Yogya UMBYogya UMB
PsychocarePsychocareTantrum emosional anak merupakan ledakan emosional yang sering terjadi pada anak-anak taman kanak-kanak dan menimbulkan tantangan bagi guru dalam menjaga ketertiban kelas. Oleh karena itu, guru memerlukan keterampilan praktis untuk mendukung regulasi emosi secara efektif. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan memperkuat kompetensi guru melalui pelatihan Color Your Life yang disampaikan secara daring kepada guru taman kanak-kanak. Pelatihan tersebut memperkenalkan strategi pengelolaan emosi anak serta teknik praktis menangani tantrum. Evaluasi pre‑post dilakukan untuk menilai dampaknya. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman guru, dengan nilai p = 0,001 (p < 0,005). Para peserta melaporkan bahwa pelatihan sangat bermanfaat dalam membantu mereka merespons tantrum siswa secara lebih efektif. Temuan ini menyiratkan bahwa pelatihan Color Your Life dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola tantangan kelas dan membangun lingkungan belajar yang lebih mendukung pada pendidikan anak usia dini.
Pelatihan Color Your Life untuk anak usia dini yang diberikan kepada mahasiswa S1 PIAUD STAIM Blora, yang merupakan guru KB dan TK, memberikan dampak positif bagi peserta.Analisis data menunjukkan peningkatan pengetahuan tentang permainan Color Your Life setelah pelatihan, dan peserta merasa senang karena pelatihan mudah dan praktis diterapkan pada siswa.Selain itu, peserta menyatakan keinginan untuk segera menerapkan teknik tersebut di sekolah masing‑masing.
Penelitian selanjutnya dapat menguji dampak langsung intervensi Color Your Life terhadap regulasi emosional dan perilaku anak usia dini dengan menggunakan metode observasi dan pengukuran psikologis yang terstandardisasi, sehingga dapat menilai efektivitas program pada hasil anak secara empiris. Selanjutnya, penting untuk membandingkan efektivitas pelatihan daring dengan pelatihan tatap muka dalam meningkatkan kompetensi guru dan hasil belajar siswa, guna menentukan mode penyampaian yang paling optimal dalam konteks pendidikan anak usia dini. Akhirnya, adaptasi dan uji coba program Color Your Life pada berbagai konteks budaya dan wilayah, seperti daerah pedesaan versus perkotaan, dapat memberikan wawasan tentang skalabilitas, relevansi budaya, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi di lingkungan yang beragam.
- Inicio – Escritos de Psicología. inicio escritos psicolog saltar contenido entiende mente... doi.org/10.5231/psy.writ.2015.1711Inicio Ae Escritos de Psicologya inicio escritos psicolog saltar contenido entiende mente doi 10 5231 psy writ 2015 1711
- APA PsycNet. psycnet loading doi.org/10.1037/0735-7028.33.6.515APA PsycNet psycnet loading doi 10 1037 0735 7028 33 6 515
- Frontiers | Non-therapeutic play to overcome negative emotional symptoms and improve emotional intelligence... doi.org/10.3389/fpsyg.2025.1475387Frontiers Non therapeutic play to overcome negative emotional symptoms and improve emotional intelligence doi 10 3389 fpsyg 2025 1475387
| File size | 298.38 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | Report |
Related /
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan kemampuan bahasa Indonesia anak. Pengamatan aktivitasHasil penelitian ini adalah adanya peningkatan dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan kemampuan bahasa Indonesia anak. Pengamatan aktivitas
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah. PengamatanHasil penelitian ini adalah adanya peningkatan dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah. Pengamatan
ASSALAMASSALAM Penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan kompetensi yang berkelanjutan sangat diperlukan agar guru mampu memadukan nilai-nilai Islam dengan pendekatanPenelitian menyimpulkan bahwa pengembangan kompetensi yang berkelanjutan sangat diperlukan agar guru mampu memadukan nilai-nilai Islam dengan pendekatan
UNSULTRAUNSULTRA Oleh karena itu, kegiatan kemandirian masyarakat ini berupa sosialisasi dan pelatihan pendampingan orang tua dan guru dalam meningkatkan literasi digitalOleh karena itu, kegiatan kemandirian masyarakat ini berupa sosialisasi dan pelatihan pendampingan orang tua dan guru dalam meningkatkan literasi digital
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Selama proses pelaksanaan penggunaan media pop-up book, hasil dari aktivitas guru dan aktivitas anak pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan.Selama proses pelaksanaan penggunaan media pop-up book, hasil dari aktivitas guru dan aktivitas anak pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan.
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Orang tua sudah memberikan gadget pada anaknya, dengan alasan agar tidak rewel. Dan observasi yang telah murni dilakukan peneliti menjadikan kesadaran,Orang tua sudah memberikan gadget pada anaknya, dengan alasan agar tidak rewel. Dan observasi yang telah murni dilakukan peneliti menjadikan kesadaran,
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode kuasi eksperimen. Penelitian dijalankan di TK Kartika 1-7 Padang dengan melakukan diJenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode kuasi eksperimen. Penelitian dijalankan di TK Kartika 1-7 Padang dengan melakukan di
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Tujuan penelitian untuk mengetahui perkembangan seni anak sebelum dan sesudah penerapan metode bermain peran. Jenis penelitian yaitu jenis Penelitian TindakanTujuan penelitian untuk mengetahui perkembangan seni anak sebelum dan sesudah penerapan metode bermain peran. Jenis penelitian yaitu jenis Penelitian Tindakan
Useful /
PELITABANGSAPELITABANGSA Dalam rancangan sistem, NodeMCU ESP8266 digunakan untuk mengendalikan suhu dan kelembaban dengan sensor. Prototipe juga melibatkan sensor DHT11, sensorDalam rancangan sistem, NodeMCU ESP8266 digunakan untuk mengendalikan suhu dan kelembaban dengan sensor. Prototipe juga melibatkan sensor DHT11, sensor
UBBGUBBG Tes menulis digunakan untuk mengumpulkan data. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, dan uji-t sampel berpasangan digunakan untuk menguji hipotesis.Tes menulis digunakan untuk mengumpulkan data. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, dan uji-t sampel berpasangan digunakan untuk menguji hipotesis.
IAIN SUIAIN SU Artikel ini mengkaji tinjauan fukaha terhadap etika pendidik dalam Islam, khususnya melalui ulasan Imam al‑Nawawî. Berdasarkan analisis isi terhadapArtikel ini mengkaji tinjauan fukaha terhadap etika pendidik dalam Islam, khususnya melalui ulasan Imam al‑Nawawî. Berdasarkan analisis isi terhadap
IAIN SUIAIN SU Lebih jauh ditemukan bahwa kendala utama pengembangan kompetensi profesionalisme guru adalah pelatihan guru berjalan di tempat, kurangnya alokasi danaLebih jauh ditemukan bahwa kendala utama pengembangan kompetensi profesionalisme guru adalah pelatihan guru berjalan di tempat, kurangnya alokasi dana