penurunan praktik pengasuhan negatif dan peningkatan praktik pengasuhan positif.Variabel praktik pengasuhan juga merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap emosi dan perilaku negatif anak selama pembelajaran dari rumah.

Penelitian selanjutnya sebaiknya mengadopsi desain longitudinal dengan pengukuran berulang untuk memantau perubahan beban maternal dan efikasi maternal sejak sebelum, selama, hingga setelah periode pembelajaran dari rumah, agar perkembangan temporal dan momen krusial inisiasi atau penurunan efektivitas pengasuhan dapat diidentifikasi, serta faktor pendukung dan penghambat utama intervensi edukasi orang tua dapat digali dengan lebih akurat. Ide kedua berupa penerapan metode campuran (mixed methods) yang menggabungkan observasi langsung interaksi orang tua-anak di rumah, wawancara semi-terstruktur bersama orang tua dan guru PAUD, serta pengisian jurnal harian oleh anak sesuai usia, dengan tujuan membandingkan persepsi orang tua tentang praktik pengasuhan dan pengalaman emosi maupun perilaku negatif yang dirasakan anak, sehingga kesenjangan persepsi serta akar penyebab konflik atau kekerasan verbal dapat diungkap secara mendalam. Saran ketiga adalah melakukan perluasan sampel penelitian dengan melibatkan tidak hanya ibu bekerja tetapi juga ibu rumah tangga, ayah, serta keluarga dari beragam latar belakang sosial-ekonomi dan wilayah di Indonesia, sehingga perbedaan dinamika peran gender, tingkat pendidikan, dan kondisi pekerjaan dapat dianalisis lintas kelompok secara representatif untuk menghasilkan rekomendasi kebijakan pengasuhan yang inklusif dan tepat sasaran.

  1. The effect of mother's burden on learning from home, maternal-efficacy, and maternal care practices... journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/40419The effect of mothers burden on learning from home maternal efficacy and maternal care practices journal uny ac index php cp article view 40419
File size280.66 KB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test