UNMUNM

International Journal of Language EducationInternational Journal of Language Education

Penelitian ini menyelidiki dampak Pendekatan Terpadu Murdoch (MIA) dalam meningkatkan pemahaman membaca bahasa Inggris dan pemikiran analitis di kalangan siswa kelas 5 Thailand, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4 tentang pendidikan berkualitas. Desain pretest-posttest satu kelompok diterapkan menggunakan delapan rencana pembelajaran terstruktur selama satu semester. Dua tes membaca bahasa Inggris digunakan untuk menilai pemahaman dan membaca analitis sebelum dan sesudah intervensi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan di kedua aspek. Peningkatan ini terjadi karena MIA mempromosikan pembelajaran berbasis inquiry, keterlibatan aktif siswa, dan refleksi berpikir, yang memungkinkan pembelajar menginterpretasikan teks secara bermakna dan menerapkan ide secara kritis. Meskipun tidak adanya kelompok kontrol memerlukan interpretasi hati-hati, temuan ini menyoroti potensi MIA dalam meningkatkan keterampilan bahasa penting di tingkat dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pendidikan bahasa dengan mendukung inovasi pedagogis yang selaras dengan tujuan pembangunan global.

Pendekatan Terpadu Murdoch (MIA) terbukti efektif dalam meningkatkan secara signifikan pemahaman membaca bahasa Inggris dan keterampilan membaca analitis siswa kelas 5 Thailand melalui pembelajaran berbasis inquiry, refleksi metakognitif, dan keterlibatan aktif.Temuan ini menyokong penerapan strategi pedagogis terpadu di tingkat dasar, yang tidak hanya membangun kompetensi literasi tetapi juga membentuk sikap kritis dan mandiri dalam belajar.Penelitian ini menawarkan model pengajaran yang dapat direplikasi untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4, dengan menekankan pentingnya integrasi komprehensi dan analisis dalam kurikulum bahasa sejak dini.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi bagaimana pendekatan terpadu Murdoch (MIA) dapat diterapkan secara bertahap di kelas-kelas yang lebih muda, seperti kelas 1 hingga 3, untuk mengetahui apakah keterampilan membaca dan berpikir kritis dapat dibangun lebih awal dan secara lebih permanen. Selain itu, perlu diteliti bagaimana penggabungan teknologi digital, seperti aplikasi interaktif atau video pendek, dapat memperkaya proses Finding Out dan Taking Action dalam MIA, terutama di sekolah-sekolah dengan keterbatasan sumber daya. Terakhir, penelitian ini bisa dikembangkan dengan mempelajari dampak jangka panjang MIA terhadap motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa setelah mereka naik ke jenjang sekolah menengah, untuk melihat apakah manfaat yang terlihat di kelas 5 tetap bertahan dan berkembang seiring waktu.

  1. Students’ Learning Styles in Blended English Learning in an Indonesian Private School | Journal... doi.org/10.71194/jlla.v1i1.68StudentsAo Learning Styles in Blended English Learning in an Indonesian Private School Journal doi 10 71194 jlla v1i1 68
  2. Utilization of the Reading Corner to Increase Reading Interest in Grade 7 Students | Ida | Indonesian... doi.org/10.17509/ijomr.v5i1.81656Utilization of the Reading Corner to Increase Reading Interest in Grade 7 Students Ida Indonesian doi 10 17509 ijomr v5i1 81656
  3. How to do research methodology: From Literature Review, Bibliometric, Step-by-step Research Stages, to... ejournal.upi.edu/index.php/ijost/article/view/78637How to do research methodology From Literature Review Bibliometric Step by step Research Stages to ejournal upi edu index php ijost article view 78637
File size368.79 KB
Pages18
DMCAReportReport

ads-block-test