FTKJOURNAL UINMATARAMFTKJOURNAL UINMATARAM
SOCIETYSOCIETYPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran IPS Terpadu di kelas VIII dan upaya guru dalam mengatasinya di MTs Badrussalam NW Sekarbela. Metode kualitatif deskriptif digunakan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan problematika guru meliputi kurangnya sarana prasarana, metode monoton, penguasaan kelas yang lemah, serta materi ajar yang terbatas. Problematika siswa meliputi malas belajar, cepat bosan, dan tidak memperhatikan guru. Upaya yang dilakukan guru antara lain pertemuan dengan wali murid, sharing dengan kepala sekolah, penerapan metode variatif, serta kegiatan remidial.
Problematika pembelajaran IPS Terpadu di kelas VIII MTs Badrussalam NW Sekarbela berasal dari guru dan siswa.Guru kesulitan karena minimnya sarana, metode monoton, serta penguasaan kelas yang lemah, sedangkan siswa malas dan cepat bosan.Upaya guru berupa pertemuan orang tua, variasi metode, dan remidial telah dilakukan namun belih efektif.
Apakah penggunaan media pembelajaran berbasis lingkungan lokal seperti wayang sasak atau peta interaktif dapat meningkatkan perhatian siswa kelas VIII MTs Badrussalam terhadap IPS Terpadu? Bagaimana jika guru mengembangkan modul ajar mini berbasis kearifan lokal yang dapat diproduksi sendiri agar tidak bergantung pada buku paket yang terbatas? Apakah pelatihan pengelolaan kelas berbasis kepemimpinan transformasional dapat menurunkan kebosanan siswa saat jam terakhir sehingga nilai IPS Terpadu meningkat signifikan?.
| File size | 362.32 KB |
| Pages | 17 |
| DMCA | Report |
Related /
UNIKOMUNIKOM ia memperkuat tema autentisitas, transformasi, dan koneksi manusia di dunia digital. Penelitian ini menegaskan bahwa onomastik menjadi instrumen naratifia memperkuat tema autentisitas, transformasi, dan koneksi manusia di dunia digital. Penelitian ini menegaskan bahwa onomastik menjadi instrumen naratif
MAHESA CENTERMAHESA CENTER Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran berbasis IT dalam pengajaran lagu daerah Sumatera Utara dan mengidentifikasiPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran berbasis IT dalam pengajaran lagu daerah Sumatera Utara dan mengidentifikasi
UNISLAUNISLA Siswa juga merasa lebih mudah memahami teks karena story mapping terdiri dari beberapa elemen seperti orientasi, komplikasi, dan resolusi. Strategi storySiswa juga merasa lebih mudah memahami teks karena story mapping terdiri dari beberapa elemen seperti orientasi, komplikasi, dan resolusi. Strategi story
UNISLAUNISLA Penelitian ini mengajukan dua pertanyaan utama: (1) apa saja masalah siswa dalam berbicara bahasa Inggris di kelas sebelas SMA Negeri 1 Sukodadi; (2) apaPenelitian ini mengajukan dua pertanyaan utama: (1) apa saja masalah siswa dalam berbicara bahasa Inggris di kelas sebelas SMA Negeri 1 Sukodadi; (2) apa
UNISLAUNISLA Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan tes bahasa Inggris, kuesioner, dan wawancara sebagai instrumen.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan tes bahasa Inggris, kuesioner, dan wawancara sebagai instrumen.
FTKJOURNAL UINMATARAMFTKJOURNAL UINMATARAM Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tekhnik analisis data digunakan yaitu melalui reduksi data,Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tekhnik analisis data digunakan yaitu melalui reduksi data,
UBTUBT Pandangan dan sikap individu terhadap dirinya inilah yang dikenal dengan konsep diri. Penelitian ini difokuskan kepada Penerapan Bimbingan Kelompok untukPandangan dan sikap individu terhadap dirinya inilah yang dikenal dengan konsep diri. Penelitian ini difokuskan kepada Penerapan Bimbingan Kelompok untuk
UNIDAUNIDA Signifikansi persamaan regresi diperoleh F hitung sebesar 29,840 dan F tabel sebesar 4,41 dengan nilai sig 0,000, sehingga F hitung > F tabel, maka terdapatSignifikansi persamaan regresi diperoleh F hitung sebesar 29,840 dan F tabel sebesar 4,41 dengan nilai sig 0,000, sehingga F hitung > F tabel, maka terdapat
Useful /
STITMUBASTITMUBA Model ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis bagi pendidikan agama Islam, serta merekomendasikan pengembangan lebih lanjut untuk konteks yang lebihModel ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis bagi pendidikan agama Islam, serta merekomendasikan pengembangan lebih lanjut untuk konteks yang lebih
MAHESA CENTERMAHESA CENTER Pada sosial emosional menekankan pada pembentukan sikap dan karakter. Pada multikultural menekankan pada kemampuan memahami budaya di lingkungan sendiriPada sosial emosional menekankan pada pembentukan sikap dan karakter. Pada multikultural menekankan pada kemampuan memahami budaya di lingkungan sendiri
AISYAHUNIVERSITYAISYAHUNIVERSITY Terdapat hubungan signifikan antara kuantitas merokok dan daya tahan kardiorespirasi pada siswa putra kelas XI SMAN 5 Kota Serang, dengan nilai p=0,02.Terdapat hubungan signifikan antara kuantitas merokok dan daya tahan kardiorespirasi pada siswa putra kelas XI SMAN 5 Kota Serang, dengan nilai p=0,02.
UNIDAUNIDA Three formulas of ready to drink (RTD) were prepared using 2% (w/v) rosella tea with 0. 1, 0. 3, and 0. 5% (w/v) stevia leaf, then the sensory qualitiesThree formulas of ready to drink (RTD) were prepared using 2% (w/v) rosella tea with 0. 1, 0. 3, and 0. 5% (w/v) stevia leaf, then the sensory qualities