UTMUTM
SEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaSEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan asesmen dilakukan guru dalam pembelajaran berdeferensiasi, (2) asesmen dan proses pemetaan (kebutuhan, minat dan gaya belajar) siswa yang dilakukan guru dalam pembelajaran berdeferensiasi, dan (3) proses dan hasil pembelajaran berdeferensiasi materi cerita rakyat di SD N 01 Doplang Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan paradigma nativistik nuturalistik, dengan studi kasus tunggal. Data: (1) perencanaan asesmen pembelajaran berdeferensiasi dikumpulkan dengan teknik observasi, dengan menelaah modul ajar yang dibuat guru, dan wawancara dengan guru (2) Data asesmen diagnosis untuk proses pemetaan (kebutuhan, minat, serta gaya belajar) dijaring dengan teknik wawancara dengan guru dan (3) Data hasil pembelajaran dikumpulkan dengan teknik assesmen tertulis. Validitas data dilakukan dengan triangulasi (metode dan informan). Analisis data menerapkan analisis interaktif model Miles & Huberman.
Guru tidak menyusun perencanaan asesmen diagnostik dengan baik, sehingga asesmen pada modul ajar tidak dapat mengidentifikasi kebutuhan, minat, dan gaya belajar siswa.Guru melakukan pemetaan peserta berdasarkan kemampuan riil harian, dan hasil asesmen menunjukkan bahwa kelompok dengan kategori sedang cukup berhasil dalam pembelajaran berdeferensiasi.Pembelajaran berdeferensiasi dengan materi cerita rakyat nasional menghasilkan nilai rata‑rata 50,7 yang lebih tinggi daripada materi cerita rakyat lokal (47,3), dengan cerita lokal “Telaga Madirda memperoleh nilai tertinggi (49,4) di antara cerita lokal lainnya.
Penelitian lanjutan dapat menyelidiki bagaimana desain asesmen diagnostik yang sistematis dan terintegrasi dalam modul ajar dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengidentifikasi kebutuhan, minat, serta gaya belajar siswa pada pembelajaran berdeferensiasi di tingkat sekolah dasar. Penelitian tersebut dapat menggunakan pendekatan eksperimen dengan kelompok kontrol yang menerima modul asesmen diagnostik terstruktur dan kelompok eksperimen yang tidak, serta mengukur perubahan pada ketepatan pemetaan siswa dan hasil belajar. Selanjutnya, studi komparatif antar daerah dapat mengevaluasi efek pengenalan cerita rakyat lokal yang terdokumentasi secara memadai terhadap motivasi membaca dan pencapaian akademik siswa, sehingga dapat menilai apakah keberadaan sumber bahan ajar lokal yang terkurasi meningkatkan efektivitas pembelajaran berdeferensiasi. Penelitian ini dapat melibatkan beberapa sekolah di provinsi berbeda, mengumpulkan data melalui observasi, kuesioner motivasi, dan tes pencapaian, serta melakukan analisis multivariat untuk mengisolasi pengaruh variabel budaya. Selain itu, penelitian longitudinal dapat menelusuri dampak intervensi pelatihan guru tentang strategi diferensiasi berbasis asesmen diagnostik terhadap perubahan praktik mengajar dan peningkatan prestasi siswa selama tiga tahun ajaran. Populasi penelitian dapat meliputi guru bahasa Indonesia dan siswa kelas IV–VI, dengan pengukuran pada awal, pertengahan, dan akhir periode intervensi. Analisis data dapat menggunakan model pertumbuhan hierarkis untuk menangkap dinamika perubahan antar periode. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan bukti empiris yang kuat bagi pembuat kebijakan dalam merumuskan pedoman asesmen diagnostik yang terstandarisasi serta mendukung pelestarian cerita rakyat lokal sebagai sumber belajar. Dengan demikian, sinergi antara perencanaan asesmen yang tepat, ketersediaan materi lokal, dan peningkatan kompetensi guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran berdeferensiasi secara berkelanjutan. Hasil temuan diharapkan dapat dipublikasikan dalam jurnal pendidikan nasional dan menjadi acuan bagi program pengembangan kurikulum di masa depan.
| File size | 461.4 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Praktik seperti diskusi kelompok dan proyek berbasis masalah merupakan manifestasi dari konsep zona perkembangan proksimal Vygotsky, di mana siswa belajarPraktik seperti diskusi kelompok dan proyek berbasis masalah merupakan manifestasi dari konsep zona perkembangan proksimal Vygotsky, di mana siswa belajar
UTMUTM Esensialisme menekankan kurikulum dasar dan peran guru otoritatif, Perenialisme berfokus pada pemikiran kritis melalui kebenaran abadi dan karya besar,Esensialisme menekankan kurikulum dasar dan peran guru otoritatif, Perenialisme berfokus pada pemikiran kritis melalui kebenaran abadi dan karya besar,
UTMUTM Penulis memberikan argumen mengenai informasi yang sudah, sedang, atau akan terjadi pasca-pemilu 2024. Tujuan dari penulisan ini untuk menjelaskan argumentasiPenulis memberikan argumen mengenai informasi yang sudah, sedang, atau akan terjadi pasca-pemilu 2024. Tujuan dari penulisan ini untuk menjelaskan argumentasi
UTMUTM Era globalisasi sudah banyak penggunaan teknologi baik di bidang pendidikan dan bidang lain-lain, seperti teknologi komunikasi, kecerdasan buatan (AI),Era globalisasi sudah banyak penggunaan teknologi baik di bidang pendidikan dan bidang lain-lain, seperti teknologi komunikasi, kecerdasan buatan (AI),
Useful /
UTMUTM Penggunaan conjunctive adjunct dapat dipersiapkan sebelumnya melalui observasi terhadap penggunaan serupa, dan frekuensinya memengaruhi kedalaman fungsiPenggunaan conjunctive adjunct dapat dipersiapkan sebelumnya melalui observasi terhadap penggunaan serupa, dan frekuensinya memengaruhi kedalaman fungsi
UTMUTM Oleh karena itu, integrasi teknologi dalam sistem pendidikan multikultural sangat penting untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). PemanfaatanOleh karena itu, integrasi teknologi dalam sistem pendidikan multikultural sangat penting untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Pemanfaatan
UTMUTM Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam pengajaran bahasa sastra di SMP Negeri 9 Muaro Jambi memiliki dampak positifHasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam pengajaran bahasa sastra di SMP Negeri 9 Muaro Jambi memiliki dampak positif
UTMUTM Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam pengajaran bahasa sastra di SMP Negeri 9 Muaro Jambi memiliki dampak positifHasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam pengajaran bahasa sastra di SMP Negeri 9 Muaro Jambi memiliki dampak positif