UTMUTM

SEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaSEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya

Aplikasi conjunctive adjunct berkontribusi pada pengaturan informasi berjalan pada proses komunikasi termasuk pada teks berita. Penelitian ini menganalisa bagaimanakah implementasi conjunctive adjunct oleh penyiar berita berbahasa Inggris pada channel BBC. Objek penelitian adalah teks berita berjudul Hurricane Milton leaves destruction across Florida | BBC News yang diambil dari channel YouTube resmi milik BBC. Objek utama adalah teks rertulis, dan pendukungnya adalah penampilan audiovisual para penyiar berita. Design penelitian adalah qualitative. Ada enam temuan utama yang meliputi menenangkan emosi penonton, memberikan semangat untuk selamat dari bencana, mendorong para pemangku kekuasaan untuk memberi perhatian kepada para korban, mengekspresikan simpati, menyampaikan penilaian keberutungan, dan menyampaikan pesan untuk memberikan respon cepat. Conjunction tidak hanya ambil bagian dalam aspek linguistik, tapi juga berkontribusi mengatur jalannya informasi secara tepat.

Conjunctive adjunct tidak hanya menghubungkan ide dalam komunikasi verbal dan audiovisual, tetapi juga memastikan nilai dan kepercayaan berita kepada pemirsa.Penggunaan conjunctive adjunct dapat dipersiapkan sebelumnya melalui observasi terhadap penggunaan serupa, dan frekuensinya memengaruhi kedalaman fungsi komunikasi.Penelitian masa depan dapat mengembangkan tipe fungsi conjunctive adjunct dan memisahkan cakupan studi menjadi bagian-bagian spesifik.

Berdasarkan studi ini yang fokus pada satu video berita BBC tentang penerapan conjunctive adjunct oleh anchor berita, penelitian lanjutan bisa mengeksplorasi bagaimana saran untuk memperluas analisis ke platform media sosial lain seperti Twitter atau Instagram oleh anchor berita global, misalnya apakah penggunaan conjunctive adjunct di cerita singkat berpengaruh pada pemahaman cepat audiens tentang krisis iklim. Selain itu, studi baru dapat ditujukan untuk menyelidiki dampak penggunaan conjunctive adjunct dalam teks berita pada emosi pemirsa, seperti pertanyaan apakah kombinasi kata hubung seperti tetapi di berita politik bisa membuat orang lebih tenang atau justru memicu diskusi lebih intens di masyarakat. Studi lainnya bisa dikembangkan dengan mengamati bagaimana conjunctive adjunct digunakan di berita mancanegara seperti dari CNN atau Al Jazeera, lalu dibandingkan dengan BBC untuk melihat perbedaan budaya dalam penyampaian berita bencana, misalnya apakah variasi geografis memengaruhi keefektifan komunikasi. Tambahan lagi, penelitian masa depan bisa membuat alat bantu pembelajaran bahasa Inggris bagi anak muda, seperti aplikasi yang mengajarkan penggunaan conjunctive adjunct lewat simulasi berita palsu tentang perubahan cuaca ekstrem, untuk membangun keterampilan komunikasi yang lebih baik. Lebih lanjut, analisis lanjutan dapat fokus pada dampak teknologi AI dalam menghasilkan teks berita otomatis, dengan pertanyaan bagaimana AI bisa dioptimalkan untuk menggunakan conjunctive adjunct agar berita tentang bencana alam seperti topan menjadi lebih manusiawi dan menyentuh hati. Akhirnya, penelitian baru disarankan untuk membongkar jenis-jenis conjunctive adjunct spesifik dalam berita ekonomi global, semisal apakah penggunaan adversarial conjunctions seperti meski membantu masyarakat memahami resesi ekonomi dengan lebih jelas dan tanpa panik.

  1. Single view – International journal of social science and education researchers studies. single... ijssers.org/single-view/?id=8823&pid=8674Single view Ae International journal of social science and education researchers studies single ijssers single view id 8823 pid 8674
  2. Do Mind Maps Really Catalyze EFL Grammar Learning? Conjunction as a Case | Bataineh | International Journal... ojs.unm.ac.id/ijole/article/view/36393Do Mind Maps Really Catalyze EFL Grammar Learning Conjunction as a Case Bataineh International Journal ojs unm ac ijole article view 36393
  3. Jurnal Ilmiah Lingua Idea. universitas jenderal soedirman jurnal ilmiah lingua idea skip main content... doi.org/10.20884/1.jli.2024.15.1.9971Jurnal Ilmiah Lingua Idea universitas jenderal soedirman jurnal ilmiah lingua idea skip main content doi 10 20884 1 jli 2024 15 1 9971
  1. #conjunctive adjunct#conjunctive adjunct
File size380.99 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test