UTMUTM
SEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaSEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis penanaman nilai-nilai multikultural dalam buku pelajaran Bahasa Inggris di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Indonesia. Dalam konteks pendidikan yang semakin beragam penting bagi kurikulum dan materi pembelajaran untuk mengintegrasikan nilai-nilai multikultural guna membentuk siswa yang memiliki kesadaran dan toleransi terhadap perbedaan budaya. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menelaah buku pelajaran Bahasa Inggris yang digunakan di beberapa SMP dengan fokus pada representasi keragaman budaya, toleransi, inklusivitas, dan kesetaraan. Analisis dilakukan terhadap konten, gambar, dan narasi yang disajikan dalam buku pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat upaya untuk mengintegrasikan nilai-nilai multikultural masih ada kekurangan dalam penyajian yang lebih mendalam terkait keberagaman budaya lokal dan global. Penelitian ini merekomendasikan revisi materi pembelajaran agar lebih mencerminkan realitas multikultural di Indonesia dan dunia serta mengusulkan strategi pengajaran yang lebih efektif dalam menanamkan nilai-nilai multikultural kepada siswa.
Berdasarkan analisis materi pada buku pelajaran Bahasa Inggris di tingkat SMP ditemukan beberapa temuan utama terkait penanaman nilai-nilai multikultural.Materi pelajaran Bahasa Inggris di tingkat SMP menyajikan berbagai topik yang mencakup budaya lokal hingga internasional.Buku pelajaran ini dirancang agar siswa memahami konteks global dan mengenal berbagai perbedaan budaya dari berbagai belahan dunia.Pentingnya penjelasan eksplisit tentang nilai-nilai multikultural tidak bisa diremehkan, karena jika nilai-nilai tersebut dikemas secara lebih eksplisit dalam teks dan pembelajaran, siswa akan lebih mudah menangkap dan memahami tujuan dari setiap interaksi budaya yang disajikan.
Berdasarkan latar belakang, metode, hasil, keterbatasan, dan saran penelitian lanjutan, terdapat beberapa arah studi yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi efektivitas berbagai strategi pengajaran dalam menanamkan nilai-nilai multikultural kepada siswa SMP, dengan fokus pada pendekatan pembelajaran yang interaktif dan partisipatif. Kedua, penelitian dapat menginvestigasi persepsi siswa terhadap representasi budaya dalam buku pelajaran Bahasa Inggris, untuk mengidentifikasi potensi bias atau stereotip yang mungkin ada. Ketiga, penelitian kuantitatif dapat dilakukan untuk mengukur dampak penanaman nilai-nilai multikultural melalui buku pelajaran Bahasa Inggris terhadap sikap toleransi dan inklusivitas siswa SMP. Dengan menggabungkan ketiga saran ini, diharapkan dapat diperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang bagaimana buku pelajaran Bahasa Inggris dapat dimanfaatkan secara optimal untuk membentuk generasi muda yang menghargai keberagaman dan memiliki kesadaran multikultural yang tinggi.
- Multicultural Education on Student Character Formation | Formosa Journal of Science and Technology. education... doi.org/10.55927/fjst.v2i6.4515Multicultural Education on Student Character Formation Formosa Journal of Science and Technology education doi 10 55927 fjst v2i6 4515
- Multicultural Education in the perspective of the Qur'an and Hadith: Concepts and Implementation:... pedagogia.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/1570Multicultural Education in the perspective of the Quran and Hadith Concepts and Implementation pedagogia umsida ac index php pedagogia article view 1570
- Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya... e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB/article/view/14072Pendidikan Inklusif Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya e journals unmul ac index php JBSSB article view 14072
| File size | 449.5 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Data dalam penelitian ini yakni tiga judul teks tajuk rencana dari edisi pekan kedua bulan November pada surat kabar Kedaulatan Rakyat. Hasil penelitianData dalam penelitian ini yakni tiga judul teks tajuk rencana dari edisi pekan kedua bulan November pada surat kabar Kedaulatan Rakyat. Hasil penelitian
UTMUTM Hasil menunjukkan bahwa pendekatan berbasis diskusi kelompok, proyek berbasis permasalahan, serta berbagai media pembelajaran telah menciptakan lingkunganHasil menunjukkan bahwa pendekatan berbasis diskusi kelompok, proyek berbasis permasalahan, serta berbagai media pembelajaran telah menciptakan lingkungan
UTMUTM Pendekatan multikultural dalam pengajaran bahasa bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dengan menghargai keberagaman budaya siswa. ArtikelPendekatan multikultural dalam pengajaran bahasa bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dengan menghargai keberagaman budaya siswa. Artikel
UTMUTM Media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dapat digunakan untuk memperluas wawasan budaya dan mendorong pemahaman lintas budaya. ImplementasiMedia sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dapat digunakan untuk memperluas wawasan budaya dan mendorong pemahaman lintas budaya. Implementasi
Useful /
UTMUTM Integrasi AI dapat memperkaya pembelajaran sastra dengan menyediakan sumber daya yang interaktif dan menarik, serta membantu siswa memahami dan menghargaiIntegrasi AI dapat memperkaya pembelajaran sastra dengan menyediakan sumber daya yang interaktif dan menarik, serta membantu siswa memahami dan menghargai
UTMUTM Dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif, artikel ini menganalisis peran teknologi digital dalam meningkatkan keterampilan literasi dan komunikasiDengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif, artikel ini menganalisis peran teknologi digital dalam meningkatkan keterampilan literasi dan komunikasi
UTMUTM Pembelajaran sastra berperspektif multikultural berkontribusi pada pembentukan karakter serta nilai moral, menciptakan lingkungan inklusif dan toleran.Pembelajaran sastra berperspektif multikultural berkontribusi pada pembentukan karakter serta nilai moral, menciptakan lingkungan inklusif dan toleran.
UTMUTM Dengan mengintegrasikan alat dan sumber daya teknologi, proses pembelajaran dapat menjadi lebih interaktif dan menarik, memungkinkan siswa mengeksplorasiDengan mengintegrasikan alat dan sumber daya teknologi, proses pembelajaran dapat menjadi lebih interaktif dan menarik, memungkinkan siswa mengeksplorasi