UNTANUNTAN
Jurnal Kajian Pembelajaran dan KeilmuanJurnal Kajian Pembelajaran dan KeilmuanGuru adalah poros utama pendidikan yang menentukan kemajuan suatu negara di masa depan. Tugas utama guru adalah mengajar agar siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan di setiap bidang pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun instrumen tes, yang mencakup pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan dalam merancang alat ukur untuk menilai pencapaian peserta didik setelah proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan model Kemmis-McTaggart yang terdiri atas empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Model pelatihan SSOTT diterapkan untuk meningkatkan kompetensi guru. Subjek penelitian adalah 30 guru SD Negeri 003 Teluk Sebong, Kabupaten Bintan. Indikator kompetensi meliputi: (1) membuat kisi-kisi soal, (2) merangkai soal, dan (3) menganalisis soal. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada setiap siklus: skor kisi-kisi soal naik dari 213,67 menjadi 228,33; merangkai soal dari 319,97 menjadi 335,03; dan menganalisis soal dari 307,00 menjadi 521,00. Kesimpulannya, model pelatihan SSOTT efektif meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun instrumen tes.
Pada siklus pertama, kompetensi guru dalam menyusun instrumen tes belum ada yang mencapai kategori baik, dengan 96,67% berkategori baik dan 3,33% cukup.aspek analisis soal seperti tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh, validitas, dan reliabilitas masih belum mencapai kategori sangat baik.Pada siklus kedua, kompetensi guru meningkat signifikan, dengan 86,67% guru berkategori sangat baik dan 13,33% berkategori baik.hampir seluruh aspek, termasuk analisis soal, telah mencapai kategori sangat baik kecuali daya pembeda dan reliabilitas soal yang masih berkategori cukup.Implementasi model pelatihan SSOTT terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi guru menyusun instrumen tes, terutama melalui pendekatan individual yang memperkuat praktik langsung dan dialog aktif.
Penelitian lanjutan dapat menguji apakah penerapan model pelatihan SSOTT yang sama dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun instrumen penilaian otentik, seperti portofolio atau observasi perilaku, bukan hanya tes tertulis, karena saat ini fokus masih terbatas pada soal pilihan ganda dan uraian. Studi selanjutnya juga dapat mengeksplorasi dampak jangka panjang dari pelatihan SSOTT dengan memantau konsistensi penggunaan instrumen tes yang berkualitas oleh guru selama satu tahun ajaran setelah pelatihan, apakah kebiasaan baik tersebut bertahan atau menurun tanpa pendampingan. Selain itu, penelitian baru dapat membandingkan efektivitas SSOTT dengan model pelatihan lain, seperti lesson study atau coaching berbasis peer, untuk mengetahui model mana yang lebih efisien dan berkelanjutan dalam meningkatkan kompetensi guru menyusun instrumen penilaian di sekolah dasar dengan sumber daya terbatas.
| File size | 448.92 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNSAPUNSAP Penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretest-posttest dilakukan pada 70 siswa kelas X SMA di Sumedang, Jawa Barat, selama semester pertama.Penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretest-posttest dilakukan pada 70 siswa kelas X SMA di Sumedang, Jawa Barat, selama semester pertama.
ASSALAMASSALAM Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur dengan guruPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur dengan guru
UNTANUNTAN Usaha meningkatkan prestasi belajar siswa dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitianUsaha meningkatkan prestasi belajar siswa dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian
UNTANUNTAN Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa supervisi model kontemporer terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusunBerdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa supervisi model kontemporer terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun
Useful /
RIVERSTUDIESRIVERSTUDIES Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki kemungkinan pemetaan air bersih sebagai inisiatif mitigasi bencana transnasional. Analisis literatur komprehensifTujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki kemungkinan pemetaan air bersih sebagai inisiatif mitigasi bencana transnasional. Analisis literatur komprehensif
RIVERSTUDIESRIVERSTUDIES Tujuan proyek ini adalah untuk menyelidiki dampak penambahan biochar pada sungai urban terhadap siklus nitrogen dan kualitas air. Desain blok lengkap acakTujuan proyek ini adalah untuk menyelidiki dampak penambahan biochar pada sungai urban terhadap siklus nitrogen dan kualitas air. Desain blok lengkap acak
RIVERSTUDIESRIVERSTUDIES Keuntungan yang dipercaya meliputi adaptasi terhadap perubahan lingkungan, potensi ekonomi (seperti ekowisata), dan pengurangan tekanan pada ekosistemKeuntungan yang dipercaya meliputi adaptasi terhadap perubahan lingkungan, potensi ekonomi (seperti ekowisata), dan pengurangan tekanan pada ekosistem
UMBUMB Simulasi menunjukkan relay diferensial bekerja optimal pada pengaturan arus 2,805 A untuk gangguan internal dan 11,22 A untuk eksternal. Fungsi membershipSimulasi menunjukkan relay diferensial bekerja optimal pada pengaturan arus 2,805 A untuk gangguan internal dan 11,22 A untuk eksternal. Fungsi membership