UNTANUNTAN
Jurnal Kajian Pembelajaran dan KeilmuanJurnal Kajian Pembelajaran dan KeilmuanPenulisan Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal; (1) Mata pelajaran kimia dianggap sulit, (2) Peserta didik malas membaca, (3) Peserta didik kurang mampu menghafal, dan (4) Peserta didik mudah melupakan nama unsur. Tujuan penulisan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah; ((1) Agar guru selalu berinovasi dalam meningkatkan strategi dan kualitas pembelajaran di kelas, dan (2) Supaya peserta didik dapat berpikir kritis, kreatif, cermat, percaya diri, dan dapat belajar dengan gembira dan menyenangkan. Penggunaan media pembelajaran puzzle adalah upaya untuk meningkatkan kualitas pelajaran kimia, di mana peserta didik melakukan sebagian besar kegiatan selama proses pembelajaran. Peserta didik belajar aktif, gembira, bekerja sama, saling membantu, saling memacu, berani bertanya dan berani mengajukan pendapat. Kesimpulan; Dengan belajar menggunakan media pembelajaran puzzle Tabel Periodik Unsur, peserta didik bisa mengingat dan membedakan jenis unsur, sehingga memudahkan peserta didik dalam mengelompokkan unsur, menuliskan senyawa yang berikatan ion dan kovalen.
Peserta didik belajar aktif, gembira, bekerja sama, saling membantu, saling memacu, dan berani bertanya serta mengajukan pendapat melalui metode pembelajaran puzzle tabel periodik unsur.Peserta didik berhasil mengingat dan membedakan unsur logam serta nonlogam, sehingga memudahkan proses pengelompokan unsur dan penulisan senyawa dengan ikatan ion maupun kovalen.Dengan metode ini, peserta didik mencapai ketuntasan belajar sesuai KKM yang telah ditentukan.
Salah satu ide penelitian lanjutan yang menarik adalah mengeksplorasi bagaimana penggunaan media puzzle digital dapat diterapkan pada materi ikatan kimia lainnya, seperti ikatan koordinasi atau polaritas molekul, dengan pertanyaan: Bagaimana efektivitas permainan puzzle berbasis aplikasi seluler dalam meningkatkan pemahaman peserta didik tentang ikatan koordinasi dibandingkan dengan media tradisional? Ide kedua adalah mengembangkan penelitian yang membandingkan metode puzzle dengan teknik pembelajaran lain, seperti simulasi virtual, untuk memahami mekanisme ikatan kimia, dengan arah studi: Apakah pendekatan puzzle kombinasi dengan simulasi 3D lebih efektif daripada puzzle manual saja dalam membantu siswa tinggi dan rendah kemampuan akademik memahami proses pembentukan senyawa ion dan kovalen? Selain itu, penelitian ketiga bisa fokus pada dampak jangka panjang retensi pengetahuan, dengan meneliti: Berapa lama pengetahuan tentang unsur dan ikatan kimia yang diperoleh melalui permainan puzzle dapat bertahan dalam memori siswa, dan apakah ada beda signifikan antar tingkat sekolah menengah? Dengan menggabungkan inovasi media, variasi metode, dan fokus pada retensi, penelitian ini bisa memberikan wawasan yang lebih luas tentang pengajaran kimia yang menyenangkan dan efektif, sehingga membantu guru di sekolah lain mengadopsi strategi serupa, meningkatkan motivasi siswa, dan akhirnya mencapai pemahaman konsep yang lebih mendalam tanpa rasa bosan.
| File size | 348.73 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNSAPUNSAP Data dianalisis menggunakan uji statistik kesamaan dua rata-rata. Penelitian menemukan bahwa pendekatan metakognitif lebih efektif meningkatkan hasil siswaData dianalisis menggunakan uji statistik kesamaan dua rata-rata. Penelitian menemukan bahwa pendekatan metakognitif lebih efektif meningkatkan hasil siswa
UNSAPUNSAP Pemecahan masalah matematika merupakan latihan bagi siswa untuk menghadapi hal-hal yang tidak rutin dan mencoba menyelesaikannya. Salah satu program yangPemecahan masalah matematika merupakan latihan bagi siswa untuk menghadapi hal-hal yang tidak rutin dan mencoba menyelesaikannya. Salah satu program yang
ASSALAMASSALAM Temuan penelitian ini berkontribusi terhadap pemahaman yang lebih mendalam mengenai bagaimana inisiatif STEAM berbasis perpustakaan dapat mendorong pembelajaranTemuan penelitian ini berkontribusi terhadap pemahaman yang lebih mendalam mengenai bagaimana inisiatif STEAM berbasis perpustakaan dapat mendorong pembelajaran
UNTANUNTAN Faktor internal dan eksternal memengaruhi kedisiplinan, sehingga perlu pendekatan individu dan kelompok, pembinaan, serta pemberian motivasi untuk menciptakanFaktor internal dan eksternal memengaruhi kedisiplinan, sehingga perlu pendekatan individu dan kelompok, pembinaan, serta pemberian motivasi untuk menciptakan
Useful /
RIVERSTUDIESRIVERSTUDIES Dalam konteks promosi kesehatan sungai di distrik Banjar, hasil studi kami menyediakan informasi penting tentang manfaat potensial penambahan biochar padaDalam konteks promosi kesehatan sungai di distrik Banjar, hasil studi kami menyediakan informasi penting tentang manfaat potensial penambahan biochar pada
RIVERSTUDIESRIVERSTUDIES Data kualitatif menunjukkan manfaat potensial pemetaan air bersih untuk upaya mitigasi bencana, seperti mengidentifikasi daerah berisiko tinggi dan mengembangkanData kualitatif menunjukkan manfaat potensial pemetaan air bersih untuk upaya mitigasi bencana, seperti mengidentifikasi daerah berisiko tinggi dan mengembangkan
UNIVMEDUNIVMED Beban DM meningkat seiring dengan komplikasinya, sehingga tindakan pengendalian menjadi tujuan penting untuk pencegahan komplikasinya. Intervensi berbasisBeban DM meningkat seiring dengan komplikasinya, sehingga tindakan pengendalian menjadi tujuan penting untuk pencegahan komplikasinya. Intervensi berbasis
CERICCERIC Perawat pelaksana yang berpersepsi baik terhadap organisasinya, mereka juga berkinerja lebih baik. Karakteristik perawat pelaksana dan persepsi perawatPerawat pelaksana yang berpersepsi baik terhadap organisasinya, mereka juga berkinerja lebih baik. Karakteristik perawat pelaksana dan persepsi perawat