UMMUBAUMMUBA

Jurnal Muara PendidikanJurnal Muara Pendidikan

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa Kelas X SMA Negeri 3 Maros. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan satu kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Maros berjumlah 361 siswa yang tersebar ke dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian yang dipilih adalah siswa kelas X IPA 4 dengan jumlah siswa 35 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu instrumen yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan tes unjuk kerja menulis teks negosiasi. Tes tersebut digunakan pada tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistika inferensial. Hasil statistik deskriptif menunjukkan model pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 3 Maros hal tersebut dibuktikan dengan nilai tes yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 78,9. Hasil statistik inferensial perhitungan uji signifikansi uji t nilai thitung > ttabel, yaitu 4,268 > 1,690. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima yang berarti model pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap kemampuan menulis teks negosiasi yang dilaksanakan di kelas X IPA 4 SMA Negeri 3 Maros.

Keterampilan menulis teks negosiasi sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa Kelas X IPA 4 SMA Negeri 3 Maros diklasifikasikan rendah dengan nilai rata-rata 64,6.Setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, keterampilan menulis teks negosiasi meningkat menjadi kategori sedang dengan nilai rata-rata 78,9.Terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran menulis teks negosiasi sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah, dibuktikan dengan hasil uji t hitung (4,268) yang lebih besar dari t tabel (1,690).

Penelitian lanjutan dapat menguji apakah model pembelajaran berbasis masalah juga efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis jenis teks lain, seperti teks persuasi atau eksposisi, pada siswa kelas lain di sekolah yang sama. Selain itu, perlu diteliti bagaimana pengaruh durasi dan frekuensi penerapan model ini terhadap peningkatan kemampuan menulis jangka panjang, misalnya dengan mengikuti perkembangan siswa selama satu semester atau satu tahun. Terakhir, penelitian bisa memperdalam peran kolaborasi kelompok dalam model ini dengan mengamati bagaimana dinamika interaksi antar siswa selama memecahkan masalah menulis memengaruhi kualitas teks yang dihasilkan, sehingga bisa diketahui apakah kerja kelompok menjadi faktor kunci keberhasilannya.

  1. #siswa kelas v#siswa kelas v
  2. #model pembelajaran kooperatif#model pembelajaran kooperatif
Read online
File size426.71 KB
Pages12
DMCAReport

Related /

ads-block-test