UNIDAUNIDA

Indonesian Journal of Applied Research (IJAR)Indonesian Journal of Applied Research (IJAR)

Abstrak: Dalam proses pembelajaran akan menyenangkan jika siswa memiliki efikasi diri dan guru memiliki kreativitas mengajar yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara kreativitas mengajar guru dengan efikasi diri siswa kelas lima di SDN Sukamaju 03 Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Jenis penelitian kuantitatif ini merupakan penelitian hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y. Subjek penelitian ini adalah 1 kelompok guru yang diambil sampelnya hanya guru kelas V yang berjumlah 20 orang dan siswa kelas V SDN Sukamaju 03 yang berjumlah 20 siswa. Data diperoleh melalui kuesioner, dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan product moment, korelasi antara kreativitas mengajar guru (X) dengan efikasi diri siswa (Y) diperoleh nilai r hitung = 0,790 dan r tabel untuk 20 adalah 0,444 pada taraf signifikansi 5%, sehingga r hitung > r tabel (0,790 > 0,444) maka H0 ditolak, yang berarti ada korelasi signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan efikasi diri siswa. Signifikansi persamaan regresi diperoleh F hitung sebesar 29,840 dan F tabel sebesar 4,41 dengan nilai sig 0,000, sehingga F hitung > F tabel, maka terdapat hubungan signifikan antara kreativitas mengajar guru (Variabel X) dan efikasi diri siswa (Variabel Y). Penelitian ini memperoleh R2 = 0,624 yang menunjukkan 62,4% variabel kreativitas mengajar guru mempengaruhi efikasi diri siswa, sisanya 37,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan efikasi diri siswa kelas V SDN Sukamaju 03.Hal ini dibuktikan melalui uji korelasi (r hitung > r tabel), uji regresi (Y = 12,527 0,836X), dan uji signifikansi (F hitung > F tabel), yang semuanya menolak hipotesis nol.Variabel kreativitas mengajar guru memberikan kontribusi efektif sebesar 62,4% terhadap efikasi diri siswa, sedangkan 37,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Penelitian selanjutnya bisa menggali lebih dalam mengenai faktor-faktor lain yang mempengaruhi efikasi diri siswa, selain kreativitas guru. Sebuah penelitian dapat difokuskan untuk menganalisis pengaruh signifikan dari faktor lingkungan seperti dukungan keluarga, kondisi sosial ekonomi, dan interaksi dengan teman sebaya terhadap kepercayaan diri siswa dalam belajar. Selain itu, untuk mengetahui strategi yang paling efektif, penelitian mendatang bisa mengidentifikasi jenis kreativitas mengajar spesifik mana yang paling berpengaruh dalam meningkatkan efikasi diri siswa yang memiliki rasa percaya diri rendah. Misalnya, melalui pendekatan studi kasus atau penelitian tindakan kelas untuk mengamati penerapan media pembelajaran inovatif atau model diskatori yang berhasil meningkatkan partisipasi dan kepercayaan diri. Sebagai langkah lanjut, penting juga untuk meneliti dampak akhir dari peningkatan kreativitas guru ini. Apakah peningkatan efikasi diri tersebut benar-benar terkonversi menjadi prestasi akademik yang lebih baik, seperti yang terlihat dari peningkatan nilai ujian matematika siswa. Dengan menjawab tiga pertanyaan ini, pemahaman kita akan menjadi lebih lengkap, tidak hanya sebatas hubungan, tetapi juga mencakup penyebab dari luar guru, strategi terbaik di kelas, serta hasil nyata pada prestasi siswa.

  1. #siswa kela ii#siswa kela ii
  2. #prestasi akademik siswa#prestasi akademik siswa
Read online
File size165.87 KB
Pages7
DMCAReport

Related /

ads-block-test