UTMUTM
SEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaSEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan konjungsi dan modalitas pada tajuk rencana surat kabar Kedaulatan Rakyat (KR) dan relevansinya dalam pembelajaran teks editorial di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini yakni tiga judul teks tajuk rencana dari edisi pekan kedua bulan November pada surat kabar Kedaulatan Rakyat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan konjungsi dalam tajuk rencana didominasi oleh konjungsi koordinatif dan subordinatif untuk menjelaskan hubungan logis antara argumen. Modalitas yang sering muncul adalah modalitas epistemik yang menunjukkan tingkat keyakinan, intensional yang mengukapkan harapan serta modalitas deontik yang mengungkapkan keharusan. Temuan ini relevan untuk pembelajaran teks editorial di SMA, khususnya dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis struktur argumen dan bahasa persuasif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan konjungsi dalam tajuk rencana didominasi oleh konjungsi koordinatif dan subordinatif untuk menjelaskan hubungan logis antara argumen.Modalitas yang sering muncul adalah modalitas epistemik yang menunjukkan tingkat keyakinan, intensional yang mengukapkan harapan serta modalitas deontik yang mengungkapkan keharusan.Temuan ini relevan untuk pembelajaran teks editorial di SMA, khususnya dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis struktur argumen dan bahasa persuasif.
Sebagai langkah penelitian lanjutan, dapatkah kita menyelidiki pengaruh penggunaan konjungsi dan modalitas terhadap pemahaman siswa dalam menganalisis berbagai teks editorial dari sumber media lainnya? Selain itu, bagaimana jika dilakukan penelitian yang membandingkan pemanfaatan konjungsi dalam teks editorial dengan jenis teks lainnya, seperti artikel berita atau blog? Terakhir, kita bisa mengeksplorasi jenis-jenis modalitas yang digunakan dalam teks editorial berbeda untuk memahami variasi dalam gaya penulisan dan dampaknya terhadap pembaca.
| File size | 429.04 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Makalah ini mengeksplorasi karakteristik utama setiap filosofi, memberikan contoh-contoh dunia nyata, dan membahas aplikasi serta implikasinya yang spesifikMakalah ini mengeksplorasi karakteristik utama setiap filosofi, memberikan contoh-contoh dunia nyata, dan membahas aplikasi serta implikasinya yang spesifik
UTMUTM Pengaplikasian teknologi di SMP Negeri 8 Muaro Jambi berperan signifikan dalam meningkatkan literasi multikultural siswa. Pembelajaran interaktif memperkayaPengaplikasian teknologi di SMP Negeri 8 Muaro Jambi berperan signifikan dalam meningkatkan literasi multikultural siswa. Pembelajaran interaktif memperkaya
UTMUTM Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus yang bertujuan untuk menggali pengalaman dan perspektif guru serta siswa dalamPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus yang bertujuan untuk menggali pengalaman dan perspektif guru serta siswa dalam
UTMUTM Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi terhadap dua guru bahasa Inggris di madrasah untuk mengidentifikasi praktik pembelajaran yangPenelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi terhadap dua guru bahasa Inggris di madrasah untuk mengidentifikasi praktik pembelajaran yang
Useful /
UTMUTM Aplikasi conjunctive adjunct berkontribusi pada pengaturan informasi berjalan pada proses komunikasi termasuk pada teks berita. Penelitian ini menganalisaAplikasi conjunctive adjunct berkontribusi pada pengaturan informasi berjalan pada proses komunikasi termasuk pada teks berita. Penelitian ini menganalisa
UTMUTM Dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif, artikel ini menganalisis peran teknologi digital dalam meningkatkan keterampilan literasi dan komunikasiDengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif, artikel ini menganalisis peran teknologi digital dalam meningkatkan keterampilan literasi dan komunikasi
UTMUTM Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menelaah buku pelajaran Bahasa Inggris yang digunakan di beberapa SMP dengan fokus pada representasi keragamanMelalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menelaah buku pelajaran Bahasa Inggris yang digunakan di beberapa SMP dengan fokus pada representasi keragaman
UTMUTM Pembelajaran sastra yang melibatkan berbagai perspektif budaya berkontribusi pada pembentukan karakter dan nilai-nilai moral siswa, yang penting dalamPembelajaran sastra yang melibatkan berbagai perspektif budaya berkontribusi pada pembentukan karakter dan nilai-nilai moral siswa, yang penting dalam