Yogya UMBYogya UMB

PsychocarePsychocare

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu mengevaluasi dan memberikan umpan balik terkait persiapan anak dalam memasuki sekolah. Peserta kegiatan ini adalah orang tua siswa di TK Unggulan Mardi Putra Bantul. Desain yang digunakan adalah one-group pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes pengetahuan kesiapan sekolah serta observasi dan wawancara. Intervensi yang diberikan adalah psikoedukasi dan konseling, masing-masing dilakukan dalam satu sesi. Hasil Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai koefisien antara pretest dan posttest sebesar Z = 2.145 dan p = 0.032 (p < 0.05), dengan nilai rata-rata sebelum pelatihan adalah 6.19 dan setelah pelatihan adalah 6.88, dengan selisih rata-rata 0.69, menunjukkan adanya perbedaan pemahaman sebelum dan setelah intervensi. Selama proses konseling, terlihat peningkatan pemahaman kondisi anak saat ini dan bagaimana mempersiapkan anak memasuki sekolah dasar sesuai dengan kekhawatiran masing-masing orang tua. Dapat disimpulkan bahwa psikoedukasi dan konseling meningkatkan pemahaman orang tua tentang kesiapan anak mereka untuk masuk sekolah.

Psikoedukasi dan konseling meningkatkan pemahaman orang tua tentang kesiapan anak memasuki sekolah dasar.Orang tua mendapatkan pengetahuan tentang aspek perkembangan anak dan strategi untuk mendukung kesiapan sekolah.Melalui konseling, orang tua mampu mengenali tahapan perkembangan anak dan memberikan stimulasi yang sesuai.

Penelitian lanjutan dapat mengembangkan program psikoedukasi yang lebih terstruktur dan berkelanjutan untuk orang tua, dengan melibatkan lebih banyak peserta dari berbagai latar belakang. Selain itu, studi dapat mengeksplorasi efektivitas intervensi psikoedukasi dan konseling dalam jangka panjang terhadap kesiapan sekolah anak. Penelitian juga dapat mengidentifikasi faktor-faktor tambahan yang memengaruhi kesiapan sekolah, seperti lingkungan sosial dan budaya, untuk memberikan panduan yang lebih komprehensif dalam mempersiapkan anak memasuki pendidikan formal.

  1. Indonesian children‘s readiness for elementary school: a preliminary study to the holistic approach... doi.org/10.15823/p.2018.132.6Indonesian childrenAos readiness for elementary school a preliminary study to the holistic approach doi 10 15823 p 2018 132 6
  1. #kesiapan sekolah#kesiapan sekolah
Read online
File size567.58 KB
Pages8
DMCAReport

Related /

ads-block-test