UTMUTM
SEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaSEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaKeberagaman suku, adat, ras, dan agama di Indonesia merupakan bukti dari kekayaan nilai-nilai multikultural di Indonesia dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika. Unsur multikultural tersebut tidak sedikit yang tercermin dalam buku Teks Bahasa Indonesia pada jenjang SMP. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberagaman unsur multikultural yang ada di buku Teks Bahasa Indonesia siswa SMP. Dengan menggunakan desain kualitatif dan teori analisis wacana kritis, penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan unsur-unsur multikultural yang terdapat pada buku teks Bahasa Indonesia SMP dalam bingkai semboyan Bhineka Tunggal Ika. Teknik pengumpulan data dan metode yang digunakan adalah metode simak dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif. Buku Teks Bahasa Indonesia kelas VII, VII, dan IX adalah sumber data penelitian ini. Buku Teks yang dipilih merupakan buku teks terbitan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Tekonologi yang digunakan pada kurikulum 2013 revisi 2015-2018. Data yang diambil dari sumber data berupa penggunaan kata, teks, dan gambar/ilustrasi yang mengandung unsur multikultural. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat 21 data yang mengandung unsur multikultural meliputi nilai menghormati budaya, suku, dan agama yang berbeda, menghormati budaya masyarakat adat, menghindari konflik dan mengutamakan perdamaian, serta apresiasi produk budaya kreatif.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat 21 data yang mengandung unsur multikultural dalam buku teks Bahasa Indonesia jenjang SMP.Unsur-unsur multikultural tersebut meliputi 10 data yang menggambarkan nilai menghormati budaya, suku, dan agama yang berbeda, 5 data tentang menghormati budaya masyarakat adat, 2 data yang menekankan pentingnya menghindari konflik dan mengutamakan perdamaian, serta 4 data yang mengapresiasi produk budaya kreatif.Meskipun buku teks ini sudah mencakup berbagai nilai multikultural yang relevan dengan prinsip Bhinneka Tunggal Ika, masih terdapat ruang untuk memperkuat representasi nilai-nilai tersebut, terutama dalam konteks yang lebih mendalam dan beragam, sehingga dapat lebih optimal dalam membentuk sikap toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman di kalangan siswa.
Penelitian lanjutan dapat fokus pada analisis buku teks Bahasa Indonesia di tingkat SMA untuk melihat apakah nilai-nilai multikultural diterapkan lebih mendalam atau berbeda dengan tingkat SMP. Selain itu, peneliti dapat mengeksplorasi peran media digital dalam menyampaikan nilai-nilai multikultural kepada generasi muda, seperti melalui konten video, podcast, atau platform pembelajaran online. Terakhir, penelitian juga bisa menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk membandingkan persepsi siswa terhadap representasi multikultural dalam buku teks dan media pembelajaran lainnya, sehingga hasilnya lebih komprehensif dan dapat memberikan rekomendasi yang lebih tepat untuk pengembangan kurikulum.
| File size | 1.03 MB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari data analisis kebutuhan,Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari data analisis kebutuhan,
UNDIKSHAUNDIKSHA Teknik analisis data menggunakan uji beda (paired sample t-test) untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi. Hasil penelitianTeknik analisis data menggunakan uji beda (paired sample t-test) untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi. Hasil penelitian
UNDIKSHAUNDIKSHA Hubungan antara dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, serta kebosanan bersifat saling terkait dan dapat dioptimalkan melalui program peningkatanHubungan antara dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, serta kebosanan bersifat saling terkait dan dapat dioptimalkan melalui program peningkatan
UNDIKSHAUNDIKSHA Prototipe yang dikembangkan dalam penelitian ini dirancang agar sesuai interaktif, mudah diakses, serta dengan kebutuhan, bersifat memperhitungkan sensitivitasPrototipe yang dikembangkan dalam penelitian ini dirancang agar sesuai interaktif, mudah diakses, serta dengan kebutuhan, bersifat memperhitungkan sensitivitas
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Oleh karena itu, disarankan agar para pemimpin sekolah menerima pelatihan yang ditargetkan untuk dapat mengembangkan meningkatkan kepuasan dan motivasiOleh karena itu, disarankan agar para pemimpin sekolah menerima pelatihan yang ditargetkan untuk dapat mengembangkan meningkatkan kepuasan dan motivasi
UNPAMUNPAM Kertas yang dihasilkan memenuhi standar SNI untuk kertas tulis, sehingga berpotensi mengurangi pemakaian kayu dan limbah pertanian. Kulit pisang dapatKertas yang dihasilkan memenuhi standar SNI untuk kertas tulis, sehingga berpotensi mengurangi pemakaian kayu dan limbah pertanian. Kulit pisang dapat
UIGMUIGM Implementasi Collaborative Governance dalam pengembangan tanaman cabai di Desa Meranjat III diharapkan mampu menciptakan model yang dapat diterapkan diImplementasi Collaborative Governance dalam pengembangan tanaman cabai di Desa Meranjat III diharapkan mampu menciptakan model yang dapat diterapkan di
UIGMUIGM Media sosial, di satu sisi dapat memperluas jaringan persahabatan dalam waktu singkat, namun juga sangat berpotensi untuk terjadinya kerawanan dan perselisihanMedia sosial, di satu sisi dapat memperluas jaringan persahabatan dalam waktu singkat, namun juga sangat berpotensi untuk terjadinya kerawanan dan perselisihan