IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI
Infinity JournalInfinity JournalPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif gaya kognitif terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah geometri. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Widya Dharma Tahun Akademik 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Widya Dharma semester IV B dengan menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes psikiatrik GEFT dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif gaya kognitif terhadap hasil belajar mata kuliah geometri mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Widya Dharma Klaten dengan koefisien determinasi diperoleh r² = 0,6209. Ini berarti bahwa, meningkat atau menurunnya hasil belajar 62,09% dapat dijelaskan oleh gaya kognitif mahasiswa melalui hubungan linear. Sedangkan 37,91% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari 17 sampel yang diambil, mahasiswa yang termasuk kategori FD sebanyak 4 orang dan termasuk kategori FI sebanyak 13 orang. Nilai rata-rata THB kategori FD 16 dan kategori FI 59,5385; yang berarti bahwa mahasiswa FI mempunyai hasil belajar yang lebih baik daripada mahasiswa FD.
Terdapat korelasi positif antara gaya kognitif dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Widya Dharma pada mata kuliah geometri.Koefisien determinasi sebesar 62,09% menunjukkan bahwa gaya kognitif memengaruhi hasil belajar melalui persamaan regresi linear.Faktor lain yang tidak terukur dalam penelitian ini berkontribusi sebesar 37,91% terhadap hasil belajar.
Penelitian lanjutan dapat mengkaji efektivitas strategi pengajaran yang disesuaikan dengan gaya kognitif mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman konsep geometri di perguruan tinggi. Selain itu, perlu diteliti pengaruh gaya kognitif pada hasil belajar geometri di tingkat pendidikan dasar dan menengah untuk membandingkan pola korelasi dengan pendidikan tinggi. Penelitian juga dapat dikembangkan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang memengaruhi 37,91% variasi hasil belajar, seperti motivasi belajar, metode pembelajaran, atau lingkungan akademik, sehingga dapat dirancang intervensi holistik untuk meningkatkan prestasi akademik.
| File size | 1.17 MB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IBI DarmajayaIBI Darmajaya Sedangkan berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi dan determinasi, pengaruh harga terhadap tingkat hunian kamar hotel dan penginapan di Kota PangkalpinangSedangkan berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi dan determinasi, pengaruh harga terhadap tingkat hunian kamar hotel dan penginapan di Kota Pangkalpinang
UMPWRUMPWR Metode penelitian kualitatif digunakan dengan melibatkan enam partisipan yang mewakili tiga kategori pencapaian. Data utama dikumpulkan melalui teknikMetode penelitian kualitatif digunakan dengan melibatkan enam partisipan yang mewakili tiga kategori pencapaian. Data utama dikumpulkan melalui teknik
SAINSSAINS Hasil penelitian menunjukkan bahwa Live Streaming selling dan diskon secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku impulsiveHasil penelitian menunjukkan bahwa Live Streaming selling dan diskon secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive
INTELEKTUALINTELEKTUAL Penelitian ini tidak berhasil memberikan bukti empiris hubungan antara perkembangan moral mahasiswa dan tindakan penipuan akademik mahasiswa akuntansi.Penelitian ini tidak berhasil memberikan bukti empiris hubungan antara perkembangan moral mahasiswa dan tindakan penipuan akademik mahasiswa akuntansi.
Useful /
NASIONALNASIONAL Anak-anak juga menunjukkan antusiasme tinggi yang berdampak pada perkembangan kreativitas dan karakter sosial mereka. Pengembangan pendidikan karakterAnak-anak juga menunjukkan antusiasme tinggi yang berdampak pada perkembangan kreativitas dan karakter sosial mereka. Pengembangan pendidikan karakter
UMAUMA Sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 27 orang sebagai implementator dalam implementasi Pusat Informasi. Analisis data dilakukan secara deskriptifSampel diambil secara purposive sampling sebanyak 27 orang sebagai implementator dalam implementasi Pusat Informasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif
UMAUMA Dalam mengelola belanja daerah belum efektif karena masih terdapat rekening belanja dalam APBD yang tidak sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yangDalam mengelola belanja daerah belum efektif karena masih terdapat rekening belanja dalam APBD yang tidak sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang
UMAUMA Pelaksanaan program BLT di Kabupaten Aceh Timur secara umum berjalan lancar, tertib, dan aman, meskipun terdapat kekurangan dalam sosialisasi, verifikasiPelaksanaan program BLT di Kabupaten Aceh Timur secara umum berjalan lancar, tertib, dan aman, meskipun terdapat kekurangan dalam sosialisasi, verifikasi