UNTANUNTAN

Jurnal Kajian Pembelajaran dan KeilmuanJurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan

Dalam penyusunan instrumen penilaian atau soal, sebagian besar guru SDN 10 Sungai Kakap belum sesuai dengan ketentuan atau kaidah penyusunan soal. Oleh karena itu, perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun instrumen penilaian atau soal dengan melakukan supervisi model kontemporer. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kompetensi pedagogik Guru SDN 10 Sungai Kakap dalam menyusun instrumen penilaian tertulis dengan penerapan supervisi model kontemporer. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian dilakukan di SD Negeri 10 Sungai Kakap dengan subjek penelitian yaitu para guru. Instrumen penelitian menggunakan studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa supervisi model kontemporer terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun instrumen penilaian tertulis di SD Negeri 10 Sungai Kakap.

Supervisi model kontemporer terbukti meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun instrumen penilaian tertulis dari 40% menjadi 96%.Penelitian ini menunjukkan efektivitas supervisi kolaboratif dalam pengembangan profesional guru.Peningkatan kompetensi pedagogik ini berdampak positif pada kualitas penilaian pembelajaran.

Penelitian lanjutan dapat menguji efektivitas supervisi model kontemporer dalam konteks mata pelajaran spesifik untuk melihat variasi dampaknya terhadap kompetensi pedagogik guru. Perlu dikembangkan modul pelatihan supervisi yang lebih terstruktur untuk kepala sekolah dengan pendekatan kolaboratif yang lebih intensif. Studi lebih mendalam juga diperlukan untuk mengeksplorasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi supervisi kontemporer di berbagai jenis sekolah dasar.

  1. #instrumen penilaian tematik#instrumen penilaian tematik
  2. #pengembangan profesional guru#pengembangan profesional guru
File size234.76 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test