UIGMUIGM
Jurnal Abdimas MandiriJurnal Abdimas MandiriKurikulum Merdeka menuntut media pembelajaran inovatif, terutama untuk matematika. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini memperkenalkan FunMath, aplikasi matematika berbasis Android dengan pendekatan gamifikasi, di SMK Pembina 2 Palembang. FunMath dirancang untuk meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman konsep matematika siswa, sejalan dengan prinsip kurikulum tersebut. PkM ini menggunakan metode action research, meliputi penilaian kebutuhan, penyempurnaan aplikasi, pelatihan komprehensif bagi guru dan siswa, diikuti implementasi, dan pendampingan berkelanjutan dengan pendekatan berbasis proyek dan penelitian terapan. Data dari survei, observasi, dan kuesioner menunjukkan FunMath sangat bermanfaat dan mudah digunakan. Fitur interaktif dan gamifikasi aplikasi ini secara signifikan meningkatkan pengalaman belajar siswa, mendorong keterlibatan dan pemahaman yang lebih baik dalam matematika. Program ini membuktikan bahwa solusi pembelajaran terintegrasi teknologi efektif mengatasi tantangan belajar tradisional dan mendukung transformasi kurikulum yang berpusat pada siswa. Respon positif mengindikasikan FunMath dapat menjadi alat pembelajaran alternatif yang berharga, meningkatkan kualitas pendidikan matematika dan memfasilitasi implementasi Kurikulum Merdeka di SMK.
Program Pengabdian kepada Masyarakat melalui pemanfaatan aplikasi FunMath di SMK Pembina 2 Palembang telah berhasil dilaksanakan dengan sangat baik.Aplikasi FunMath terbukti sangat bermanfaat dan mudah digunakan oleh guru maupun siswa, serta mampu meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman konsep matematika.Aplikasi ini berhasil menjadi solusi pembelajaran matematika yang interaktif dan inovatif sesuai semangat Kurikulum Merdeka.
Pertama, perlu dikaji efektivitas jangka panjang penggunaan aplikasi FunMath terhadap prestasi belajar matematika siswa, apakah peningkatan motivasi dan keterlibatan yang terjadi dapat dipertahankan dalam periode yang lebih lama dan berdampak nyata pada hasil ujian atau penilaian kelas. Kedua, penting untuk meneliti adaptasi FunMath pada mata pelajaran lain di SMK, seperti fisika atau ekonomi, untuk melihat apakah pendekatan gamifikasi berbasis Android ini juga mampu meningkatkan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang membutuhkan pemahaman konsep abstrak. Ketiga, diperlukan studi tentang pengembangan versi offline dari aplikasi ini agar dapat diakses oleh siswa di daerah dengan keterbatasan koneksi internet, sehingga pemanfaatannya bisa lebih merata dan inklusif. Penelitian lanjutan juga bisa mengeksplorasi integrasi fitur kolaboratif daring agar siswa dapat belajar bersama secara virtual, atau penggunaan data kemajuan belajar untuk memberikan rekomendasi materi secara personalisasi. Dengan mengembangkan aplikasi secara berkelanjutan dan menyesuaikan dengan berbagai konteks sekolah, manfaat dari pembelajaran digital interaktif dapat dirasakan lebih luas dan mendukung transformasi pendidikan yang lebih merata di Indonesia.
- Educate: Journal of Educational Technology is. aplikasi belajar asik android pembelajaran matematika... doi.org/10.32832/educate.v7i2.7345Educate Journal of Educational Technology is aplikasi belajar asik android pembelajaran matematika doi 10 32832 educate v7i2 7345
- Pengembangan Goalpro Education Game: Mobile Gamification Learning System (MGLS) untuk meningkatkan motivasi... doi.org/10.21107/edutic.v8i2.13026Pengembangan Goalpro Education Game Mobile Gamification Learning System MGLS untuk meningkatkan motivasi doi 10 21107 edutic v8i2 13026
- Penerapan Artificial Intelligence Dalam Meningkatkan Produktivitas Guru Sekolah Dasar 13 Palembang |... doi.org/10.36982/jam.v8i2.4271Penerapan Artificial Intelligence Dalam Meningkatkan Produktivitas Guru Sekolah Dasar 13 Palembang doi 10 36982 jam v8i2 4271
- Utilization of Kodular for Android-Based Student Presence Application Development | Jurnal Komputer,... penerbitadm.pubmedia.id/index.php/KOMITEK/article/view/878Utilization of Kodular for Android Based Student Presence Application Development Jurnal Komputer penerbitadm pubmedia index php KOMITEK article view 878
| File size | 498.76 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UIGMUIGM Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa serta suasana belajar yang lebih inovatif, sehingga integrasi teknologi berbasis Android dalamHasil evaluasi menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa serta suasana belajar yang lebih inovatif, sehingga integrasi teknologi berbasis Android dalam
UIGMUIGM Pemetaan spasial menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) dilakukan untuk menentukan area berisiko tinggi. Siaran edukatif melalui Radio Global UIGMPemetaan spasial menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) dilakukan untuk menentukan area berisiko tinggi. Siaran edukatif melalui Radio Global UIGM
UINKHASUINKHAS Namun, ada beberapa tantangan dalam implementasi pembelajaran IPAS, termasuk kesulitan guru dalam memilih metode pembelajaran yang tepat, paradigma siswaNamun, ada beberapa tantangan dalam implementasi pembelajaran IPAS, termasuk kesulitan guru dalam memilih metode pembelajaran yang tepat, paradigma siswa
EDUPEDEDUPED Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 4 Tulungagung dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII‑G danPopulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 4 Tulungagung dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII‑G dan
Useful /
UIGMUIGM Selain peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam merancang pembelajaran multikultural berbasis digital, program ini juga mendorong kolaborasi melaluiSelain peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam merancang pembelajaran multikultural berbasis digital, program ini juga mendorong kolaborasi melalui
UIGMUIGM Kegiatan pelatihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan tukang bangunan dalam pemahaman gempa bumi, teknik pelaksanaan konstruksi pondasi, dan pembuatanKegiatan pelatihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan tukang bangunan dalam pemahaman gempa bumi, teknik pelaksanaan konstruksi pondasi, dan pembuatan
EDUPEDEDUPED Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan di Desa Pangelen Kec, Sampang. Metode yang digunakan yaitu instrumental yang metode kualitatif dengan studiPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan di Desa Pangelen Kec, Sampang. Metode yang digunakan yaitu instrumental yang metode kualitatif dengan studi
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Musik yang merupakan bagian dari kehidupan manusia tidak luput dari khaos yang dihasilkan oleh disrupsi. Karena keadaan khaos itu tidak mengherankan bilaMusik yang merupakan bagian dari kehidupan manusia tidak luput dari khaos yang dihasilkan oleh disrupsi. Karena keadaan khaos itu tidak mengherankan bila