UNTANUNTAN
Jurnal Kajian Pembelajaran dan KeilmuanJurnal Kajian Pembelajaran dan KeilmuanHasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika khususnya pada materi operasi hitung bilangan bulat positif dan negatif tahun pelajaran 2018/2019 sangat rendah. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan guru sekitar 70% mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum yang ditetapkan sekolah untuk pembelajaran Matematika kelas IV yaitu 60. Salah satu faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah ketidaktepatan penggunaan model atau strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi yang diajarkan di kelas. Hal ini disebabkan karena guru kurang memahami konsepsi siswa dan tidak membangkitkan perubahan konseptual siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut dilaksanakannya penelitian tindakan kelas sebagai upaya perbaikan pembelajaran dengan menerapkan metode kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi operasi hitung bilangan bulat positif dan negatif pada pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 4 Pangkalan Buton semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil yang didapat setelah pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) selama 2 siklus penelitian adalah pada Siklus II jumlah siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM pada perbaikan pembelajaran siklus II meningkat dari jumlah yang sebelumnya 10 orang menjadi 14 orang mendapatkan nilai di atas KKM. Pada siklus II ini terjadi pula penurunan jumlah siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM setelah dievaluasi yaitu hanya tinggal 6 orang atau sekitar 30% dari 20 orang siswa.
Penerapan metode kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) meningkatkan keaktifan belajar siswa.Metode tersebut juga meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep operasi hitung bilangan bulat positif dan negatif.Secara keseluruhan, pembelajaran kooperatif terbukti efektif untuk mencapai penguasaan konsep pada materi matematika, bukan sekadar menghapal.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana integrasi teknologi digital, seperti aplikasi pembelajaran interaktif, mempengaruhi efektivitas model Team Assisted Individualization dalam meningkatkan pemahaman bilangan bulat pada siswa SD, sehingga dapat memperluas cakupan media pembelajaran. Selain itu, studi longitudinal yang melacak penerapan TAI dari kelas IV ke kelas V dapat memberikan wawasan tentang keberlanjutan dampak metode ini terhadap perkembangan kompetensi matematika siswa selama periode waktu yang lebih panjang. Selanjutnya, perlu dilakukan analisis perbandingan efektivitas TAI pada kelompok siswa dengan tingkat kemampuan, gender, dan latar belakang budaya yang beragam, untuk mengidentifikasi faktor-faktor moderator yang mempengaruhi hasil belajar dan memastikan bahwa model kooperatif dapat diadaptasi secara inklusif dalam konteks kelas heterogen.
| File size | 258.25 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
ASSALAMASSALAM Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program berfungsi sebagai kerangka strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di era Society 5. 0Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program berfungsi sebagai kerangka strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di era Society 5. 0
UNTANUNTAN Kedisiplinan guru yang baik meningkatkan kinerja melalui kepatuhan pada aturan, pengendalian diri, pelaksanaan tugas pokok, harmoni kerja, kreativitas,Kedisiplinan guru yang baik meningkatkan kinerja melalui kepatuhan pada aturan, pengendalian diri, pelaksanaan tugas pokok, harmoni kerja, kreativitas,
UNTANUNTAN Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa supervisi model kontemporer terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusunBerdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa supervisi model kontemporer terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun
UNTANUNTAN Subjek penelitian adalah 30 guru SD Negeri 003 Teluk Sebong, Kabupaten Bintan. Indikator kompetensi meliputi: (1) membuat kisi-kisi soal, (2) merangkaiSubjek penelitian adalah 30 guru SD Negeri 003 Teluk Sebong, Kabupaten Bintan. Indikator kompetensi meliputi: (1) membuat kisi-kisi soal, (2) merangkai
Useful /
ASSALAMASSALAM Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana nilai-nilai Islam diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran, lingkungan sekolah, dan budayaTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana nilai-nilai Islam diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran, lingkungan sekolah, dan budaya
UNTANUNTAN Namun di SD Negeri 25 Sungai Kakap, khususnya di Kelas IV hasil belajar siswa masih belum mencapai KKM. Hal ini disebabkan oleh faktor kurangnya variasiNamun di SD Negeri 25 Sungai Kakap, khususnya di Kelas IV hasil belajar siswa masih belum mencapai KKM. Hal ini disebabkan oleh faktor kurangnya variasi
UNTANUNTAN Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan analisis. Untuk memantau manajemen kelas serta observasi guru dan siswa, digunakanSetiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan analisis. Untuk memantau manajemen kelas serta observasi guru dan siswa, digunakan
UMBUMB Dengan workstation baru, postur kerja yang buruk dapat diperbaiki. Dengan workstation baru, terdapat efisiensi waktu kerja sebesar 8,33 menit dari kondisiDengan workstation baru, postur kerja yang buruk dapat diperbaiki. Dengan workstation baru, terdapat efisiensi waktu kerja sebesar 8,33 menit dari kondisi