UNDIKSHAUNDIKSHA

Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan Indonesia

Rendahnya keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa dapat disebabkan oleh kesulitan belajar, salah satunya karena kurangnya ketersediaan sumber belajar yang relevan dan mudah diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang valid, praktis, dan efektif, berdasarkan hasil penelitian. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. E-modul yang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis, dengan skor validasi oleh ahli konten sebesar 100%, ahli pembelajaran sebesar 98,65%, dan praktisi lapangan sebesar 92,85%, serta skor kepraktisan sebesar 86,99%. Hasil uji Quades rank analysis of covariance menunjukkan nilai p=0,000<α (α=0,05) dan hasil uji ANCOVA juga menunjukkan nilai p=0,000<α. Kesimpulannya, e-modul berbasis PBL yang didasarkan pada hasil penelitian dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.

E-modul berbasis PBL yang dikembangkan berdasarkan hasil penelitian potensi ekstrak bawang putih tunggal sangat valid dan sangat praktis.E-modul ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada mata kuliah Anatomi dan Fisiologi Manusia.Pengembangan e-modul ini merupakan inovasi yang relevan untuk mendukung pembelajaran berbasis teknologi dan penelitian di pendidikan biologi.

Perlu diteliti bagaimana penerapan e-modul berbasis PBL yang sama dapat diterapkan pada sistem organ lain seperti pernapasan atau pencernaan, untuk melihat apakah efek peningkatan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif konsisten di berbagai materi biologi. Selain itu, perlu dikaji dampak jangka panjang dari penggunaan e-modul ini terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah nyata setelah lulus, misalnya melalui studi longitudinal terhadap lulusan yang pernah menggunakannya. Terakhir, penelitian lanjutan dapat mengembangkan versi interaktif e-modul ini dengan fitur simulasi digital atau augmented reality, sehingga siswa dapat secara langsung memvisualisasikan perubahan fisiologis dalam sistem sirkulasi akibat paparan bawang putih, yang akan memperdalam pemahaman konseptual dan memperkuat keterlibatan belajar.

  1. Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP | PYTHAGORAS Jurnal... doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP PYTHAGORAS Jurnal doi 10 21831 pg v9i2 9077
  2. Jurnal Pendidikan Indonesia. based circulatory system module research results improve students critical... doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.25647Jurnal Pendidikan Indonesia based circulatory system module research results improve students critical doi 10 23887 jpi undiksha v9i4 25647
  3. Developing Critical Thinking Skills through School Teacher Training 'Training and Development Personnel'... doi.org/10.7763/IJIET.2014.V4.390Developing Critical Thinking Skills through School Teacher Training Training and Development Personnel doi 10 7763 IJIET 2014 V4 390
  4. Enhancement of the 21st Century Skills for Thai Higher Education by Integration of ICT in Classroom -... doi.org/doi:10.1016/j.sbspro.2013.10.346Enhancement of the 21st Century Skills for Thai Higher Education by Integration of ICT in Classroom doi doi 10 1016 j sbspro 2013 10 346
File size221.95 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test