UNDIKSHAUNDIKSHA
Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan IndonesiaPenelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah kulit pisang menjadi bahan baku kertas alternatif. Kulit pisang dikumpulkan, direndam dalam larutan NaOH 5 % selama 24 jam, dicuci, dan dikeringkan. Selanjutnya dilakukan proses pemuluran dan pencampuran dengan air hingga menjadi pulp. Pulp kemudian dicetak dan dikeringkan menjadi lembaran kertas. Hasil uji sifat fisik menunjukkan kertas kulit pisang memiliki gramatur 120 g/m², ketebalan 0,18 mm, kekuatan tarik 15,8 N, dan daya serap air 42 %. Kertas ini memenuhi standar kertas untuk penggunaan menulis dan kemasan ringan.
Kertas berbahan kulit pisang memenuhi standar dasar kertas menulis.Gramatur dan ketebalan kertas sesuai untuk keperluan cetak dan tulis.
Bolehkah kita menambahkan serat sabut kelapa ke dalam pulp kulit pisang aga kertasnya lebih kuat? Bagaimana bila kita coba ganti NaOH dengan kapur sirih agar prosesnya ramah lingkungan? Apakah kertas ini bisa dicetak dengan printer inkjet tanpa menggumpal?.
- Learning styles and satisfaction with educational activities of Saudi Health Science University Students... doi.org/10.1016/j.jtumed.2019.07.002Learning styles and satisfaction with educational activities of Saudi Health Science University Students doi 10 1016 j jtumed 2019 07 002
- Artificial neural network analysis of the academic performance of students in virtual learning environments... doi.org/10.1016/j.neucom.2020.02.125Artificial neural network analysis of the academic performance of students in virtual learning environments doi 10 1016 j neucom 2020 02 125
- Reflection of connectivism in medical education and learning motivation during COVID-19 | medRxiv. reflection... doi.org/10.1101/2020.07.07.20147918Reflection of connectivism in medical education and learning motivation during COVID 19 medRxiv reflection doi 10 1101 2020 07 07 20147918
- Jurnal Pendidikan Indonesia. learning style preference results repetitive cross sectional surveys higher... doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.21414Jurnal Pendidikan Indonesia learning style preference results repetitive cross sectional surveys higher doi 10 23887 jpi undiksha v9i4 21414
| File size | 274.22 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNDIKSHAUNDIKSHA Namun, di balik manfaatnya, sebagian mahasiswa mengalami kecanduan perangkat digital yang mengganggu fokus belajar, menunjukkan perlunya bimbingan untukNamun, di balik manfaatnya, sebagian mahasiswa mengalami kecanduan perangkat digital yang mengganggu fokus belajar, menunjukkan perlunya bimbingan untuk
UNDIKSHAUNDIKSHA Penguatan forum multi-pihak serta indikator kinerja yang jelas diperlukan untuk meningkatkan efektivitas kebijakan. Pemanfaatan aplikasi berbasis smartphonePenguatan forum multi-pihak serta indikator kinerja yang jelas diperlukan untuk meningkatkan efektivitas kebijakan. Pemanfaatan aplikasi berbasis smartphone
UNDIKSHAUNDIKSHA Selain itu, perlu diteliti bagaimana efektivitas modul ini berubah ketika diterapkan dalam konteks berbeda, misalnya di sekolah pedesaan yang akses teknologinyaSelain itu, perlu diteliti bagaimana efektivitas modul ini berubah ketika diterapkan dalam konteks berbeda, misalnya di sekolah pedesaan yang akses teknologinya
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian menghasilkan temuan bahwa penerapan sistem AI memperlihatkan potensi signifikan dalam penghematan energi. Namun diperlukan peningkatan kompatibilitasPenelitian menghasilkan temuan bahwa penerapan sistem AI memperlihatkan potensi signifikan dalam penghematan energi. Namun diperlukan peningkatan kompatibilitas
Useful /
UNSUNS Oleh karena itu, diperlukan amandemen UU Perlindungan Lingkungan untuk memperkuat posisi pidana sebagai remedium utama dalam pelanggaran yang melibatkanOleh karena itu, diperlukan amandemen UU Perlindungan Lingkungan untuk memperkuat posisi pidana sebagai remedium utama dalam pelanggaran yang melibatkan
UNDIKSHAUNDIKSHA Keunggulan bahan komik tematik ini terletak pada kemampuannya mengintegrasikan berbagai materi pelajaran ke dalam satu tema yang disajikan dalam alur ceritaKeunggulan bahan komik tematik ini terletak pada kemampuannya mengintegrasikan berbagai materi pelajaran ke dalam satu tema yang disajikan dalam alur cerita
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif ex post facto dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linear sederhanaMetode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif ex post facto dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana
UNDIKSHAUNDIKSHA Uji efektivitas bahan ajar hasil pengembangan dilakukan melalui penelitian eksperimen dengan desain kelompok posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelasUji efektivitas bahan ajar hasil pengembangan dilakukan melalui penelitian eksperimen dengan desain kelompok posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas