UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanIbu memiliki peran besar dalam setiap aspek kehidupan anak. Selama periode pembelajaran dari rumah, perilaku negatif anak dapat berubah dan dipengaruhi oleh efikasi maternal, beban maternal, serta praktik pengasuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan beban maternal dan praktik pengasuhan sebelum dan selama pembelajaran dari rumah, serta menganalisis pengaruh beban maternal pada pembelajaran dari rumah, efikasi maternal, dan praktik pengasuhan terhadap perilaku negatif anak usia 5–6 tahun. Penelitian ini menggunakan desain studi potong lintang dan retrospektif, dilaksanakan di tiga taman kanak-kanak berstatus akreditasi A di Kelurahan Jagakarsa, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, dengan 100 ibu bekerja yang dipilih melalui teknik sampling sukarela. Hasil uji pengaruh menunjukkan beban maternal selama pembelajaran dari rumah berpengaruh negatif signifikan terhadap efikasi maternal, sedangkan efikasi maternal berpengaruh positif signifikan terhadap praktik pengasuhan negatif dan perilaku negatif anak. Berdasarkan hasil penelitian, efikasi maternal orang tua diasumsikan kurang kuat untuk mencegah praktik pengasuhan negatif selama pandemi Covid-19. Selain itu, praktik pengasuhan negatif oleh ibu berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku negatif anak.
Penelitian ini menunjukkan beban maternal meningkat secara signifikan selama periode pembelajaran dari rumah.Selain itu, praktik pengasuhan mengalami perubahan positif dengan penurunan praktik pengasuhan negatif dan peningkatan praktik pengasuhan positif.Variabel praktik pengasuhan juga merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap emosi dan perilaku negatif anak selama pembelajaran dari rumah.
Penelitian selanjutnya sebaiknya mengadopsi desain longitudinal dengan pengukuran berulang untuk memantau perubahan beban maternal dan efikasi maternal sejak sebelum, selama, hingga setelah periode pembelajaran dari rumah, agar perkembangan temporal dan momen krusial inisiasi atau penurunan efektivitas pengasuhan dapat diidentifikasi, serta faktor pendukung dan penghambat utama intervensi edukasi orang tua dapat digali dengan lebih akurat. Ide kedua berupa penerapan metode campuran (mixed methods) yang menggabungkan observasi langsung interaksi orang tua-anak di rumah, wawancara semi-terstruktur bersama orang tua dan guru PAUD, serta pengisian jurnal harian oleh anak sesuai usia, dengan tujuan membandingkan persepsi orang tua tentang praktik pengasuhan dan pengalaman emosi maupun perilaku negatif yang dirasakan anak, sehingga kesenjangan persepsi serta akar penyebab konflik atau kekerasan verbal dapat diungkap secara mendalam. Saran ketiga adalah melakukan perluasan sampel penelitian dengan melibatkan tidak hanya ibu bekerja tetapi juga ibu rumah tangga, ayah, serta keluarga dari beragam latar belakang sosial-ekonomi dan wilayah di Indonesia, sehingga perbedaan dinamika peran gender, tingkat pendidikan, dan kondisi pekerjaan dapat dianalisis lintas kelompok secara representatif untuk menghasilkan rekomendasi kebijakan pengasuhan yang inklusif dan tepat sasaran.
| File size | 280.66 KB |
| Pages | 13 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNYUNY 933). Analisis statistik meliputi statistik deskriptif dan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil menunjukkan bahwa kesiapan mengajar pada ketiga933). Analisis statistik meliputi statistik deskriptif dan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil menunjukkan bahwa kesiapan mengajar pada ketiga
UNYUNY Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan rancangan pretest–posttest kontrol grup acak, melibatkan siswa SMP yang dibagi menjadiDesain penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan rancangan pretest–posttest kontrol grup acak, melibatkan siswa SMP yang dibagi menjadi
UNYUNY Namun, literatur yang membahas strategi untuk mempromosikan literasi digital siswa masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian kualitatif ini bertujuanNamun, literatur yang membahas strategi untuk mempromosikan literasi digital siswa masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian kualitatif ini bertujuan
UNYUNY Penelitian ini bertujuan merancang program pengembangan profesional bagi guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia. Menggunakan pendekatanPenelitian ini bertujuan merancang program pengembangan profesional bagi guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia. Menggunakan pendekatan
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Tidak ditemukan perbedaan signifikan pada rasio keuangan CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Akuisisi yang dilakukan oleh perusahaanTidak ditemukan perbedaan signifikan pada rasio keuangan CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan
UNYUNY Tingkat KAB dikategorikan menjadi miskin, sedang, dan tinggi melalui analisis deskriptif, dan hubungan antar komponen ditentukan dengan uji Chi‑SquareTingkat KAB dikategorikan menjadi miskin, sedang, dan tinggi melalui analisis deskriptif, dan hubungan antar komponen ditentukan dengan uji Chi‑Square
UNYUNY Instrumen pengukuran kompetensi guru mendukung upaya mencapai pendidikan berkualitas dan menjadi isu global yang terkait langsung dengan kualitas guru.Instrumen pengukuran kompetensi guru mendukung upaya mencapai pendidikan berkualitas dan menjadi isu global yang terkait langsung dengan kualitas guru.
UNYUNY Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif untuk membandingkan persepsi kualitas hidup antara mahasiswa pendidikan olahraga dan mahasiswa non‑pendidikanPenelitian ini menggunakan metode survei deskriptif untuk membandingkan persepsi kualitas hidup antara mahasiswa pendidikan olahraga dan mahasiswa non‑pendidikan