UTMUTM
SEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaSEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaPerkembangan teknologi digital telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan dan pengajaran Bahasa Indonesia. Era digital menghadirkan peluang sekaligus tantangan bagi para pendidik dalam menerapkan metode dan strategi yang inovatif serta relevan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji dampak era digital terhadap pengajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam aspek penggunaan teknologi digital sebagai media pembelajaran, pengembangan literasi digital, serta penerapan platform pembelajaran daring. Dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif, artikel ini menganalisis peran teknologi digital dalam meningkatkan keterampilan literasi dan komunikasi siswa. Temuan menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi digital mampu meningkatkan motivasi belajar dan interaktivitas siswa, tetapi juga memerlukan kesiapan baik dari pendidik maupun peserta didik dalam menghadapi tantangan literasi digital dan kendala teknis lainnya. Kesimpulannya, harus didukung oleh kebijakan pendidikan yang adaptif dan pelatihan khusus bagi pendidik guna memaksimalkan manfaat teknologi digital dalam meningkatkan kualitas pengajaran.
Metode-metode tersebut mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan relevansi pembelajaran dalam konteks praktis.Namun, pencapaian hasil optimal memerlukan upaya mengatasi kesenjangan digital dan evaluasi berkelanjutan terhadap efektivitas metode yang digunakan.
Pertama, perlu dilakukan penelitian untuk mengembangkan model pelatihan guru yang terintegrasi dengan teknologi digital khusus untuk pengajaran Bahasa Indonesia, agar pendidik lebih siap menghadapi dinamika pembelajaran modern. Kedua, sebaiknya dikaji lebih lanjut bagaimana metode pembelajaran berbasis proyek dan gamifikasi dapat dikombinasikan dalam satu pendekatan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan kreativitas siswa secara bersamaan. Ketiga, diperlukan studi yang mengevaluasi efektivitas model flipped classroom dalam konteks sekolah yang memiliki keterbatasan akses internet, untuk menemukan alternatif strategi pembelajaran mandiri yang tetap inklusif dan efektif bagi semua siswa. Penelitian-penelitian ini akan melengkapi temuan dalam artikel dengan memperkuat aspek kesiapan pendidik, optimalisasi metode, dan kesetaraan akses dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di era digital.
| File size | 591.6 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi terhadap dua guru bahasa Inggris di madrasah untuk mengidentifikasi praktik pembelajaran yangPenelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi terhadap dua guru bahasa Inggris di madrasah untuk mengidentifikasi praktik pembelajaran yang
UTMUTM Makalah ini mengeksplorasi karakteristik utama setiap filosofi, memberikan contoh-contoh dunia nyata, dan membahas aplikasi serta implikasinya yang spesifikMakalah ini mengeksplorasi karakteristik utama setiap filosofi, memberikan contoh-contoh dunia nyata, dan membahas aplikasi serta implikasinya yang spesifik
UNDIKSHAUNDIKSHA Media yang dikembangkan adalah flashcard digital. Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahMedia yang dikembangkan adalah flashcard digital. Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
UNDIKSHAUNDIKSHA Analisis buku teks menonjolkan kekuatan serta area perbaikan, sementara wawancara menggambarkan kebutuhan belajar individual, preferensi visual, dan pentingnyaAnalisis buku teks menonjolkan kekuatan serta area perbaikan, sementara wawancara menggambarkan kebutuhan belajar individual, preferensi visual, dan pentingnya
Useful /
UTMUTM Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan paradigma nativistik nuturalistik, dengan studi kasus tunggal. Data: (1) perencanaan asesmen pembelajaranPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan paradigma nativistik nuturalistik, dengan studi kasus tunggal. Data: (1) perencanaan asesmen pembelajaran
UTMUTM Metode ini dipilih untuk mendalami fenomena penerapan AI dalam pengajaran bahasa sastra di SMP Negeri 9 Muaro Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwaMetode ini dipilih untuk mendalami fenomena penerapan AI dalam pengajaran bahasa sastra di SMP Negeri 9 Muaro Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
UNDIKSHAUNDIKSHA Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner untuk mengetahui kertekaitan tersebut. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM),Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner untuk mengetahui kertekaitan tersebut. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM),
UNDIKSHAUNDIKSHA Oleh karena itu, disarankan agar para pemimpin sekolah menerima pelatihan yang ditargetkan untuk dapat mengembangkan meningkatkan kepuasan dan motivasiOleh karena itu, disarankan agar para pemimpin sekolah menerima pelatihan yang ditargetkan untuk dapat mengembangkan meningkatkan kepuasan dan motivasi