UNUKALTIMUNUKALTIM

Journal of Sustainable TransformationJournal of Sustainable Transformation

Kepemimpinan yang efektif memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan kerja kondusif, meningkatkan motivasi dan kinerja para guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan para guru di SD Negeri 011 Samarinda Seberang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah yang menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan partisipatif, demokratis serta transformasional dapat meningkatkan kinerja guru, memberikan ruang kepada para guru dalam pengambilan keputusan dan meningkatkan rasa tanggung jawab. Selain itu, kepala sekolah yang menerapkan prinsip kepemimpinan yang efektif, juga menerapkan komunikasi yang transparan antara kepala sekolah dan para guru dan menciptakan iklim kerja yang positif akan membuat guru merasa didukung dan dihargai. Pelatihan dan pengembangan professional yang terstruktur juga memberikan pengaruh yang signifikan dalam menigkatkan kompetensi dan produktivitas guru. Hasil ini menunjukan peningkatan kinerja guru secara langsung membawa kualitas pendidikan di SD Negeri 011 Samarinda Seberang meningkat.

Kepemimpinan yang efektif di SD Negeri 011 Samarinda Seberang terlihat melalui gaya kepemimpinan transformasional dan demokratis, yang memperhatikan aspirasi guru, membuat keputusan penuh pertimbangan, dan menjaga komunikasi transparan.Kepala sekolah juga menerapkan strategi mentoring profesional, musyawarah, dan penyelesaian konflik.Praktik-praktik ini meningkatkan kinerja guru dan mutu pendidikan di sekolah.

Bagaimana pengembangan pelatihan kepemimpinan khusus bagi kepala sekolah bisa memengaruhi persepsi guru terhadap motivasi dan kualitas pengajaran? Apakah perbedaan gaya kepemimpinan transformasional dan demokratis memengaruhi tingkat retensi guru serta prestasi siswa di beberapa sekolah dasar? Bagaimana penggunaan media digital sebagai alat komunikasi antara kepala sekolah dan guru dapat memperkuat transparansi dan memotivasi guru dalam kondisi sekolah hybrid atau jarak jauh?.

  1. PRINSIP KEPEMIMPINAN YANG EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI 011 SAMARINDA SEBERANG... ojss.unukaltim.ac.id/index.php/jst/article/view/43PRINSIP KEPEMIMPINAN YANG EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI 011 SAMARINDA SEBERANG ojss unukaltim ac index php jst article view 43
  1. #guru iklim#guru iklim
  2. #guru sd negeri#guru sd negeri
Read online
File size330.27 KB
Pages11
DMCAReport

Related /

ads-block-test