UTMUTM

SEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaSEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya

Perkembangan teknologi digital telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan dan pengajaran Bahasa Indonesia. Era digital menghadirkan peluang sekaligus tantangan bagi para pendidik dalam menerapkan metode dan strategi yang inovatif serta relevan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji dampak era digital terhadap pengajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam aspek penggunaan teknologi digital sebagai media pembelajaran, pengembangan literasi digital, serta penerapan platform pembelajaran daring. Dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif, artikel ini menganalisis peran teknologi digital dalam meningkatkan keterampilan literasi dan komunikasi siswa. Temuan menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi digital mampu meningkatkan motivasi belajar dan interaktivitas siswa, tetapi juga memerlukan kesiapan baik dari pendidik maupun peserta didik dalam menghadapi tantangan literasi digital dan kendala teknis lainnya. Kesimpulannya, harus didukung oleh kebijakan pendidikan yang adaptif dan pelatihan khusus bagi pendidik guna memaksimalkan manfaat teknologi digital dalam meningkatkan kualitas pengajaran.

Metode-metode tersebut mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan relevansi pembelajaran dalam konteks praktis.Namun, pencapaian hasil optimal memerlukan upaya mengatasi kesenjangan digital dan evaluasi berkelanjutan terhadap efektivitas metode yang digunakan.

Pertama, perlu dilakukan penelitian untuk mengembangkan model pelatihan guru yang terintegrasi dengan teknologi digital khusus untuk pengajaran Bahasa Indonesia, agar pendidik lebih siap menghadapi dinamika pembelajaran modern. Kedua, sebaiknya dikaji lebih lanjut bagaimana metode pembelajaran berbasis proyek dan gamifikasi dapat dikombinasikan dalam satu pendekatan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan kreativitas siswa secara bersamaan. Ketiga, diperlukan studi yang mengevaluasi efektivitas model flipped classroom dalam konteks sekolah yang memiliki keterbatasan akses internet, untuk menemukan alternatif strategi pembelajaran mandiri yang tetap inklusif dan efektif bagi semua siswa. Penelitian-penelitian ini akan melengkapi temuan dalam artikel dengan memperkuat aspek kesiapan pendidik, optimalisasi metode, dan kesetaraan akses dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di era digital.

  1. #pembelajaran bahasa inggris#pembelajaran bahasa inggris
  2. #pembelajaran bahasa jawa#pembelajaran bahasa jawa
File size591.6 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test