UTMUTM

SEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaSEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya

Era globalisasi sudah banyak penggunaan teknologi baik di bidang pendidikan dan bidang lain-lain, seperti teknologi komunikasi, kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), teknologi digital. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran bahasa dan sastra memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi multikultural di kalangan siswa. Dengan mengintegrasikan alat dan sumber daya teknologi, proses pembelajaran dapat menjadi lebih interaktif dan menarik, memungkinkan siswa mengeksplorasi berbagai budaya dan perspektif berbeda. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana teknologi digunakan untuk memperkaya pengalaman belajar, memperkenalkan siswa pada karya sastra berbagai latar belakang budaya, dan mendorong diskusi nilai multikultural. Model pembelajaran interaktif juga meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran.

Pengaplikasian teknologi di SMP Negeri 8 Muaro Jambi berperan signifikan dalam meningkatkan literasi multikultural siswa.Pembelajaran interaktif memperkaya pengalaman belajar dan membantu pemahaman keberagaman budaya.Siswa dapat mengakses informasi berbagai latar belakang budaya, sehingga meningkatkan toleransi dan keterbukaan terhadap perbedaan.

Penelitian lanjutan dapat mengkaji strategi teknologi digital untuk mengatasi rendahnya literasi siswa di Indonesia, mengembangkan model pembelajaran interaktif yang mengintegrasikan budaya lokal dan global secara mandiri, serta mengevaluasi dampak jangka panjang pembelajaran teknologi terhadap pembentukan karakter multikultural siswa. Peneliti juga bisa membandingkan efektivitas pendekatan teknologi konvensional dan inovatif dalam meningkatkan partisipasi siswa.

  1. Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari | Astalini | JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan... journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF/article/view/694Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari Astalini JIPF Jurnal Ilmu Pendidikan journal stkipsingkawang ac index php JIPF article view 694
  2. Pendidikan sains di sekolah menengah pertama perkotaan: Bagaimana sikap dan keaktifan belajar siswa terhadap... doi.org/10.21831/jipi.v6i2.32425Pendidikan sains di sekolah menengah pertama perkotaan Bagaimana sikap dan keaktifan belajar siswa terhadap doi 10 21831 jipi v6i2 32425
  1. #model interaktif#model interaktif
  2. #literasi multikultural#literasi multikultural
File size606.87 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test