PTTIPTTI

Jurnal Kuliah Kerja Nyata IndonesiaJurnal Kuliah Kerja Nyata Indonesia

Al-Quran merupakan pedoman manusia dalam mengatur kehidupannya untuk mencapai kebahagiaan secara fisik dan mental, di dunia dan di akhirat. Untuk dapat mempelajari dan memahami isi Al-Quran bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu guru atau ustadz harus memiliki strategi, cara, atau metode dalam mengajarkannya. Di antara tahapan belajar Al-Quran adalah membaca, menerjemahkan, dan menafsirkan. Sebagaimana kita ketahui, perintah pertama ketika Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW adalah membacanya, yang tentu memiliki konotasi yang sangat luas. Kemudian dalam ayat lain Allah SWT memerintahkan kita untuk membaca Al-Quran dengan tartil (membaca Al-Quran perlahan dengan tajwid dan makhraj yang jelas dan tepat). Mushola Al-Falah adalah tempat ibadah yang terletak di desa Kemlakagede, Kabupaten Cirebon dan merupakan tempat anak-anak belajar Al-Quran. Dalam pelaksanaannya, terdapat masalah yaitu kurangnya ketepatan dalam membaca Al-Quran sehingga ada beberapa tajwid yang tidak dibaca. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pembelajaran kepada anak-anak yang mengaji agar bacaannya sesuai dengan tajwid. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah pengajaran Al-Quran secara tatap muka kepada anak-anak yang mengaji di mushola Al-Falah Kemlakagede. Hasil pengabdian adalah peningkatan kemampuan membaca Al-Quran dengan tajwid.

Al-Quran sangat penting bagi kehidupan manusia, sehingga setiap Muslim harus mempelajari dan mendalaminya.Membaca Al-Quran harus sesuai dengan aturan tajwid, yang merupakan ilmu untuk memperbaiki dan memperindah bacaan dengan tidak mengabaikan hak dan mustahak huruf.Pembelajaran tajwid secara praktis wajib bagi umat Islam untuk menghindari kesalahan dalam membaca Al-Quran.

Penelitian lanjutan dapat mengembangkan metode pembelajaran tajwid yang lebih interaktif, seperti menggunakan aplikasi digital yang memudahkan anak-anak memahami tajwid dengan lebih menyenangkan. Selain itu, perlu dilakukan studi lebih mendalam tentang efektivitas metode pembelajaran tajwid yang berbeda-beda di berbagai lingkungan sosial. Terakhir, penelitian dapat mengeksplorasi dampak pembelajaran tajwid terhadap pemahaman anak-anak tentang makna Al-Quran, tidak hanya sekadar membaca dengan benar.

Read online
File size565.15 KB
Pages7
DMCAReport

Related /

ads-block-test