UTMUTM
SEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaSEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teori sosio-konstruktivisme dalam pembelajaran bahasa di Madrasah Tsanawiyah Almatera. Teori sosio-konstruktivisme menekankan bahwa pembelajaran bahasa terjadi melalui interaksi sosial dan pengalaman yang bermakna. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi terhadap dua guru bahasa Inggris di madrasah untuk mengidentifikasi praktik pembelajaran yang telah diterapkan. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan berbasis diskusi kelompok, proyek berbasis permasalahan, serta berbagai media pembelajaran telah menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif dan efektif. Namun, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan sumber daya dan perlunya pelatihan guru secara berkelanjutan. Artikel ini merekomendasikan pembentukan komunitas belajar profesional, pendekatan inklusif, serta pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa di madrasah ini.
Teori sosio-konstruktivisme penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang aktif dan bermakna di Madrasah Almatera.Praktik seperti diskusi kelompok dan proyek berbasis masalah merupakan manifestasi dari konsep zona perkembangan proksimal Vygotsky, di mana siswa belajar dengan bantuan pihak yang lebih berpengalaman.Temuan ini sejalan dengan pandangan Vygotsky bahwa fungsi perkembangan kultural muncul pertama kali pada tingkat sosial, kemudian pada tingkat individu.
Pertama, perlu dilakukan penelitian tentang bagaimana pembentukan komunitas belajar profesional guru dapat memengaruhi penerapan teori sosio-konstruktivisme secara konsisten dalam pembelajaran bahasa, termasuk tantangan institusional dan dukungan sistemik yang dibutuhkan. Kedua, perlu dikaji lebih lanjut model pendekatan inklusif yang paling efektif dalam konteks madrasah berasrama dengan latar belakang siswa yang beragam, agar setiap siswa dapat berpartisipasi aktif dalam interaksi sosial selama pembelajaran. Ketiga, diperlukan studi tentang integrasi teknologi digital dalam metode sosio-konstruktivisme, khususnya platform kolaboratif daring yang dapat mendukung diskusi kelompok dan proyek pembelajaran secara berkelanjutan, serta dampaknya terhadap keterlibatan dan hasil belajar siswa di lingkungan pendidikan keagamaan.
- Artigo - Atena Editora. artigo atena editora portugu english espanhol home quem somos tica privacidade... atenaeditora.com.br/catalogo/artigo-revista/el-lenguaje-en-el-contexto-socio-cultural-desde-la-perspectiva-de-lev-vygotskyArtigo Atena Editora artigo atena editora portugu english espanhol home quem somos tica privacidade atenaeditora br catalogo artigo revista el lenguaje en el contexto socio cultural desde la perspectiva de lev vygotsky
- Integrative Analysis of Socio-linguistic Principles in Applied Language Teaching | Bei | Frontiers in... doi.org/10.22158/fet.v7n1p58Integrative Analysis of Socio linguistic Principles in Applied Language Teaching Bei Frontiers in doi 10 22158 fet v7n1p58
- RumeliDE Dil ve Edebiyat Araştırmaları Dergisi » Makale » Yabancı dil eğitiminde içerik... doi.org/10.29000/rumelide.1164892RumeliDE Dil ve Edebiyat Aratrmalar Dergisi A Makale A Yabanc dil eitiminde iyerik doi 10 29000 rumelide 1164892
| File size | 322.51 KB |
| Pages | 4 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Buku pelajaran ini dirancang agar siswa memahami konteks global dan mengenal berbagai perbedaan budaya dari berbagai belahan dunia. Pentingnya penjelasanBuku pelajaran ini dirancang agar siswa memahami konteks global dan mengenal berbagai perbedaan budaya dari berbagai belahan dunia. Pentingnya penjelasan
UTMUTM Penulis berita menunjukkan kemampuan dalam menyajikan informasi melalui struktur argumentasi yang jelas dan didukung oleh bukti faktual. Analisis ini memberikanPenulis berita menunjukkan kemampuan dalam menyajikan informasi melalui struktur argumentasi yang jelas dan didukung oleh bukti faktual. Analisis ini memberikan
UNDIKSHAUNDIKSHA Media yang dikembangkan adalah flashcard digital. Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahMedia yang dikembangkan adalah flashcard digital. Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
UNDIKSHAUNDIKSHA Simpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan sumber daya pembelajaran yang adaptif dan interaktif, serta implikasinya terhadap peningkatanSimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan sumber daya pembelajaran yang adaptif dan interaktif, serta implikasinya terhadap peningkatan
Useful /
UTMUTM Conjunctive adjunct tidak hanya menghubungkan ide dalam komunikasi verbal dan audiovisual, tetapi juga memastikan nilai dan kepercayaan berita kepada pemirsa.Conjunctive adjunct tidak hanya menghubungkan ide dalam komunikasi verbal dan audiovisual, tetapi juga memastikan nilai dan kepercayaan berita kepada pemirsa.
UTMUTM Analisis data menerapkan analisis interaktif model Miles & Huberman. Guru tidak menyusun perencanaan asesmen diagnostik dengan baik, sehingga asesmen padaAnalisis data menerapkan analisis interaktif model Miles & Huberman. Guru tidak menyusun perencanaan asesmen diagnostik dengan baik, sehingga asesmen pada
UNDIKSHAUNDIKSHA Emotional intelligence yang tinggi memungkinkan siswa mengatasi tekanan belajar serta mengurangi kebosanan, yang pada gilirannya meningkatkan prestasiEmotional intelligence yang tinggi memungkinkan siswa mengatasi tekanan belajar serta mengurangi kebosanan, yang pada gilirannya meningkatkan prestasi
UNDIKSHAUNDIKSHA Media sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen, terutama melalui iklan daring dan endorsment selebritas. Penelitian ini menunjukkanMedia sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen, terutama melalui iklan daring dan endorsment selebritas. Penelitian ini menunjukkan