NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL
Jurnal Ilmiah Global EducationJurnal Ilmiah Global EducationPenelitian ini difokuskan dalam penggunaan Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada volume kubus dan balok pada siswa Kelas V Semester 2 SDN 1 Rarang Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan Model TPS dalam pembelajaran Matematika (2) mengetahui aktivitas siswa melalui penerapan Model TPS dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Tahapan yang dilakukan adalah: Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Evaluasi/Observasi dan Refleksi. Subyek penelitian ini adalah 12 siswa kelas V semester 2 tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian adalah: (1). Hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar. (2). Aktivitas siswa dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa: (1). Rerata hasil belajar siswa adalah 73,60. Ketuntasan klasikal sebesar 91,67% (2). Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil data di atas, penerapan Model Tipe Think Pair Shar (TPS) dapat digunakan sebagai strategi dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas V semester 2 di SDN 1 Rarang Selatan tahun pelajaran 2021/2022.Penerapan model ini memotivasi siswa untuk lebih aktif dan menumbuhkan rasa kebersamaan dalam mengisi kekurangan masing-masing saat memahami materi.Analisis data aktivitas belajar menunjukkan peningkatan pada setiap pertemuan, sehingga pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 91,67%.
Untuk penelitian lanjutan, bagaimana jika model Think Pair Share (TPS) dikombinasikan dengan alat bantu visual seperti diagram interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi geometri lainnya, seperti luas permukaan bangun ruang? Selain itu, apakah penerapan TPS dapat lebih efektif jika disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa yang beragam, misalnya dengan membagi pasangan berdasarkan profil belajar individu untuk mengurangi dominasi siswa berprestasi tinggi? Akhirnya, arah studi selanjutnya bisa mengeksplorasi dampak jangka panjang TPS dalam pembelajaran matematika kelas lebih tinggi, seperti kelas VI, guna melihat apakah model ini mampu mempertahankan motivasi siswa dan mengurangi kebosanan melalui variasi aktivitas kooperatif yang lebih inovatif.
| File size | 167.89 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNWUNW Pendidikan inklusi memerlukan strategi yang tepat, disesuaikan dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. PeranPendidikan inklusi memerlukan strategi yang tepat, disesuaikan dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. Peran
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Sebanyak 58 siswa kelas IV SDN Liwung dipilih sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan non-equivalent post-test onlySebanyak 58 siswa kelas IV SDN Liwung dipilih sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan non-equivalent post-test only
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep yang disajikan dalam materi ini. Guru harus mampu merancang kegiatan pembelajaran yang berorientasiHal ini menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep yang disajikan dalam materi ini. Guru harus mampu merancang kegiatan pembelajaran yang berorientasi
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelasPenelitian menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas
Useful /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan pendidikan dasar Islam abad 21 di SD Negeri Kentungan Yogyakarta dan bagaimana kontribusi kepalaPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan pendidikan dasar Islam abad 21 di SD Negeri Kentungan Yogyakarta dan bagaimana kontribusi kepala
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) modul fisika berbasis saintifik untuk meningkatkan kompetensi berpikir kritis siswa memiliki ciri yaitu tahapanHasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) modul fisika berbasis saintifik untuk meningkatkan kompetensi berpikir kritis siswa memiliki ciri yaitu tahapan
ULUMUNAULUMUNA Makalah ini berpendapat bahwa dalam pandangan Hamka, tindakan manusia diciptakan oleh diri mereka sendiri karena Tuhan telah menganugerahkan mereka sebagaiMakalah ini berpendapat bahwa dalam pandangan Hamka, tindakan manusia diciptakan oleh diri mereka sendiri karena Tuhan telah menganugerahkan mereka sebagai
ULUMUNAULUMUNA Kelahiran negara Islam berasal dari paradigma ini. Pandangan ini, pada kenyataannya, menggambarkan atau memuliakan masa lalu ke dalam masa kini. Bagi mereka,Kelahiran negara Islam berasal dari paradigma ini. Pandangan ini, pada kenyataannya, menggambarkan atau memuliakan masa lalu ke dalam masa kini. Bagi mereka,