OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Penelitian ini menyelidiki pengaruh media sosial terhadap minat baca siswa dalam bidang ilmu sosial. Penelitian ini mengungkap bahwa penggunaan media sosial dalam pembelajaran IPS tidak secara langsung berdampak negatif pada prestasi akademik siswa, karena faktor utama dalam meningkatkan prestasi bukanlah penggunaan media sosial. Tujuan utama penelitian ini adalah memanfaatkan pengetahuan tentang media sosial dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan metode kualitatif sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, menyediakan akses ke informasi dan sumber belajar tanpa batasan ruang dan waktu, memungkinkan siswa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berpartisipasi dalam komunitas belajar daring. Namun, media sosial juga dapat memicu stres, terutama melalui perundungan siber.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa rendahnya minat baca di Indonesia, khususnya di kalangan siswa, menjadi kendala dalam proses pengolahan pengetahuan dan literasi secara keseluruhan.Faktor-faktor penyebabnya meliputi terbatasnya akses ke buku, kurangnya budaya membaca, kurangnya dukungan dari keluarga, dan kondisi pendidikan yang belum memadai.Meskipun media sosial menawarkan manfaat dalam bidang pendidikan, penggunaannya yang berlebihan dapat mengurangi minat baca karena kemudahan akses dan potensi hiburannya.Penggunaan media sosial secara tepat dalam pembelajaran dan penerapan metode pengajaran yang bervariasi diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa, memungkinkan guru dan siswa mengakses materi pembelajaran yang lebih beragam dan menarik, sehingga meningkatkan motivasi belajar.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa arah studi lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengidentifikasi jenis-jenis konten media sosial yang paling efektif dalam meningkatkan minat baca siswa, serta bagaimana cara menyesuaikan konten tersebut dengan karakteristik dan minat baca siswa yang berbeda-beda. Kedua, penting untuk meneliti dampak penggunaan media sosial terhadap kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa, mengingat informasi yang tersedia di media sosial seringkali tidak terverifikasi dan dapat memengaruhi cara siswa memahami suatu isu. Ketiga, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan model pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan media sosial secara efektif dalam proses pembelajaran IPS, dengan mempertimbangkan potensi dan risiko penggunaan media sosial untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan interaktif.

  1. PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BACA GENERASI Z (SURVEY PADA FOLLOWERS AKUN TWITTER MEDIA @CNNINDONESIA)... doi.org/10.19109/tabayyun.v2i1.8928PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BACA GENERASI Z SURVEY PADA FOLLOWERS AKUN TWITTER MEDIA CNNINDONESIA doi 10 19109 tabayyun v2i1 8928
  1. #prestasi akademik siswa#prestasi akademik siswa
  2. #guru siswa#guru siswa
File size184.69 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test