NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL

Jurnal Ilmiah Global EducationJurnal Ilmiah Global Education

Penelitian ini difokuskan dalam penggunaan Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada volume kubus dan balok pada siswa Kelas V Semester 2 SDN 1 Rarang Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan Model TPS dalam pembelajaran Matematika (2) mengetahui aktivitas siswa melalui penerapan Model TPS dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Tahapan yang dilakukan adalah: Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Evaluasi/Observasi dan Refleksi. Subyek penelitian ini adalah 12 siswa kelas V semester 2 tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian adalah: (1). Hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar. (2). Aktivitas siswa dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa: (1). Rerata hasil belajar siswa adalah 73,60. Ketuntasan klasikal sebesar 91,67% (2). Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil data di atas, penerapan Model Tipe Think Pair Shar (TPS) dapat digunakan sebagai strategi dalam proses pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas V semester 2 di SDN 1 Rarang Selatan tahun pelajaran 2021/2022.Penerapan model ini memotivasi siswa untuk lebih aktif dan menumbuhkan rasa kebersamaan dalam mengisi kekurangan masing-masing saat memahami materi.Analisis data aktivitas belajar menunjukkan peningkatan pada setiap pertemuan, sehingga pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 91,67%.

Untuk penelitian lanjutan, bagaimana jika model Think Pair Share (TPS) dikombinasikan dengan alat bantu visual seperti diagram interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi geometri lainnya, seperti luas permukaan bangun ruang? Selain itu, apakah penerapan TPS dapat lebih efektif jika disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa yang beragam, misalnya dengan membagi pasangan berdasarkan profil belajar individu untuk mengurangi dominasi siswa berprestasi tinggi? Akhirnya, arah studi selanjutnya bisa mengeksplorasi dampak jangka panjang TPS dalam pembelajaran matematika kelas lebih tinggi, seperti kelas VI, guna melihat apakah model ini mampu mempertahankan motivasi siswa dan mengurangi kebosanan melalui variasi aktivitas kooperatif yang lebih inovatif.

  1. #hasil belajar biologi#hasil belajar biologi
  2. #model pembelajaran kooperatif#model pembelajaran kooperatif
File size167.89 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test