UTMUTM
SEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaSEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaHakikat pendidikan sebagai sarana untuk memahami dan menghargai keberagaman budaya dalam fitrah manusia. Dalam era globalisasi, pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai transfer ilmu, tetapi juga sebagai wadah untuk membangun karakter siswa. Dengan memanfaatkan AI, pengajaran bahasa sastra dapat menjadi lebih inklusif, memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi berbagai perspektif budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus yang bertujuan untuk menggali pengalaman dan perspektif guru serta siswa dalam pengajaran bahasa dan sastra. Metode ini dipilih untuk mendalami penerapan AI dalam pengajaran bahasa sastra di SMP Negeri 9 Muaro Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam pengajaran bahasa sastra di SMP Negeri 9 Muaro Jambi memiliki dampak positif terhadap pemahaman multikultural siswa. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa integrasi AI dalam pengajaran bahasa sastra tidak hanya meningkatkan efektivitas pembelajaran, tetapi juga memperkuat eksistensi pendidikan yang menghargai multikulturalisme, sesuai dengan fitrah manusia sebagai makhluk sosial.
Integrasi AI dapat memperkaya pembelajaran sastra dengan menyediakan sumber daya yang interaktif dan menarik, serta membantu siswa memahami dan menghargai keberagaman budaya.Pembelajaran sastra yang melibatkan berbagai perspektif budaya berkontribusi pada pembentukan karakter dan nilai-nilai moral siswa, yang penting dalam menciptakan lingkungan yang inklusif dan toleran.Guru perlu dilengkapi dengan pelatihan yang memadai untuk memanfaatkan teknologi AI secara efektif, sehingga dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan relevan.
Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas penggunaan AI dalam pembelajaran sastra di sekolah lain dengan konteks budaya yang berbeda. Selain itu, perlu dikembangkan metode pengajaran yang lebih inovatif dengan memanfaatkan AI untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran multikultural. Penelitian lanjutan juga dapat mengkaji dampak jangka panjang integrasi AI terhadap perkembangan karakter siswa dan pemahaman mereka terhadap keberagaman budaya.
- Peran Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Pascasarjana UIN Maulana... doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i3.4023Peran Artificial Intelligence AI dalam Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Pascasarjana UIN Maulana doi 10 55606 khatulistiwa v4i3 4023
- Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari | Astalini | JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan... journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF/article/view/694Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari Astalini JIPF Jurnal Ilmu Pendidikan journal stkipsingkawang ac index php JIPF article view 694
- KONSEP SEKOLAH DAMAI: HARMONISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR... doi.org/10.37081/ed.v11i3.5048KONSEP SEKOLAH DAMAI HARMONISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR doi 10 37081 ed v11i3 5048
| File size | 553.42 KB |
| Pages | 17 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Dalam era globalisasi, pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai transfer ilmu, tetapi juga sebagai wadah untuk membangun karakter siswa. Dengan memanfaatkanDalam era globalisasi, pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai transfer ilmu, tetapi juga sebagai wadah untuk membangun karakter siswa. Dengan memanfaatkan
UTMUTM Era digital menghadirkan peluang sekaligus tantangan bagi para pendidik dalam menerapkan metode dan strategi yang inovatif serta relevan. Artikel ini bertujuanEra digital menghadirkan peluang sekaligus tantangan bagi para pendidik dalam menerapkan metode dan strategi yang inovatif serta relevan. Artikel ini bertujuan
UTMUTM Artikel ini merekomendasikan pembentukan komunitas belajar profesional, pendekatan inklusif, serta pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaranArtikel ini merekomendasikan pembentukan komunitas belajar profesional, pendekatan inklusif, serta pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
UTMUTM Sumber data penelitian berasal dari Kumpulan puisi karya Polanco S Achri yang termuat dalam Suara Merdeka edisi Minggu 18 Februari 2024. Hasil penelitianSumber data penelitian berasal dari Kumpulan puisi karya Polanco S Achri yang termuat dalam Suara Merdeka edisi Minggu 18 Februari 2024. Hasil penelitian
Useful /
UTMUTM Platform seperti Google Classroom, Edmodo, dan Zoom memungkinkan siswa dari berbagai latar belakang untuk belajar bersama secara virtual, tanpa terbatasPlatform seperti Google Classroom, Edmodo, dan Zoom memungkinkan siswa dari berbagai latar belakang untuk belajar bersama secara virtual, tanpa terbatas
UTMUTM Pendekatan ini harus menanamkan nilai-nilai yang mencerminkan karakter dan identitas nasional Indonesia, yaitu manusia beragama, pribadi, sosial, dan wargaPendekatan ini harus menanamkan nilai-nilai yang mencerminkan karakter dan identitas nasional Indonesia, yaitu manusia beragama, pribadi, sosial, dan warga
UTMUTM Model pembelajaran interaktif juga meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Pengaplikasian teknologi di SMP Negeri 8 Muaro JambiModel pembelajaran interaktif juga meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Pengaplikasian teknologi di SMP Negeri 8 Muaro Jambi
UTMUTM Temuan ini relevan untuk pembelajaran teks editorial di SMA, khususnya dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis struktur argumen dan bahasaTemuan ini relevan untuk pembelajaran teks editorial di SMA, khususnya dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis struktur argumen dan bahasa