USDUSD
LLTLLTPembelajaran saat ini menghadapi lebih banyak tantangan seiring dengan terusnya pembaruan teknologi. Guru diharapkan mengadopsi sebanyak mungkin produk teknologi untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam aktivitas kelas. Pemanfaatan produk teknologi dapat membantu mengurangi kebosanan mahasiswa di dalam kelas karena memperkenalkan bentuk aktivitas baru. Tujuan utama adalah menciptakan lingkungan belajar mengajar yang menyenangkan serta memicu kreativitas mahasiswa. Dengan menyoroti karakteristik generasi muda yang cenderung visual dan ketagihan informasi cepat, meme dan Instagram dapat digunakan sebagai salah satu strategi untuk mengembangkan proses pembelajaran yang inovatif.
Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi meme dan Instagram dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar bahasa Inggris mahasiswa, karena memberikan proses pembelajaran yang menarik, mudah diakses melalui smartphone, serta membantu pemahaman materi.Meskipun hasilnya positif, diperlukan penelitian lanjutan untuk menguji kontribusi signifikan pembuatan meme terhadap tingkat kemahiran bahasa Inggris, mengingat proses tersebut menuntut berpikir tingkat tinggi dan tidak semua peserta dapat melaksanakannya dengan tepat.Disarankan agar peneliti selanjutnya mengeksplorasi penggunaan lebih dari satu platform media sosial serta mengkaji efeknya secara komparatif terhadap perkembangan pembelajaran bahasa.
Penelitian selanjutnya dapat menguji pertanyaan: Bagaimana pengaruh penggunaan beberapa platform media sosial (misalnya TikTok, YouTube, dan Instagram) secara bersamaan terhadap tingkat keterlibatan dan pencapaian bahasa Inggris mahasiswa? Penelitian longitudinal dapat meneliti: Apakah kegiatan pembuatan meme secara berkelanjutan selama beberapa semester dapat meningkatkan kompetensi bahasa Inggris yang terukur melalui tes pra‑dan post‑test? Selain itu, dapat diteliti: Sejauh mana pembuatan meme oleh mahasiswa berkontribusi pada pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kreativitas, dengan menggunakan pendekatan metode campuran untuk menilai hasil kognitif dan afektif. Semua penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran lebih komprehensif mengenai efektivitas strategi pembelajaran berbasis meme dan media sosial dalam konteks pendidikan bahasa.
| File size | 1.8 MB |
| Pages | 14 |
| DMCA | Report |
Related /
EDUPARTNEREDUPARTNER Temuan ini menekankan pentingnya penggunaan translanguaging yang responsif terhadap konteks dan adaptif untuk mendukung perkembangan bahasa sambil secaraTemuan ini menekankan pentingnya penggunaan translanguaging yang responsif terhadap konteks dan adaptif untuk mendukung perkembangan bahasa sambil secara
TEFLINTEFLIN Artikel ini berfokus pada persiapan guru bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dalam program TESOL yang ditawarkan di Australia. Secara khusus, artikel iniArtikel ini berfokus pada persiapan guru bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dalam program TESOL yang ditawarkan di Australia. Secara khusus, artikel ini
UNISLAUNISLA Penelitian ini mengadopsi teori konstruktivis, di mana mahasiswa secara aktif membangun pengetahuan melalui kegiatan mandiri dan berdasarkan minat, daripadaPenelitian ini mengadopsi teori konstruktivis, di mana mahasiswa secara aktif membangun pengetahuan melalui kegiatan mandiri dan berdasarkan minat, daripada
POLIMEDIAPOLIMEDIA Terakhir, sesi ketiga dilanjutkan dengan berlatih menggunakan berbagai perangkat teknologi yang dapat membantu mempercepat komunikasi Bahasa Inggris pesertaTerakhir, sesi ketiga dilanjutkan dengan berlatih menggunakan berbagai perangkat teknologi yang dapat membantu mempercepat komunikasi Bahasa Inggris peserta
POLTEKHARBERPOLTEKHARBER Live learning experience bagi siswa di tingkat sekolah dasar dengan menggunakan media visual mampu menambah wawasan dan pengalaman belajar. Namun kegiatanLive learning experience bagi siswa di tingkat sekolah dasar dengan menggunakan media visual mampu menambah wawasan dan pengalaman belajar. Namun kegiatan
UMMUBAUMMUBA Penyebab dari masalah tersebut adalah transfer interlingua, transfer intralingua, kosakata. Jadi, peneliti berharap dosen yang mengajar matakuliah writingPenyebab dari masalah tersebut adalah transfer interlingua, transfer intralingua, kosakata. Jadi, peneliti berharap dosen yang mengajar matakuliah writing
UMMUBAUMMUBA Secara neurologi, jika fungsi kerja otak, proses reseptif berbahasa (dekode) dan proses berbahasa produktif (encode) yang terjadi di otak kurang optimal,Secara neurologi, jika fungsi kerja otak, proses reseptif berbahasa (dekode) dan proses berbahasa produktif (encode) yang terjadi di otak kurang optimal,
UNSIQUNSIQ Pemakaian sebuah metode seringkali mempengaruhi makna yang ada dalam bahasa sumber. Dalam makalah ini akan dibahas berbagai metode yang dipakai dalam menerjemahkanPemakaian sebuah metode seringkali mempengaruhi makna yang ada dalam bahasa sumber. Dalam makalah ini akan dibahas berbagai metode yang dipakai dalam menerjemahkan
Useful /
POLIMEDIAPOLIMEDIA Salah satu potensi itu adalah tanaman mangrove yang berlimpah di sepanjang pesisir Kabupaten Bintan. Selain berfungsi secara ekologis, tanaman mangroveSalah satu potensi itu adalah tanaman mangrove yang berlimpah di sepanjang pesisir Kabupaten Bintan. Selain berfungsi secara ekologis, tanaman mangrove
USDUSD rasa hormat timbal balik harus dijaga di kelas, pembelajaran harus memotivasi, pembelajaran yang bermakna membutuhkan partisipasi aktif, dan seorang gururasa hormat timbal balik harus dijaga di kelas, pembelajaran harus memotivasi, pembelajaran yang bermakna membutuhkan partisipasi aktif, dan seorang guru
USDUSD Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap simulasi sebagai bagian dari Pembelajaran Pengalaman dalam mata kuliah AMT. BerdasarkanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap simulasi sebagai bagian dari Pembelajaran Pengalaman dalam mata kuliah AMT. Berdasarkan
USDUSD Flipped Classroom menyajikan proses pembelajaran di rumah melalui video, handout, dan pendengaran sebelum sesi kelas. Sementara waktu di kelas sebagianFlipped Classroom menyajikan proses pembelajaran di rumah melalui video, handout, dan pendengaran sebelum sesi kelas. Sementara waktu di kelas sebagian