UBUB

Indonesian Journal for Social ResponsibilityIndonesian Journal for Social Responsibility

Iklan Layanan Masyarakat (ILM) sering bersifat kaku dan terkesan serius karena memiliki tujuan membentuk perubahan perilaku, baik individu, kelompok, dan tatanan sosialnya. Proses produksi ILM sama dengan produksi iklan pada umumnya, namun output yang dihasilkan pada ILM tidak dalam bentuk profit. ILM dalam pemasaran sosial dibutuhkan strategi kreatif dalam penyusunan pesan serta penempatan media ILM sehingga lebih mampu mendorong konsumen untuk merubah perilaku. Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini, kreatifitas juga dapat dituangkan dalam produksi ILM yang dibangun melalui berbagai cara seperti keberanian menanggung risiko, keberanian menentang asumsi, keberanian mengambil peluang perubahan, dan kemampuan melihat dengan cara baru. Peserta dalam kegiatan PkM ini terdiri dari siswa kelas X dan XI SMK Fransiskus 1 Jakarta, yang bekerja sama dengan ini mahasiswa aktif Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie. Kegiatan dilaksanakan menggunakan metode ceramah dan Project Based Learning (PjBL), yang melibatkan pelatihan produksi audio visual dan public speaking. Pelatihan ini dipandu oleh tim PkM bersama Indy Rahmawati, seorang pembawa acara senior dari TVOne. Peserta dibimbing dalam pembuatan video ILM dengan topik yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs). PkM ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bagaimana strategi kreatif dalam pembuatan ILM untuk menyampaikan pesan persuasif dan penempatan media sebagai wadah pemasaran sosial. Hasil dari PkM ini, peserta mengetahui karakteristik iklan komersial dengan ILM serta bagaimana merancang kreatifitas dalam produksi ILM dan penyampaiannya dengan public speaking yang baik.

Kegiatan PkM kolaborasi antara siswa SMK Fransiskus 1 Jakarta dan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie ini menghasilkan empat karya ILM berjudul “Harta Tahta Jakarta, “Jakarta Tetap Jakarta, “Sampah Penyebab Krisis Iklim, dan “Ancaman Nyata Pemanasan Global yang bertujuan menyampaikan pesan sosial yang dihasilkan dari proses pelatihan dengan metode PjBL.Selama proses produksi, seluruh tim bekerja sama dan beradaptasi untuk menciptakan lingkungan kolaboratif yang mendukung pengembangan ide, desain visual, naskah, dan tahap produksi.Keterampilan hard skill yang diperoleh oleh peserta memungkinkan mereka untuk menghasilkan karya ILM yang dapat dengan mudah disebarkan ke media sosial.Tujuan dihasilan ILM adalah untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap masalah yang dihadapi, dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi serta bersikap positif terhadap pesan yang disampaikan.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa arah pengembangan penelitian lebih lanjut yang dapat dilakukan. Pertama, penelitian dapat berfokus pada analisis efektivitas ILM yang diproduksi oleh siswa dalam mengubah perilaku masyarakat, dengan menggunakan metode kuantitatif atau kualitatif. Kedua, studi dapat mengeksplorasi peran media sosial dalam menyebarkan ILM dan bagaimana memaksimalkan jangkauan serta interaksi dengan audiens, serta bagaimana penggunaan media sosial dapat disesuaikan dengan karakteristik target audiens yang berbeda-beda. Ketiga, penelitian dapat dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kreativitas dalam produksi ILM, seperti pelatihan, dukungan dari mentor, atau akses terhadap sumber daya. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi pendidik dan praktisi dalam mengembangkan program pelatihan ILM yang lebih efektif dan inovatif, sehingga tercipta pesan sosial yang lebih menarik dan dapat merangsang perubahan perilaku positif di masyarakat.

  1. Merancang Strategi Kreatif Produksi Iklan Layanan Masyarakat dalam Menyampaikan Pesan Sosial | Indonesian... ojs.bakrie.ac.id/index.php/IJSR/article/view/349Merancang Strategi Kreatif Produksi Iklan Layanan Masyarakat dalam Menyampaikan Pesan Sosial Indonesian ojs bakrie ac index php IJSR article view 349
  1. #sungai perilaku masyarakat#sungai perilaku masyarakat
  2. #pesan sosial#pesan sosial
Read online
File size537.24 KB
Pages12
DMCAReport

Related /

ads-block-test