UNTANUNTAN
Jurnal Kajian Pembelajaran dan KeilmuanJurnal Kajian Pembelajaran dan KeilmuanDalam penyusunan instrumen penilaian atau soal, sebagian besar guru SDN 10 Sungai Kakap belum sesuai dengan ketentuan atau kaidah penyusunan soal. Oleh karena itu, perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun instrumen penilaian atau soal dengan melakukan supervisi model kontemporer. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kompetensi pedagogik Guru SDN 10 Sungai Kakap dalam menyusun instrumen penilaian tertulis dengan penerapan supervisi model kontemporer. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian dilakukan di SD Negeri 10 Sungai Kakap dengan subjek penelitian yaitu para guru. Instrumen penelitian menggunakan studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa supervisi model kontemporer terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun instrumen penilaian tertulis di SD Negeri 10 Sungai Kakap.
Supervisi model kontemporer terbukti meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun instrumen penilaian tertulis dari 40% menjadi 96%.Penelitian ini menunjukkan efektivitas supervisi kolaboratif dalam pengembangan profesional guru.Peningkatan kompetensi pedagogik ini berdampak positif pada kualitas penilaian pembelajaran.
Penelitian lanjutan dapat menguji efektivitas supervisi model kontemporer dalam konteks mata pelajaran spesifik untuk melihat variasi dampaknya terhadap kompetensi pedagogik guru. Perlu dikembangkan modul pelatihan supervisi yang lebih terstruktur untuk kepala sekolah dengan pendekatan kolaboratif yang lebih intensif. Studi lebih mendalam juga diperlukan untuk mengeksplorasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi supervisi kontemporer di berbagai jenis sekolah dasar.
| File size | 234.76 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil analisis menunjukkan perlunya model pembelajaran berbasis web yang interaktif untuk memfasilitasi akses siswa tunarungu terhadap materi bahasa InggrisHasil analisis menunjukkan perlunya model pembelajaran berbasis web yang interaktif untuk memfasilitasi akses siswa tunarungu terhadap materi bahasa Inggris
UNTANUNTAN aspek analisis soal seperti tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh, validitas, dan reliabilitas masih belum mencapai kategori sangat baik.aspek analisis soal seperti tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh, validitas, dan reliabilitas masih belum mencapai kategori sangat baik.
UNTANUNTAN Peserta didik berhasil mengingat dan membedakan unsur logam serta nonlogam, sehingga memudahkan proses pengelompokan unsur dan penulisan senyawa denganPeserta didik berhasil mengingat dan membedakan unsur logam serta nonlogam, sehingga memudahkan proses pengelompokan unsur dan penulisan senyawa dengan
UNTANUNTAN Media Posteroid adalah media poster yang dibuat dengan menggunakan aplikasi yang dapat diunduh dan dibuat melalui android. Subjek penelitian ini adalahMedia Posteroid adalah media poster yang dibuat dengan menggunakan aplikasi yang dapat diunduh dan dibuat melalui android. Subjek penelitian ini adalah
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Simpulan penelitian menunjukkan hubungan antara dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan, dan prestasi belajar matematika salingSimpulan penelitian menunjukkan hubungan antara dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan, dan prestasi belajar matematika saling
UNTANUNTAN Hal ini disebabkan karena guru kurang memahami konsepsi siswa dan tidak membangkitkan perubahan konseptual siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut dilaksanakannyaHal ini disebabkan karena guru kurang memahami konsepsi siswa dan tidak membangkitkan perubahan konseptual siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut dilaksanakannya
UNMUNM Hal ini berdampak pada cara dosen melaksanakan pengajaran, norma, dan nilai-nilai mereka. Team-teaching merupakan bentuk paling umum dari budaya pengajaran,Hal ini berdampak pada cara dosen melaksanakan pengajaran, norma, dan nilai-nilai mereka. Team-teaching merupakan bentuk paling umum dari budaya pengajaran,
UNMUNM Selain itu, strategi mereka dalam menyelesaikan bagian pemahaman bacaan ujian TOEFL juga ditemukan. Temuan ini dibahas lebih lanjut dalam makalah ini.Selain itu, strategi mereka dalam menyelesaikan bagian pemahaman bacaan ujian TOEFL juga ditemukan. Temuan ini dibahas lebih lanjut dalam makalah ini.