UNDIKSHAUNDIKSHA
Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan IndonesiaPenelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif eksploratif dengan tujuan menganalisis layanan bimbingan dan konseling di bidang karir yang sesuai dengan kebutuhan siswa SMP. Sepuluh siswa kelas XII dari satu sekolah menengah atas dipilih secara purposif, memanfaatkan teknik sampling purposive. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam serta instrumen penilaian kebutuhan guna mengidentifikasi kebutuhan siswa dalam bidang karir. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa siswa membutuhkan layanan pengajaran klasik dan konseling individual yang disesuaikan dengan bidang karir, selain layanan lain yang disampaikan melalui mata pelajaran. Temuan ini menekankan pentingnya penyediaan layanan yang relevan dan personal bagi pembentukan arah karir siswa di tingkat SMA.
Siswa SMP masih kurang mengetahui jenis layanan bimbingan dan konseling, terutama di bidang karir.Karena bimbingan karir sangat berpengaruh, siswa diharuskan memahami layanan yang tersedia.Peningkatan pengetahuan tentang layanan memfasilitasi pemilihan karir yang tepat.
1. Meneliti pengaruh program workshop karir terpadu terhadap pemahaman siswa tentang peluang karir dan peningkatan motivasi memilih jurusan. 2. Mengevaluasi dampak penggunaan platform digital konseling (misalnya aplikasi mobile) terhadap akses layanan dan kepuasan siswa. 3. Menyelidiki efektivitas pelatihan guru bimbingan dan konseling berbasis praktik lapangan dalam meningkatkan kualitas layanan karir di sekolah menengah atas. 4. Menilai hubungan antara waktu yang dialokasikan guru bimbingan dengan kinerja siswa dalam proses pemilihan karir. 5. Menyelidiki persepsi siswa tentang keberagaman layanan yang disediakan dan kebutuhan tambahan yang masih belum terpenuhi. 6. Mengkaji peran media visual dalam memperkuat materi bimbingan karir dan memotivasi siswa. 7. Meneliti keefektifan pendekatan individu versus kelompok dalam konseling karir. 8. Menilai adaptasi guru terhadap kebijakan kurikulum 2013 dalam pengimplementasian layanan bimbingan karir. 9. Menelusuri dampak keterlibatan orang tua dalam proses bimbingan karir siswa. 10. Analisis kebijakan lokal mengenai alokasi sumber daya bagi program bimbingan dan konseling di SMA.
- Jurnal Pendidikan Indonesia. career guidance counseling services needed senior high school students jurnal... doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.26281Jurnal Pendidikan Indonesia career guidance counseling services needed senior high school students jurnal doi 10 23887 jpi undiksha v9i4 26281
- Individual Student Planning: A Comparison Between United States and Indonesia | Atlantis Press. individual... doi.org/10.2991/icei-17.2018.16Individual Student Planning A Comparison Between United States and Indonesia Atlantis Press individual doi 10 2991 icei 17 2018 16
| File size | 138.13 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNDIKSHAUNDIKSHA Data diperoleh dari kuesioner skala Likert yang mencakup pertanyaan terbuka yang disebar kepada 119 mahasiswa pendidikan bahasa Inggris. Lima aspek yangData diperoleh dari kuesioner skala Likert yang mencakup pertanyaan terbuka yang disebar kepada 119 mahasiswa pendidikan bahasa Inggris. Lima aspek yang
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian bersifat survei deskriptif kuantitatif yang melibatkan 198 siswa dan guru biologi. Data siswa dikumpulkan melalui tes, sedangkan data guru melaluiPenelitian bersifat survei deskriptif kuantitatif yang melibatkan 198 siswa dan guru biologi. Data siswa dikumpulkan melalui tes, sedangkan data guru melalui
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil menunjukkan bahwa implementasi AI dapat mengurangi konsumsi energi sebesar 18,7% tanpa menurunkan kenyamanan lingkungan. Namun terdapat hambatanHasil menunjukkan bahwa implementasi AI dapat mengurangi konsumsi energi sebesar 18,7% tanpa menurunkan kenyamanan lingkungan. Namun terdapat hambatan
UNDIKSHAUNDIKSHA Keunggulan bahan komik tematik ini terletak pada kemampuannya mengintegrasikan berbagai materi pelajaran ke dalam satu tema yang disajikan dalam alur ceritaKeunggulan bahan komik tematik ini terletak pada kemampuannya mengintegrasikan berbagai materi pelajaran ke dalam satu tema yang disajikan dalam alur cerita
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol di SMP Negeri 2 Gondang, Bojonegoro,Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol di SMP Negeri 2 Gondang, Bojonegoro,
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian lanjutan dapat menguji apakah efektivitas delapan teknik drill servis atas ini tetap konsisten ketika diterapkan pada siswa dari sekolah berbeda,Penelitian lanjutan dapat menguji apakah efektivitas delapan teknik drill servis atas ini tetap konsisten ketika diterapkan pada siswa dari sekolah berbeda,
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini bertujuan membandingkan tingkat kepercayaan diri siswa antara kelas khusus (kelas penuh hari) dan kelas reguler. Metode yang digunakan adalahPenelitian ini bertujuan membandingkan tingkat kepercayaan diri siswa antara kelas khusus (kelas penuh hari) dan kelas reguler. Metode yang digunakan adalah
UNDIKSHAUNDIKSHA Selain itu, perlu diteliti bagaimana efektivitas modul ini berubah ketika diterapkan dalam konteks berbeda, misalnya di sekolah pedesaan yang akses teknologinyaSelain itu, perlu diteliti bagaimana efektivitas modul ini berubah ketika diterapkan dalam konteks berbeda, misalnya di sekolah pedesaan yang akses teknologinya