UMMUBAUMMUBA
Jurnal Muara PendidikanJurnal Muara PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa Kelas X SMA Negeri 3 Maros. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan satu kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Maros berjumlah 361 siswa yang tersebar ke dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian yang dipilih adalah siswa kelas X IPA 4 dengan jumlah siswa 35 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu instrumen yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan tes unjuk kerja menulis teks negosiasi. Tes tersebut digunakan pada tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistika inferensial. Hasil statistik deskriptif menunjukkan model pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 3 Maros hal tersebut dibuktikan dengan nilai tes yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 78,9. Hasil statistik inferensial perhitungan uji signifikansi uji t nilai thitung > ttabel, yaitu 4,268 > 1,690. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima yang berarti model pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap kemampuan menulis teks negosiasi yang dilaksanakan di kelas X IPA 4 SMA Negeri 3 Maros.
Keterampilan menulis teks negosiasi sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa Kelas X IPA 4 SMA Negeri 3 Maros diklasifikasikan rendah dengan nilai rata-rata 64,6.Setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, keterampilan menulis teks negosiasi meningkat menjadi kategori sedang dengan nilai rata-rata 78,9.Terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran menulis teks negosiasi sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah, dibuktikan dengan hasil uji t hitung (4,268) yang lebih besar dari t tabel (1,690).
Penelitian lanjutan dapat menguji apakah model pembelajaran berbasis masalah juga efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis jenis teks lain, seperti teks persuasi atau eksposisi, pada siswa kelas lain di sekolah yang sama. Selain itu, perlu diteliti bagaimana pengaruh durasi dan frekuensi penerapan model ini terhadap peningkatan kemampuan menulis jangka panjang, misalnya dengan mengikuti perkembangan siswa selama satu semester atau satu tahun. Terakhir, penelitian bisa memperdalam peran kolaborasi kelompok dalam model ini dengan mengamati bagaimana dinamika interaksi antar siswa selama memecahkan masalah menulis memengaruhi kualitas teks yang dihasilkan, sehingga bisa diketahui apakah kerja kelompok menjadi faktor kunci keberhasilannya.
| File size | 426.71 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Pada siklus II terjadi lagi perubahan yaitu aktifitas belajar siswa pada aspek kerjasama menjadi 16,07; aspek kesungguhan menjadi 18,08 aspek keberanianPada siklus II terjadi lagi perubahan yaitu aktifitas belajar siswa pada aspek kerjasama menjadi 16,07; aspek kesungguhan menjadi 18,08 aspek keberanian
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Selain itu, metode demonstrasi juga berhasil meningkatkan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria amatSelain itu, metode demonstrasi juga berhasil meningkatkan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria amat
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Aktivitas siswa mengalami peningkatan, dan minat belajar siswa juga meningkat setelah penerapan model pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaranAktivitas siswa mengalami peningkatan, dan minat belajar siswa juga meningkat setelah penerapan model pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran
DDIPOLMANDDIPOLMAN Jenis penelitian kualitatif, Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling sebanyak 15 orang dengan kriteria sebagaiJenis penelitian kualitatif, Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling sebanyak 15 orang dengan kriteria sebagai
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolahPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah
UNDIKSHAUNDIKSHA Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran digital berbasis HTML dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pembelajaran bahasaImplikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran digital berbasis HTML dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pembelajaran bahasa
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian melibatkan 25 siswa tunarungu dariPenelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian melibatkan 25 siswa tunarungu dari
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Generatif dapat memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas IX SMP NegeriPenelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Generatif dapat memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas IX SMP Negeri
Useful /
UMKUMK Dua teori utama digunakan, yaitu Teori Pemulihan Perhatian (ATR) dan Teori Kognisi Berlandaskan, sebagai dasar untuk mengembangkan model penelitian. StudiDua teori utama digunakan, yaitu Teori Pemulihan Perhatian (ATR) dan Teori Kognisi Berlandaskan, sebagai dasar untuk mengembangkan model penelitian. Studi
UMKUMK Sementara itu, likuiditas, non-performing loans, dan inflasi tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap krisis keuangan dalam konteks perbankan konvensionalSementara itu, likuiditas, non-performing loans, dan inflasi tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap krisis keuangan dalam konteks perbankan konvensional
UMKUMK Di antara ini, keunggulan nilai keunikan produk memiliki pengaruh terbesar terhadap kinerja pemasaran. Beberapa rekomendasi disarankan untuk memanfaatkanDi antara ini, keunggulan nilai keunikan produk memiliki pengaruh terbesar terhadap kinerja pemasaran. Beberapa rekomendasi disarankan untuk memanfaatkan
UNDIKSHAUNDIKSHA Faktor internal seperti kepemilikan usaha dan gender, serta faktor lain seperti tingkat pendidikan, pengalaman, pelatihan, dan usia guru menunjukkan pengaruhFaktor internal seperti kepemilikan usaha dan gender, serta faktor lain seperti tingkat pendidikan, pengalaman, pelatihan, dan usia guru menunjukkan pengaruh