OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPenelitian ini menyelidiki pengaruh media sosial terhadap minat baca siswa dalam bidang ilmu sosial. Penelitian ini mengungkap bahwa penggunaan media sosial dalam pembelajaran IPS tidak secara langsung berdampak negatif pada prestasi akademik siswa, karena faktor utama dalam meningkatkan prestasi bukanlah penggunaan media sosial. Tujuan utama penelitian ini adalah memanfaatkan pengetahuan tentang media sosial dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan metode kualitatif sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, menyediakan akses ke informasi dan sumber belajar tanpa batasan ruang dan waktu, memungkinkan siswa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berpartisipasi dalam komunitas belajar daring. Namun, media sosial juga dapat memicu stres, terutama melalui perundungan siber.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa rendahnya minat baca di Indonesia, khususnya di kalangan siswa, menjadi kendala dalam proses pengolahan pengetahuan dan literasi secara keseluruhan.Faktor-faktor penyebabnya meliputi terbatasnya akses ke buku, kurangnya budaya membaca, kurangnya dukungan dari keluarga, dan kondisi pendidikan yang belum memadai.Meskipun media sosial menawarkan manfaat dalam bidang pendidikan, penggunaannya yang berlebihan dapat mengurangi minat baca karena kemudahan akses dan potensi hiburannya.Penggunaan media sosial secara tepat dalam pembelajaran dan penerapan metode pengajaran yang bervariasi diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa, memungkinkan guru dan siswa mengakses materi pembelajaran yang lebih beragam dan menarik, sehingga meningkatkan motivasi belajar.
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa arah studi lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengidentifikasi jenis-jenis konten media sosial yang paling efektif dalam meningkatkan minat baca siswa, serta bagaimana cara menyesuaikan konten tersebut dengan karakteristik dan minat baca siswa yang berbeda-beda. Kedua, penting untuk meneliti dampak penggunaan media sosial terhadap kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa, mengingat informasi yang tersedia di media sosial seringkali tidak terverifikasi dan dapat memengaruhi cara siswa memahami suatu isu. Ketiga, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan model pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan media sosial secara efektif dalam proses pembelajaran IPS, dengan mempertimbangkan potensi dan risiko penggunaan media sosial untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan interaktif.
| File size | 184.69 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan media flashcard digital berbasis HTML yang mengikuti model ADDIE dengan lima tahap.media tersebutPenelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan media flashcard digital berbasis HTML yang mengikuti model ADDIE dengan lima tahap.media tersebut
OJSOJS Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 40 siswa dan terdiri dari kelas IVA dan IVB, dimana kelas IVA adalahPopulasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 40 siswa dan terdiri dari kelas IVA dan IVB, dimana kelas IVA adalah
OJSOJS Mendidik anak tentang adab sopan santun sebaiknya dimulai sejak dini, hal ini penting agar ketika mereka dewasa, mereka memiliki akhlak yang mulia. PeranMendidik anak tentang adab sopan santun sebaiknya dimulai sejak dini, hal ini penting agar ketika mereka dewasa, mereka memiliki akhlak yang mulia. Peran
INTELEKTUALINTELEKTUAL Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengalaman mengajar memoderasi dampak hubungan guru-siswa terhadap kesejahteraan subjektif guru. Hasil penelitianPenelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengalaman mengajar memoderasi dampak hubungan guru-siswa terhadap kesejahteraan subjektif guru. Hasil penelitian
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA 658. Sampel dalam penelitian sebanyak 377 siswa yang didapat dari total anggota populasi 6658 siswa menggunakan teknik area proportional simple random658. Sampel dalam penelitian sebanyak 377 siswa yang didapat dari total anggota populasi 6658 siswa menggunakan teknik area proportional simple random
INTELEKTUALINTELEKTUAL Penelitian ini bertujuan menentukan korelasi antara perkembangan moral dan narsisisme mahasiswa akuntansi terhadap tindakan penipuan akademik. PenelitianPenelitian ini bertujuan menentukan korelasi antara perkembangan moral dan narsisisme mahasiswa akuntansi terhadap tindakan penipuan akademik. Penelitian
INTELEKTUALINTELEKTUAL Berdasarkan data yang dianalisis, kerangka kerja dirancang untuk meningkatkan kesiapan dan menjaga sistem pembelajaran yang berjalan lancar. Terakhir,Berdasarkan data yang dianalisis, kerangka kerja dirancang untuk meningkatkan kesiapan dan menjaga sistem pembelajaran yang berjalan lancar. Terakhir,
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Metode kuasi-eksperimen digunakan dengan desain pretest–posttest control group melibatkan 60 siswa kelas V di Kota Bandung. Data dikumpulkan melaluiMetode kuasi-eksperimen digunakan dengan desain pretest–posttest control group melibatkan 60 siswa kelas V di Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui