UTMUTM
SEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaSEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaPenelitian ini melakukan analisis mendalam terhadap penggunaan preposisi dalam kalimat kompleks pada cerpen Perihal Orang Miskin yang Bahagia karya Agus Noor dengan tujuan untuk mengungkap potensi cerpen tersebut sebagai bahan ajar teks anekdot dalam pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat SMK. Melalui pendekatan linguistik, penelitian ini mengidentifikasi jenis-jenis preposisi yang dominan, pola-pola penggunaan preposisi dalam membentuk relasi antar klausa, serta fungsi semantik preposisi dalam membangun makna teks. Hasil analisis menunjukkan bahwa cerpen ini kaya akan variasi penggunaan preposisi yang tidak hanya berfungsi sebagai penghubung antar kata, tetapi juga berperan penting dalam membangun struktur kalimat kompleks yang beragam dan ekspresif. Temuan ini mengindikasikan bahwa cerpen tersebut dapat menjadi sumber belajar yang kaya bagi siswa dalam memahami konsep-konsep gramatikal yang kompleks, sekaligus meningkatkan kemampuan mereka dalam menganalisis dan menafsirkan teks sastra.
Preposisi berperan penting dalam membangun makna kalimat kompleks, tidak hanya dalam hubungan spasial dan temporal, tetapi juga dalam hubungan kausal, tujuan, dan cara yang memperkaya struktur narasi.Cerpen Perihal Orang Miskin yang Bahagia dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan ajar kebahasaan dengan pendekatan berbasis teks di SMK.Pendekatan ini dapat melatih siswa menganalisis fungsi preposisi sekaligus mengembangkan kemampuan sintaksis dan apresiasi sastra mereka.
Pertama, perlu dikembangkan penelitian tentang efektivitas penggunaan cerpen Agus Noor dalam meningkatkan kemampuan siswa SMK dalam memahami struktur kalimat kompleks melalui preposisi, dengan membandingkan kelas yang menggunakan cerpen ini dan yang tidak. Kedua, dapat dilakukan studi tentang bagaimana variasi fungsi semantik preposisi dalam berbagai jenis teks sastra lainnya dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran teks anekdot secara sistematis. Ketiga, diperlukan penelitian lanjutan yang menguji adaptasi modul ajar berbasis analisis preposisional dari cerpen ini ke dalam pembelajaran daring atau hybrid, terutama untuk melihat dampaknya terhadap keterlibatan siswa dan penguasaan konsep kebahasaan. Penelitian-penelitian ini akan melengkapi temuan saat ini dengan memberi bukti empiris penerapan praktis, memperluas cakupan jenis teks, serta menyesuaikan dengan konteks pembelajaran modern yang semakin digital. Dengan begitu, pengembangan bahan ajar berbasis sastra tidak hanya relevan secara linguistik, tetapi juga aplikatif di berbagai kondisi pembelajaran nyata di SMK.
- One moment, please.... moment please wait request verified jurnal-apsmi.org/index.php/CM/article/view/77One moment please moment please wait request verified jurnal apsmi index php CM article view 77
- Fungsi, Peran, dan Kategori Sintaksis Bahasa Indonesia dalam kalimat Berita dan Kalimat Seruan pada Naskah... doi.org/10.29240/estetik.v4i1.2209Fungsi Peran dan Kategori Sintaksis Bahasa Indonesia dalam kalimat Berita dan Kalimat Seruan pada Naskah doi 10 29240 estetik v4i1 2209
- POLA STRUKTUR DAN SEMANTIS KOLOKASI VERBA DAN PREPOSISI DALAM SURAH AL-BAQARAH | Journal of Linguistic... jurnal.fib.unpad.ac.id/index.php/jlp/article/view/39901POLA STRUKTUR DAN SEMANTIS KOLOKASI VERBA DAN PREPOSISI DALAM SURAH AL BAQARAH Journal of Linguistic jurnal fib unpad ac index php jlp article view 39901
- FRASA PREPOSISIONAL DALAM KUMPULAN CERPEN 'SENJA DAN CINTA YANG BERDARAH' KARYA SENO GUMIRA... doi.org/10.22515/mjmib.v1i1.2718FRASA PREPOSISIONAL DALAM KUMPULAN CERPEN SENJA DAN CINTA YANG BERDARAH KARYA SENO GUMIRA doi 10 22515 mjmib v1i1 2718
| File size | 364.16 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Pembelajaran sastra berperspektif multikultural berkontribusi pada pembentukan karakter serta nilai moral, menciptakan lingkungan inklusif dan toleran.Pembelajaran sastra berperspektif multikultural berkontribusi pada pembentukan karakter serta nilai moral, menciptakan lingkungan inklusif dan toleran.
UTMUTM Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teori sosio-konstruktivisme dalam pembelajaran bahasa di Madrasah Tsanawiyah Almatera. Teori sosio-konstruktivismePenelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teori sosio-konstruktivisme dalam pembelajaran bahasa di Madrasah Tsanawiyah Almatera. Teori sosio-konstruktivisme
UTMUTM Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa integrasi AI dalam pengajaran bahasa sastra tidak hanya meningkatkan efektivitas pembelajaran, tetapiSecara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa integrasi AI dalam pengajaran bahasa sastra tidak hanya meningkatkan efektivitas pembelajaran, tetapi
UTMUTM Pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan literasi multikultural dalam pembelajaran bahasa dan sastra merupakan strategi efektif untuk mengembangkan keterampilanPemanfaatan teknologi dalam meningkatkan literasi multikultural dalam pembelajaran bahasa dan sastra merupakan strategi efektif untuk mengembangkan keterampilan
Useful /
UTMUTM Dengan memahami fokus masing-masing filosofi—keterampilan dasar, pemikiran kritis, dan pembelajaran berbasis pengalaman—guru dapat merancang pendekatanDengan memahami fokus masing-masing filosofi—keterampilan dasar, pemikiran kritis, dan pembelajaran berbasis pengalaman—guru dapat merancang pendekatan
UTMUTM Pentingnya penjelasan eksplisit tentang nilai-nilai multikultural tidak bisa diremehkan, karena jika nilai-nilai tersebut dikemas secara lebih eksplisitPentingnya penjelasan eksplisit tentang nilai-nilai multikultural tidak bisa diremehkan, karena jika nilai-nilai tersebut dikemas secara lebih eksplisit
UTMUTM Sumber data penelitian berasal dari Kumpulan puisi karya Polanco S Achri yang termuat dalam Suara Merdeka edisi Minggu 18 Februari 2024. Hasil penelitianSumber data penelitian berasal dari Kumpulan puisi karya Polanco S Achri yang termuat dalam Suara Merdeka edisi Minggu 18 Februari 2024. Hasil penelitian
UTMUTM Era digital menghadirkan peluang sekaligus tantangan bagi para pendidik dalam menerapkan metode dan strategi yang inovatif serta relevan. Artikel ini bertujuanEra digital menghadirkan peluang sekaligus tantangan bagi para pendidik dalam menerapkan metode dan strategi yang inovatif serta relevan. Artikel ini bertujuan