UTMUTM

SEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaSEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teori sosio-konstruktivisme dalam pembelajaran bahasa di Madrasah Tsanawiyah Almatera. Teori sosio-konstruktivisme menekankan bahwa pembelajaran bahasa terjadi melalui interaksi sosial dan pengalaman yang bermakna. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi terhadap dua guru bahasa Inggris di madrasah untuk mengidentifikasi praktik pembelajaran yang telah diterapkan. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan berbasis diskusi kelompok, proyek berbasis permasalahan, serta berbagai media pembelajaran telah menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif dan efektif. Namun, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan sumber daya dan perlunya pelatihan guru secara berkelanjutan. Artikel ini merekomendasikan pembentukan komunitas belajar profesional, pendekatan inklusif, serta pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa di madrasah ini.

Teori sosio-konstruktivisme penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang aktif dan bermakna di Madrasah Almatera.Praktik seperti diskusi kelompok dan proyek berbasis masalah merupakan manifestasi dari konsep zona perkembangan proksimal Vygotsky, di mana siswa belajar dengan bantuan pihak yang lebih berpengalaman.Temuan ini sejalan dengan pandangan Vygotsky bahwa fungsi perkembangan kultural muncul pertama kali pada tingkat sosial, kemudian pada tingkat individu.

Pertama, perlu dilakukan penelitian tentang bagaimana pembentukan komunitas belajar profesional guru dapat memengaruhi penerapan teori sosio-konstruktivisme secara konsisten dalam pembelajaran bahasa, termasuk tantangan institusional dan dukungan sistemik yang dibutuhkan. Kedua, perlu dikaji lebih lanjut model pendekatan inklusif yang paling efektif dalam konteks madrasah berasrama dengan latar belakang siswa yang beragam, agar setiap siswa dapat berpartisipasi aktif dalam interaksi sosial selama pembelajaran. Ketiga, diperlukan studi tentang integrasi teknologi digital dalam metode sosio-konstruktivisme, khususnya platform kolaboratif daring yang dapat mendukung diskusi kelompok dan proyek pembelajaran secara berkelanjutan, serta dampaknya terhadap keterlibatan dan hasil belajar siswa di lingkungan pendidikan keagamaan.

  1. Artigo - Atena Editora. artigo atena editora portugu english espanhol home quem somos tica privacidade... atenaeditora.com.br/catalogo/artigo-revista/el-lenguaje-en-el-contexto-socio-cultural-desde-la-perspectiva-de-lev-vygotskyArtigo Atena Editora artigo atena editora portugu english espanhol home quem somos tica privacidade atenaeditora br catalogo artigo revista el lenguaje en el contexto socio cultural desde la perspectiva de lev vygotsky
  2. Integrative Analysis of Socio-linguistic Principles in Applied Language Teaching | Bei | Frontiers in... doi.org/10.22158/fet.v7n1p58Integrative Analysis of Socio linguistic Principles in Applied Language Teaching Bei Frontiers in doi 10 22158 fet v7n1p58
  3. RumeliDE Dil ve Edebiyat Araştırmaları Dergisi » Makale » Yabancı dil eğitiminde içerik... doi.org/10.29000/rumelide.1164892RumeliDE Dil ve Edebiyat Aratrmalar Dergisi A Makale A Yabanc dil eitiminde iyerik doi 10 29000 rumelide 1164892
  1. #pembelajaran bahasa inggris#pembelajaran bahasa inggris
  2. #buku pelajaran bahasa inggris#buku pelajaran bahasa inggris
File size322.51 KB
Pages4
DMCAReportReport

ads-block-test